Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang Dan Jasa
Untuk mengetahui lebih banyak lagi wacana penawaran dan permintaan maka pembahasan kali ini akan membahas wacana faktor yang mempengaruhi penawaran, faktor yang mempengaruhi penawaran barang, faktor faktor yang mempengaruhi seruan dan penawaran uang dan elastisitas.
Seperti permintaan, penawaran juga tidak selalu tetap. Penawaran bisa naik dan turun, bertambah atau berkurang. Menjelang Idul Fitri, para produsen atau penjual berlomba-lomba menambah penawaran.
Dengan aneka macam cara, produsen berusaha menarik minat pembeli supaya bersedia membeli aneka macam barang dan jasa yang ditawarkan.
Penjual baju dan sepatu menunjukkan kepingan harga (discount). Demikian juga para pemilik “rental car” (mobil sewaan) menjelang Idul Fitri, mereka menarik pembeli jasanya dengan aneka macam diskon dan layanan tambahan.
Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya penawaran.
Faktor-faktor tersebut dijelaskan berikut ini.
Bila harga sudah melambung tinggi gres penjual atau produsen menambah penawarannya (menjual barang yang selama ini ditimbun). Dengan cara demikian, produsen akan memperoleh keuntungan yang sangat tinggi.
Contoh: penawaran buah-buahan, ibarat durian dan lain-lain. Pada animo durian, jumlah durian yang ditawarkan melimpah ruah. Dan kalau musimnya lewat, penawaran durian berkurang kemudian menghilang.
Sumber http://pelajaranipadanips13.blogspot.com
Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Seperti permintaan, penawaran juga tidak selalu tetap. Penawaran bisa naik dan turun, bertambah atau berkurang. Menjelang Idul Fitri, para produsen atau penjual berlomba-lomba menambah penawaran.
Dengan aneka macam cara, produsen berusaha menarik minat pembeli supaya bersedia membeli aneka macam barang dan jasa yang ditawarkan.
Penjual baju dan sepatu menunjukkan kepingan harga (discount). Demikian juga para pemilik “rental car” (mobil sewaan) menjelang Idul Fitri, mereka menarik pembeli jasanya dengan aneka macam diskon dan layanan tambahan.
Penawaran |
Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya penawaran.
Faktor-faktor tersebut dijelaskan berikut ini.
a. Faktor Harga Barang atau Jasa
Bila harga suatu barang atau jasa naik, penjual atau produsesn cenderung menambah penawarannya. Dan kalau harga turun, mereka cenderung mengurangi penawarannya.b. Faktor Biaya Produksi
Bila biaya produksi naik maka penjual atau produsen akan menurunkan penawaran, alasannya ialah kalau harga jual tetap berarti keuntungan yang didapat makin sedikit atau bahkan bisa merugi. Sebaliknya, kalau biaya produksi turun, penjual atau produsen akan menambah penawarannya.c. Faktor Tingkat Teknologi
Apabila teknologi modern yang dipakai untuk produksi maka penawaran akan meningkat. Karena teknologi modern bisa menghasilkan barang atau jasa dengan lebih cepat dan lebih banyak.d. Faktor Jumlah Produsen
Munculnya produsen gres otomatis akan menambah penawaran alasannya ialah bertambahnya jumlah barang atau jasa yang diproduksi, sebaliknya berkurangnya jumlah produksi akan mengurangi penawaran.e. Faktor Tujuan Tertentu dari Produsen
Dengan tujuan memperoleh keuntungan yang sangat tinggi, penjual atau produsen akan mengurangi penawarannya. Karena penawaran berkurang, barang atau jasa akan susah diperoleh, sehingga harga terus merangkak naik.Bila harga sudah melambung tinggi gres penjual atau produsen menambah penawarannya (menjual barang yang selama ini ditimbun). Dengan cara demikian, produsen akan memperoleh keuntungan yang sangat tinggi.
f. Faktor Jenis Barang atau Jasa
Apabila barang atau jasa termasuk jenis musiman maka kalau tiba musimnya penawaran akan meningkat; dan kalau musimnya lewat penawaran akan berkurang kemudian menghilang.Contoh: penawaran buah-buahan, ibarat durian dan lain-lain. Pada animo durian, jumlah durian yang ditawarkan melimpah ruah. Dan kalau musimnya lewat, penawaran durian berkurang kemudian menghilang.
0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang Dan Jasa"
Posting Komentar