iklan

Bagian-Bagian Jantung Dan Tugas Pentingnya

Tahukah anda bagian-bagian jantung anda? Jantung merupakan organ paling penting dalam system kardiovaskuler, bahkan saking pentingnya jantung dianggap sebagai inti dari kehidupan. Karena itulah mengapa ketika menghukum mati pidana, seorang eksekutor harus membidik sempurna pada jantung. Jantung terletak di antara kedua paru dan berada di tengah-tengah dada, tepatnya jantung bertumpu pada diafragma thoracis dan terletak kira-kira 5 cm di atas processus xiphoideus. Selain itu jantung yang mempunyai tugas penting bagi organ badan lainnya terbagi menjadi beberapa bagian.

Berikut ialah bagian-bagian jantung beserta fungsinya yang perlu untuk diketahui. 


Jika dilihat dari lapisannya, jantung dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama ialah Selaput yang membungkus jantung yang disebut pericardium. Selaput pericardium terbentuk dari lapisan fibrosa dan serosa. Selaput ini berisi 50 cc yang berperan penting sebagai pelumas agar tidak ada tabrakan antara epicardium dan pericardium. Epicardium ialah lapisan berada paling luar dari jantung. Bagian kedua ialah lapisan miokardium. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling tebal. Bagian yang terakhir ialah lapisan endocardium. Endokardium merupakan lapisan jantung potongan dalam yang terdiri daripada tisu penyambung dan sel epitelium leper.

Selain pembagian jantung berdasarkan lapisannya, jantung juga mempunyai bagian-bagian lain. Dilihat dari pembagian rongga yang ada, jantung mempunyai 4 ruangan yaitu atrium kanan dan kiri dan ventrikel kanan dan kiri. Pada orang awan ventrikel dikenal dengan bilik sedangkan atrium dikenal dengan serambi. Di antara atrium kiri dan ventrikel kiri terdapat katup yang disebut dengan katup mitral, sedangkan di antara atrium kanan dan ventrikel kanan juga terdapat katup yang memisahkan keduanya yaitu katup tricuspid. Kedua katup ini mempunyai tugas penting sebagai pembatas yang sanggup terbuka dan tertutup pada dikala darah masuk dari atrium menuju ke ventrikel. Jika tidak ada katup ini, maka penyaluran darah pada jantung akan terganggu

Bagian-bagian jantung lain yang tidak kalah pentingnya ialah otot. Peran penting jantung ialah untuk memompa darah ke seluruh badan selama 24 jam nonstop. Ini artinya jantung juga memerlukan otot untuk menjalankan aktivitasnya. Otot yang memompa jantung ialah miokardiumk. Kedua atrium ialah ruang dengan dinding otot yang tipis dikarenakan rendahnya tekanan yang ditimbulkan oleh atrium itu sendiri. Sebaliknya ventrikel mempunyai dinding otot tebal terutama ventrikel kiri yang mempunyai lapisan tiga kali lebih tebal dari ventrikel kanan.

Selain itu otot jantung juga mempunyai kemampuan untuk memunculkan rangsangan listrik. Aktivitas jantung yang memompa darah ke seluruh badan selalu didahului oleh kegiatan listrik. Aktivitas listrik ini mula-mula terjadi pada nodus SA (sinoatrial) yang terletak pada celah yang berada antara atrium kanan dan vena cava suiperior. Nodus SA memulai gelombang depolarisasi secara impulsif sehingga menyebabkan adanya potensial agresi yang disebarkan melalui sel-sel otot atrium, nodus atrioventrikuler (nodus AV), berkas His, serabut Purkinje dan risikonya ke seluruh otot ventrikel.

Yang berikutnya yaitu bukan merupakan bagian-bagian jantung tapi mempunyai tugas penting bagi kinerja jantung. Jantung tidak pernah istirahat untuk berkontraksi. Demi memenuhi kebutuhan tubuh, jantung membutuhkan lebih banyak darah dibandingkan dengan organ lain dalam badan kita. Aliran darah untuk jantung pun didapat dari arteri koroner kanan dan kiri. Keduanya ini keluar dari aorta kira-kira ½ inchi di atas katup aorta dan berjalan di permukaan pericardium, kemudian bercabang menjadi kapiler dan arteriol ke dalam dinding ventrikel. Setelah terjadi pertukaran O2 dan CO2 di kapiler, darah dialirkan dari ventrikel menuju vena koroner dan eksklusif masuk ke atrium kanan yang merupakan kawasan di mana fatwa darah vena dari seluruh badan akan bermuara.

Gambar bagian-bagian jantung


Tanpa disadari ternyata Jantung ialah organ terpenting insan yang bekerja 24 jam penuh tanpa lelah sedikit pun. Selain itu tanpa diperintah, bagian-bagian jantung bekerja ekstra berdasarkan kiprahnya masing-masing. Karena kerjanya yang ekstra serta kiprahnya yang penting, sudah seharusnya kita menjaga kesehatannya dengan cara menghindari konsumsi yang bisa merusak jantung.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Bagian-Bagian Jantung Dan Tugas Pentingnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel