iklan

Mengenal Tanda-Tanda Stroke Lebih Mendalam Semenjak Dini

Kita mungkin sudah tahu apa itu stroke tapi belum tentu jikalau kita tahu apa gejala stroke tersebut. Penyakit stroke merupakan gangguan terhadap fungsi otak jawaban anutan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang. Sehingga berakibat pada nutrisi dan oksigen yang diharapkan otak tidak terpenuhi dengan baik. Untuk penyebab stroke terdapat dua macam, yakni adanya sumbatan pada pembuluh darah atau trombus serta adanya pembuluh darah yang pecah. Pada umumnya stroke dialami oleh orang yang sudah tua, hal tersebut dikarenakan pada proses penuaan mengakibatkan pembuluh darah mengeras dan menyempit atau disebut arteriosclerosis, serta dengan adanya lemak yang menyumbat pembuluh darah atau disebut dengan atherosclerosis. Namun pada beberapa kasus terakhir menunjukkan adanya peningkatan kasus stroke yang terjadi pada usia dewasa dan usia produktif atau yang berumur 15-40 tahun. Untuk golongan ini penyebab utamanya yakni penyalahgunaan narkoba, alkohol, stres, gaya hidup yang tidak sehat serta alasannya yakni faktor keturunan.

Penyebab serangan stroke lain yakni alasannya yakni makanan dengan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein) yang sangat tinggi. Terdapat kolesterol jahat pada junk food atau makanan cepat saji. Sebab penyakit lainnya juga akan muncul dengan kebiasaan malas berolahraga dan bergerak, merokok, banyak minum minuman keras atau minuman yang beralkohol, pemakai narkotika dan zat adiktif, stres yang berkepanjangan serta waktu istirahat yang kurang.

Untuk gejala stroke ini sangatlah bervariasi, tergantung dari apa tanda-tanda awal yang dirasakan oleh penderitanya. Gejala umum menyerupai mati rasa secara mendadak pada tangan, kaki dan muka. Rasa resah menyerupai orang yang kehilangan pandangan, berbicara pelo atau sulit berbicara. Pada beberapa pasien stroke ada yang kehilangan penglihatan satu mata atau disebut dengan stroke mata. Mendadak mengalami suatu kesulitan berjalan dan kehilangan keseimbangan.

Pengobatan untuk tanda-tanda stroke :


Pada umumnya penderita stroke sanggup diobati baik degan pengobatan secara medis maupun dengan melaksanakan terapi stroke yang disarankan atau dianjurkan oleh dokter hebat saraf. Untuk penderita stroke yang diterapi biasanya melibatkan fisik, terapi kerja dan terapi bicara. Pada pengobatan modern terapi pijat jarang dilakukan sebagai salah satu terapi yang dipilih. Tetapi beberapa hebat pengobatan alternatif mengklaim sanggup merehabilitasi penderita pasca stroke menjadi normal kembali. Memang belum ada bukti yang solid secara ilmiah mengenai efek pribadi pijat pada pasien pasca stroke. Ada persilangan pendapat oleh para hebat medis ihwal manfaatnya.

Penanganan penderita stroke secara khusus diberikan dengan jenis strokenya yaitu stroke iskemik dan stroke perdarahan.

Penatalaksanaan pada stroke iskemik yakni dengan membatasi kawasan yang mengalami infark dengan meningkatkan perfusi darah ke otak, pengobatan penyakit yang menjadi penyebab terjadinya stroke dan mencegah terjadinya udema otak. Pada pelaksanaannya yang bersifat khusus bisanya dokter menyarankan untuk terapi obat yang berperan, menyerupai obat anti trobolitik R-tPA dan urokinase yang diberikan secara intravena. Obat anti koagulan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya gumpalan darah dan embolisasi. Juga obat yang berfungsi sebagai neuroproteksi atau melindungi organ otak yang bekerja menghambat measuknya kalsium yang berlebihan ke dalam sel otak. Obat antagonis glutamat yang bekerja mengikat glisin pada reseptor glutamat. Serta obat yang berfungsi sebagai pencegah kerusakan membran sel otak.

Gejala stroke semenjak dini

Penderita stroke perdarahan dilakukan terapi konservatif yakni terapi obat dan bedah. Tujuannya dilakukan pembedahan yakni untuk mengeluarkan, mencegah dan menghentikan perdarahan yang terjadi pada pembuluh darah otak. Demikian sedikit pengetahuan ihwal gejala stroke, agar bermanfaat.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Tanda-Tanda Stroke Lebih Mendalam Semenjak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel