iklan

✔ 30 Macam Pengertian Geografi Berdasarkan Para Jago Dalam Dan Luar Negeri

Dalam studi kepustakaan, diketahui bahwa geografi termasuk pengetahuan yang sudah tua. Akan tetapu struktur keilmuwannya selalu sanggup menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Di Indonesia, penyebutan geografi sebagai sebuah bidang kajian ilmu dikenal dengan banyak sekali istilah. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan Ardrijkskunde dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan Geography. Dalam bahasa Indonesia sendiri dulu dikenal dengan istilah Ilmu Bumi.

Pemakaian istilah Ilmu Bumi di Indonesia ternyata dinilai kurang begitu cocok, lantaran dikhawatirkan akan mengaburkan dua bidang ilmu berbeda yaitu antara Geografi dan Geologi. Secara etimologis kedua bidang ilmu tersebut berkaitan dengan pengetahuan perihal Bumi. Apabila dilihat dari objek sudut pandang keilmuannya akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok. Nah berikut ini akan dibahas mengenai pengertian atau definisi perihal geografi yang dikemukakan oleh banyak sekali ahli, baik di dalam maupun di luar negeri.
 diketahui bahwa geografi termasuk pengetahuan yang sudah bau tanah ✔ 30 Macam Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dalam dan Luar Negeri
#1 Pengertian Geografi Menurut Eratosthenes
Istilah geografi pertama sekali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276104 SM) dalam bukunya Geographika. Geografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata geo berarti “bumi” dan graphein yang berarti “tulisan”. Jadi, geografi berarti “tulisan perihal bumi”, sehingga geografi sering disebut sebagai ilmu bumi.

#2 Pengertian Geografi Menurut Claudius Ptolemaeus
Pengertian geografi ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring dengan kemajuan pemikiran, pemahaman, dan penelaahan manusia. Seorang mahir astronomi dan matematika berjulukan Claudius Ptolemaeus (87150 M) dalam bukunya yang berjudul Geograpike Unphegesismengemukakan bahwa geografi merupakan suatu penyajian melalui peta dari sebagian wilayah permukaan Bumi yang memperlihatkan ketampakan secara umum.

Menurut Ptolemaeus geografi berbeda dengan Chorografi, lantaran chorografi lebih mengutamakan ketampakan orisinil dari suatu wilayah bukan terletak pada ukurannya (bersifat kualitatif), sedangkan geografi lebih mengutamakan hal-hal yang bersifat kuantitatif. Sumbangan Ptolemaeus yang sangat berharga bagi perkembangan ilmu geografi yaitu dalam bidang pemetaan (kartografi). Selain itu Ptoleumaeus dianggap sebagai peletak dasar ilmu geografi.

#3 Pengertian Geografi Menurut Bernhardus Varenius

Bernard Varen (16221650) atau lebih dikenal dengan Bernhardus Varenius yakni seorang geograf asal Jerman. Anehnya, beliau yakni lulusan Ilmu Kedokteran Universitas Leiden, Belanda. Dalam bukunya, Geographia Generalis, ia menyampaikan bahwa geografi yakni gabungan dari matematika yang membahas kondisi Bumi beserta bagian-bagiannya juga perihal benda-benda langit lainnya.

Dalam buku itu juga, Varenius membagi geografi menjadi dua, yaitu:
 Geografi Umum
Bagian ini membahas karakteristik Bumi secara umum, tidak tergantung oleh keadaan suatu wilayah. Menurut gagasan Varenius, geografi umum meliputi tiga bagian, yaitu:
1) Terestrial, merupakan pengetahuan perihal Bumi secara keseluruhan, bentuk, dan ukurannya.
2) Astronomis, membicarakan korelasi Bumi dengan bintangbintang yang merupakan cikal bakal ilmu Kosmografi.
3) Komparatif, menyajikan deskripsi lengkap mengenai Bumi, letak, dan tempat-tempat di permukaan Bumi.
 Geografi Khusus
Bagian ini mendeskripsikan perihal wilayah tertentu menyangkut wilayah luas maupun sempit. Bagian ini terdiri atas tiga aspek, yaitu:
1) Atmosferis yang secara khusus membicarakan iklim.
2) Litosferis yang secara khusus menelaah permukaan Bumi meliputi relief, vegetasi, dan fauna dari banyak sekali negeri.
3) Manusia yang membicarakan keadaan penduduk, perniagaan, dan pemerintahan dari banyak sekali negeri.

#4 Pengertian Geografi Menurut Immanuel Kant

Selain sebagai seorang geograf, Immanuel Kant (17241821)  juga seorang filsuf. Kant tertarik pada geografi lantaran menurutnya ilmu itu bersahabat dengan filsafat. Semua gagasan Kant perihal hakikat geografi sanggup ditemukan dalam buku Physische Geographie yang ditulisnya. Menurutnya, geografi yakni ilmu yang objek studinya yakni benda-benda, hal-hal atau gejalagejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

#5 Pengertian Geografi Menurut Alexander von Humboldt
Pada mulanya Alexander von Humboldt (17691859) yakni spesialis botani. Ia tertarik geografi dikala ia mulai mempelajari perihal batuan. Ia diakui sebagai peletak dasar geografi fisik modern. Ia menyatakan geografi identik atau serupa dengan geografi fisik. Ia menjelaskan bagaimana kaitan Bumi dengan Matahari dan sikap Bumi dalam ruang angkasa, tanda-tanda cuaca dan iklim di dunia, tipe-tipe permukaan Bumi dan proses terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer.

#6 Pengertian Geografi Menurut Karl Ritter
Seperti halnya Humboldt, Karl Ritter (17791859) juga dianggap sebagai peletak dasar geografi modern. Profesor geografi Universitas Berlin ini menyampaikan bahwa geografi merupakan suatu telaah perihal Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi yakni semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

#7 Pengertian Geografi Menurut Ferdinand Von Richtoffen
Ferdinand Von Richtoffen (18381905) mendefinisikan geografi sebagai suatu studi perihal tanda-tanda dan sifat-sifat permukaan Bumi dan penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, serta mencoba menjelaskan korelasi timbal balik antargejala dan sifat-sifat tersebut.

#8 Pengertian Geografi Menurut Friederich Ratzel
Friederich Ratzel (18441904) yakni guru besar geografi di Leipzig. Ia mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep itu diberi nama Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki.

#9 Pengertian Geografi Menurut Elsworth Huntington
Elsworth Huntington (18761947) yakni geograf asal Amerika Serikat. Melalui bukunya yang berjudul The Pulse of The Earth, ia memaparkan bahwa kelangsungan hidup dan peradaban insan sangat dipengaruhi oleh iklim. Atas dasar teorinya itu, Huntington kemudian populer sebagai determinis iklim (memandang iklim sebagai penentu kehidupan).

Huntington mengatakan, geografi sebagai studi perihal fenomena permukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya korelasi timbal balik antara tanda-tanda dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.

#10 Pengertian Geografi Menurut Paul Vidal de la Blache
Paul Vidal de la Blache (18451918) yakni geograf asal Prancis. Ia yakni pelopor posibilisme dalam geografi. Posibilisme (teori kemungkinan) muncul sehabis Vidal melaksanakan penelitian untuk menerangkan interaksi yang sangat erat antara insan dan lingkungan pada masyarakat agraris pramodern.

Vidal menegaskan bahwa lingkungan menyampaikan sejumlah kemungkinan (posibilities) kepada insan untuk hidup dan berkembang. Atas dasar itu, Vidal mengemukakan konsepnya yang disebut genre de vie atau mode of live (cara hidup). Dalam konsep ini, geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana proses produksi dilakukan insan terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

#11 Pengertian Geografi Menurut Halford Mackinder
Halford Mackinder (18611947) yakni pengajar di Universitas Oxford. Pendapatnya perihal geografi sangat populer lewat makalahnya yang berjudulThe Scope and Methods of Geography yang berisi konsep man-land relation (hubungan insan dengan lahan) dalam geografi. Ia menyatakan bahwa geografi yakni ilmu yang fungsi utamanya memeriksa interaksi insan dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda berdasarkan lokasinya.

#12 Pengertian Geografi Menurut Richard Hartshorne
Geografi yakni ilmu yang berkepentingan untuk menyampaikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional perihal sifat variabel permukaan bumi. Dalam pandangan Hartshorne, geografi yakni suatu ilmu yang bisa menjelaskan perihal sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional.

Contoh, spesialis geografi sehabis melaksanakan analisis kewilayahan bisa membagi suatu wilayah menjadi beberapa satuan lahan yang potensial maupun lahan yang tidak potensial. Pembagian ini didasarkan pada beberapa parameter kebumian yang sesuai dengan syarat-syarat peruntukannya.

#13 Pengertian Geografi Menurut Yeates dan Hagget
Geografi yakni ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari banyak sekali sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi. Dalam pandangan Yeates dan Hagget, geografi yakni ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.

#14 Pengertian Geografi Menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha
Geografi yakni deskripsi dan klarifikasi yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya perihal hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap. Dari pengertian di atas Vernor & Glen menitikberatkan pada aspek fisik yang ada di bumi yang selalu berubah dari masa ke masa.
Contoh:
a. Perubahan cuaca maupun iklim pada suatu tempat atau wilayah.
b. Perubahan kesuburan tanah tanggapan dari proses pengikisan dan pelapukan yang sangat tinggi.

#15 Pengertian Geografi Menurut Strabo
Strabo Menyebutkan bahwa geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga korelasi antara banyak sekali tempat secara keseluruhan. Geografi semenjak perkembangannya, dimulai dari menceritakan perihal tempat lain, sudah lebih dikhususkan lagi dan sudah adanya konsep region yaitu tempat yang sudah memiliki ciri khas tersendiri dan adanya korelasi antardaerah (tempat).

#16 Pengertian Geografi Menurut John Hanrath
Geografi yakni pengetahuan yang memeriksa persebaran gejalagejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, alasannya tanggapan dan tanda-tanda berdasarkan ukuran nilai, motif yang akhirnya sanggup dibandingkan.

#17 Pengertian Geografi Menurut James E. Preston
Preston mengemukakan definisi dari geografi yaitu ilmu yang bekerjasama dengan interrelasi insan dan habitatnya. Batasan ini lebih ditekankan pada interelasi di antara habitat manusia.

#18 Pengertian Geografi Menurut Fielding
Menurut Fielding, Geografi yakni studi perihal lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi dan proses-proses yang menimbulkan distribusi fenomena tersebut.

#19 Pengertian Geografi Menurut Sidney E. Ekblaw dan Donald J.D. Mulkurne
Sidney E. Ekblaw dan Donald J.D. Mulkerne mengartikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari perihal bumi dan kehidupannya yang memengaruhi cara kita hidup, makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita bangun, dan acara rekreasi yang kita nikmati.

#20 Pengertian Geografi Menurut Halim Khan
Menurut Halim Khan, geografi yakni lingkungan alam dan sosial merupakan wilayah untuk melaksanakan kegiatan, mendeskripsikan, menganalisis, dan menikmati tingkah laris insan di bumi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidupnya.

#21 Pengertian Geografi Menurut Lobeck
Menurut Lobeck pada tahun 1939 yang dimaksud dengan geografi yakni studi atau ilmu pengetahuan yang membahas perihal hubungan- korelasi yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

#22 Pengertian Geografi Menurut Ullman
Ullman, seorang ilmuwan yang pada tahun 1954 mengutarakan pengertian dari geografi. Menurut Ullman, geografi yakni interaksi antar ruang. Pengertian yang singat namun cukup menyatakan bahwa yang dinamakan geografi ini bekerjasama dengan ruang di permukaan Bumi.

#23 Pengertian Geografi Menurut Bintarto
Bintarto yakni guru besar geografi di Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia menyampaikan bahwa geografi intinya yakni ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat Bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas perihal kehidupan dari unsur-unsur Bumi.

#24 Pengertian Geografi Menurut Daldjoeni
Nama Daldjoeni dikenal lantaran buku-bukunya yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan geografi. Menurutnya, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan insan meliputi tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran tanda-tanda baik yang alami maupun manusiawi di muka Bumi.

Kemudian dalam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana insan harus bisa mengikuti keadaan dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region, geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal insan berdasarkan kesatuan fisiografisnya.

#25 Pengertian Geografi Menurut Soetanto
Prof. Soetanto mendefinisikan geografi sebagai geosfer yang merupakan substansi geografi juga dipelajari oleh bidang ilmu lain. Oleh lantaran itu, geosfer tidak mencirikan ilmu yang disebut geografi. Kajian geografi lebih dicirikan oleh sudut pandang atau cara penjelasannya di dalam mengkaji geosfer tersebut. Dengan demikian, ada beda jenis antara beberapa ilmu lain dengan geografi, meskipun kajiannya sama dan serupa.

#26 Pengertian Geografi Menurut Basri Mustofa
Basri Mustofa mengemukakan pendapat bahwa geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perihal persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

#27 Pengertian Geografi Menurut Herioso Setiyono
Tahun 1996, Herioso Setiyono menyampaikan pengertian Geografi sebagai ilmu yang mempelajari perihal korelasi timbal balik antara insan dengan lingkungannya serta merujuk terhadap contoh persebaran horisontal di permukaan Bumi.

#28 Pengertian Geografi Menurut Haris
Haris pada tahun 2012 menjelaskan perihal pengertian geografi. Menurut Haris, geografi yakni suatu bidang ilmu yang mengkaji segala aspek- aspek yang ada di permukaan Bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan Bumi.

#29 Pengertian Geografi Menurut I Made Sandy
Dalam seminarnya "Relevansi Landuse Planning Dulu dan Sekarang", di Fakultas MIPA UI Depok, hari Sabtu (17 Mei 2008). I Made Sandy pernah mengungkapkan bahwa sebuah peta tanpa geografi tetap akan jalan namun menjadi seorang geograf tanpa peta tidak akan jalan. Mengapa demikian? Karena peta tersebut sudah mengandung muatan obyek permukaan bumi dan interaksinya, yang siap dimanfaatkan oleh para mahir geografi.

Menurut  I Made Sandy, Geografi yakni ilmu yang berusaha mengemukakan, menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi, geografi melihat segala sesuatu dalam kaitannya dengan ruang. Penekanan utama bukanlah pada substansi tetapi pada sudut pandang keruangan.

#30 Pengertian Geografi Menurut Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang 1988
Geografi yakni ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan tanda-tanda geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan. Yang dimaksud dengan tanda-tanda geosfer ialah gejala-gejala alam yang bekerjasama dengan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.
1) Litosfer, yaitu kulit bumi termasuk permukaan tanah.
2) Hidrosfer, yaitu perairan darat dan perairan laut.
3) Atmosfer, yaitu udara yang menyelimuti bumi.

Kesimpulan
Dari banyak sekali macam pendapat mengenai definisi atau pengertian perihal geografi di atas, maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa geografi yakni ilmu yang mempelajari perihal tanda-tanda alam dan kehidupan di muka bumi serta interaksi antara insan dan lingkungannya dalam kaitannya dengan korelasi atau susunan keruangan dan kewilayahan.

Sumber http://blogmipa-geografi.blogspot.com

0 Response to "✔ 30 Macam Pengertian Geografi Berdasarkan Para Jago Dalam Dan Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel