iklan

✔ Daftar Cabang-Cabang Ilmu Geografi Lengkap Dari A-Z

Menurut Seminar Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) yang diadakan di kota Semarang pada tahun 1988, Geografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan tanda-tanda geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan. Yang dimaksud dengan tanda-tanda geosfer ialah gejala-gejala alam yang bekerjasama dengan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.
 Litosfer, yaitu kulit bumi termasuk permukaan tanah.
 Hidrosfer, yaitu perairan darat dan perairan laut.
 Atmosfer, yaitu udara yang menyelimuti bumi.

Menurut Seminar Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia  ✔ Daftar Cabang-Cabang Ilmu Geografi Lengkap dari A-Z
Geografi mempunyai kajian ilmu yang sangat luas sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu pendukung yang dekat kaitannya dengan geografi. Kajian geografi mempelajari bumi secara fisik, tanda-tanda sosial, teritorial, dan interaksi antarmanusia. Hal ini menjadi ciri geografi yang spesifik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu pendukung geografi juga disebut sebagai cabang-cabang ilmu geografi. Berikut ini kami sajikan daftar cabang-cabang ilmu geografi lengkap dari A-Z dalam bentuk tabel.

A

Aeronomi
Ilmu yg bekerjasama dng kondisi fisik dan kimia dr atmosfer di bab atas, terutama perubahan-perubahan yg terjadi sbg akhir radiasi ruang angkasa.
Antropogeografi
Cabang ilmu geografi yang mempelajari persebaran bangsabangsa di muka bumi dilihat dari sudut pandang geografis, disebut juga etnografi.
Antropologi
Ilmu yang mempelajari wacana insan dan kebudayaannya.
Astronomi
Ilmu yang mempelajari wacana benda-benda langit di luar atmosfer bumi, menyerupai matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa, baik sifat-sifat fisik, kimia, maupun gerakan hingga pada proses insiden benda langit.
Astronomi
Ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi, misalnya, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.
B

Biogeografi
Ilmu yang mempelajari penyebaran organisme atau makhluk hidup dalam ruang dan waktu, serta faktor-faktor yang memengaruhi, membatasi atau memilih contoh penyebaran jarak.
Biologi
Ilmu pengetahuan yang mempelajari wacana makhluk hidup di permukaan bumi.
Biologi Laut
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana tumbuhan, binatang, mikroba atau biota, samudera dan interaksi ekologi diantara mereka.
Botani
Ilmu pengetahuan yang mempelajari wacana dunia flora dan persebarannya.
D

Demografi
Ilmu yang mempelajari wacana cara mengumpulkan, memeriksa catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, migrasi, dan persebaran penduduk.
E

Edafologi
Ilmu yang mempelajari wacana kesuburan tanah. Edafologi merupakan bab dari Ilmu Tanah yang mempelajari tugas tanah yang berfungsi sebagai pendukung kehidupan makhluk hidup terutama pada tumbuhan.
Ekologi
Cabang dari ilmu biologi yang mempelajari wacana relasi antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.
Etnografi
Ilmu yang mempelajari jenis ras (etnis) dan penyebaran bangsa-bangsa dilihat dari sudut geografis.
F

Fitologi (Geografi Tumbuhan)
Ilmu yang mempelajari persebaran flora di muka bumi dan kesesuaian tumbuhnya dengan kondisi iklim di bumi.
G

Geodesi
Cabang ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran serta pemetaan permukaan bumi dan dasar laut.
Geofisika
Ilmu yang mengkaji sifat-sifat fisik bumi bab dalam dengan metode teknik fisika, menyerupai mengukur gejala-gejala magnetik dan gaya berat.
Geografi Ekonomi
Cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari wacana ekonomi penduduk meliputi distribusi perekonomian penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi alam.
Geografi Fisik
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana bentuk dan struktur permukaan bumi, yang mencangkup aspek geomorfologi dan hidrologi.
Geografi Historis
Cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya.
Geografi Manusia
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana aspek sosial, ekonomi dan budaya penduduk.
Geografi Matematik
Cabang ilmu geografi yang sanggup dipakai untuk menawarkan bentuk, ukuran, dan gerakan bumi, misalnya, lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.
Geografi Penduduk
Cabang ilmu geografi yang mengkaji wacana penduduk dan kaitannya dengan dampak lingkungan hidupnya sehingga sanggup menampilkan abjad dan sosial-budaya yang beraneka ragam.
Geografi Permukiman
Ilmu yang mempelajari wacana perkembangan permukiman di suatu wilayah di permukaan bumi, bentuk contoh permukiman, faktor-faktor geografis yang mempengaruhi perkembangan dan contoh permukiman. Cabang geografi ini dekat sekali hubungannya dengan sejarah dan perekonomian suatu wilayah.
Geografi Politik
Cabang ilmu geografi yang secara khusus mempelajari wacana kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.
Geografi Regional
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana suatu tempat tertentu secara khusus, contohnya geografi Asia tenggara dan geografi timur tengah.
Geografi Sosial
Ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan sosial. Sedangkan proses sosial yakni dampak timbal balik banyak sekali segi kehidupan bersama.
Geografi Tanah
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana tanah menyerupai sifat,genesis, penyebaran dan penerapannya terhadap kehidupan manusia.
Geografi teknik
Ilmu yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan gambaran hasil penginderaan jauh.
Geokimia
Cabang ilmu yang mempelajari wacana komposisi-komposisi kimia bab dari bumi.
Geokronologi
Ilmu yang mempelajari wacana cara memilih umur otoriter bebatuan, sedimen dan fosil.
Geologi
Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi, dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alamiah perkembangannya.
Geologi Ekonomi
Cabang ilmu yang bekerjasama dengan material bumi yang sanggup berfungsi untuk tujuan ekonomi atau industri.
Geologi Laut
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana geologi dasar bahari dan termasuk lempeng tektonik.
Geologi Lingkungan
Cabang ilmu yang mempelajari wacana pengelolaan sumber daya dan hidrogeologi yang diantaranya yakni miner, materi bakar fosil, air dan tata guna lahan.
Geologi Rekayasa
Cabang ilmu geologi yang mempelajari penerapan praktek rekayasa sebagai tujuan untuk menjamin faktor-faktor geologi yang mempengaruhi lokasi , konstruksi, desain, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa yang sudah dipersiapkan dengan matang.
Geologi Sejarah
Ilmu yang mempelajari wacana rekonstruksi dan sejarah bumi dengan menerapkan prinsip-prinsip geologi. Geologi sejarah ini berfokus pada proses-proses geologi dan evolusi flora dan hewan selama waktu yang berbeda dalam skala waktu geologi.
Geologi Struktur
Ilmu yang mempelajari wacana distribusi serta susunan internal bebatuan dan permukaan secara tiga dimensi (3D).
Geomikrobiologi
Ilmu yang mempelajari wacana mempelajari interaksi mikroskopis dengan lingkungan anorganik yang bentuknys menyerupai batuan sedimen. Geomikrobiologi merupakan adonan dari geologi dan mikrobiologi dan biasanya geomikrobiologi bekerjasama dengan mikroorganisme yang dalam akuifer dan suplai air minum pada umumnya
Geomorfologi
Ilmu yang mempelajari wacana bentuk-bentuk permukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.
Glasiologi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana sifat-sifat fisika dan kimia yang berasal dari es dan salju.
Groundwater Hidrologi
Merupakan cabang dari ilmu hidrologi yang secara khusus mempelajari wacana air tanah.
H

Hidrogeologi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana penyebaran dan pergerakan air di dalam tanah dan bebatuan yang berada di lapisan kerak bumi.
Hidrografi
Ilmu yang bekerjasama dengan pencatatan, survei, serta pemetaan siklus air (tawar) yang ada di kerak bumi, baik yang berada di permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, meliputi di dalamnya contoh distribusi, sifat-sifat, dan karakteristik air.
Hidrologi
Ilmu yang mempelajari distribusi (penyebaran) air di permukaan dan di bawah permukaan tanah serta di udara.
Hidrologi Fluvial
Ilmu yang mempelajari wacana sungai.
Hidrometeorologi
Ilmu yang mempelajari kondisi air di udara.
I

Ilmu atmosfer
Cabang ilmu yang mempelajari wacana bab gas dari bumi atau atmosfer yaitu diantara permukaan bumi hingga ke lapisan eksofer. Ilmu atmosfer mempunyai cabang utama yaitu klimatologi, meteorologi dan aeronomi.
K

Kartografi
Ilmu wacana peta, baik teknis pembuatan, jenis maupun pemanfaatannya.
Kimia Atmosfer
Cabang ilmu yang mempelajari wacana kimia atmosfer bumi dan planet-planet lain. Dalam bidang multidisiplin atmosfer melibatkan fisika, meteorologi, kimia lingkungan, pemodelan komputer, geologi, oseanografi, vulkanologi dan bidang-bidang lainnya. Penelitian yang dilakukan bekerjasama dengan bidang ilmu lain menyerupai klimatologi (cuaca).
Klimatologi
Ilmu yang mempelajari wacana kondisi rata-rata cuaca dan membahas banyak sekali macam iklim di seluruh dunia.
Kristalografi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana percobaan sains yang dipakai untuk memilih susunan atom dalam zat padat (kristal).
L

Limnologi
Ilmu yang mempelajari wacana danau.
M

Meteorologi
ilmu yang mempelajari problem atmosfer, misalnya, suhu, udara, cuaca, angin, dan banyak sekali sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya.
Mineralogi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana proses pembentukan mineral, struktur kristal, sifat kimia dan sifat fisika mineral.
O

Oceanografi Fisika
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana ciri fisik samudera, menyerupai suhu, salinitas, ombak, pasang surut dan arus rekayasa laut.
Oceanografi Kimia
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana ilmu kimia samudera dan interaksi kimianya dengan atmosfer.
Oseanografi
Ilmu yang mempelajari wacana perairan bahari dan isinya, antara lain, sifat-sifat air laut, terjadinya pasang surut, kedalaman, arus, geologi dasar laut, tumbuhan, binatang, serta relasi antara bahari dan atmosfer.
P

Paleontologi
Ilmu yang mempelajari wacana fosil-fosil dari bentuk kehidupan di massa purba yang berada di bawah lapisan-lapisan bumi.
Palinologi
Ilmu yang mempelajari wacana polinomorf dan fosilnya yang ada dikala ini.
Pedologi (Ilmu tanah)
Ilmu yang mempelajari tanah-tanah secara keseluruhan, meliputi sifat fisik dan kimia tanah, struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan sebagainya.
Penginderaan Jauh
Ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala. Dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh memakai alat. Tanpa adanya kontak pribadi terhadap objek, daerah, atau tanda-tanda yang dikaji.
Petrologi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana bebatuan dan kondisi pembentukannya.
S

Sedimentologi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana terbentuknya lapisan tanah yang diakibatkan kerena pengendapan tanah oleh air (sedimentasi).
Sistem Informasi Geografis (SIG)
Merupakan sistem informasi berbasis komputer dimana sanggup menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun nongeografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.
Sosiologi
Ilmu yang mempelajari wacana contoh pergaulan insan dalam masyarakat.
Stratigrafi
Cabang ilmu geografi yang mempelajari wacana ilmu sejarah yang membahas komposisi dan umur relatif serta distribusi lapisan tanah dan interpretasi lapisasan-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah bumi.
V

Vulkanologi
Cabang ilmu yang mempelajari wacana gunung berapi, magma, lava serta fenomena geologi yang masih berkaitan.
Z

Zoogeografi (Geografi Hewan)
Ilmu yang mempelajari wacana binatang, baik tempat mereka hidup, berkembang, maupun persebarannya.

Sumber http://blogmipa-geografi.blogspot.com

0 Response to "✔ Daftar Cabang-Cabang Ilmu Geografi Lengkap Dari A-Z"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel