iklan

√ 4 Cara Melunakkan Daging Ayam Yang Gampang Dilakukan

Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk hidangan yang lebih enak maka Anda perlu mengetahui beberapa cara gampang melunakkan daging ayam ini. Dengan menggunakan cara ini, Anda sanggup terhindar dari hidangan daging ayam yang sulit dimakan.


Tidak hanya menjadi lembut, menggunakan metode-metode melunakkan daging ayam di bawah ini juga sanggup menghasilkan daging yang juicy dan lezat. Berikut ialah empat cara melunakkan daging ayam dengan gampang tanpa menciptakan tekstur dan rasanya hancur.


1. Menggunakan Alat Pelunak Daging


Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk hidangan yang lebih enak maka Anda perlu meng √ 4 Cara Melunakkan Daging Ayam yang Praktis Dilakukan


Alat pelunak daging tersedia secara komersial di pasaran. Alat ini biasanya terbuat dari materi metal atau kayu. Jika belum mempunyai pelunak daging, Anda masih sanggup memanfaatkan peralatan dapur lainnya menyerupai ulekan kayu atau kerikil dan palu (harus dalam keadaan bersih). Untuk alasnya sebaiknya gunakan talenan kayu.


Cara melunakan daging ayam dengan pelunak daging cukup mudah. Bagian kepala pelunak daging biasanya dibentuk bergerigi semoga daging yang ditumbuk menjadi lebih empuk.


Hanya saja alat ini hanya cocok digunakan untuk melunakkan daging ayam tanpa tulang. Jadi, hindari melunakkan daging ayam bertulang dengan alat ini kalau tidak ingin proses memasak jadi berantakan. Jika ingin tetap memakainya, pisahkan daging ayam dari tulangnya terlebih dahulu sebelum ditumbuk. Berikut ialah langkah melunakkan daging ayam dengan pelunak daging.



  • Bungkus daging ayam (ingat ya, tanpa tulang) yang akan ditumbuk dengan plastik bening semoga proses pelunakan berjalan dengan baik.

  • Tempatkan daging di atas talenan kayu, kemudian tumbuk permukaan daging secara merata.

  • Bolak-balik daging semoga tumbukan merata.

  • Hindari menumbuk terlalu keras alasannya sanggup menghancurkan daging dan teksturnya.


2. Menggunakan Marinade


Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk hidangan yang lebih enak maka Anda perlu meng √ 4 Cara Melunakkan Daging Ayam yang Praktis Dilakukan

* sumber: cookwithlars.com


Contoh marinade yang biasa digunakan untuk melunakkan daging ayam ialah marinade yogurt plain/tawar dan marinade buttermilk. Melunakkan daging ayam dengan marinade atau rendaman ialah cara yang manis untuk menjaga daging tetap empuk dan juicy. Selain itu, marinade juga sanggup menambah banyak rasa pada daging ayam.


Bagaimana hal ini sanggup terjadi? Baik buttermilk dan yogurt tawar mengandung enzim dan asam yang bekerja sama memecah protein di dalam daging ayam. Setelah proteinnya dipecah, daging ayam akan menjadi lunak dan siap diolah menjadi hidangan yang diinginkan. Berikut ialah cara melunakkan daging ayam dengan marinade buttermilk atau yoghurt tawar.



  • Siapkan wadah yang mempunyai penutup.

  • Potong daging ayam sesuai cita-cita dan direkomendasikan untuk melepas bab kulitnya (sudah dibersihkan).

  • Masukkan daging ayam ke dalam wadah dan tambahkan buttermilk atau yoghurt sampai menutupi seluruh bab daging ayam.

  • Tutup rapat dan letakkan di dalam kulkas selama minimal 1 jam. Agar karenanya maksimal, Anda sanggup menyimpannya selama 24 jam.

  • Jika proses ini sudah selesai, daging ayam siap dimasak sesuai dengan cita-cita (Anda sanggup meniriskan daging ayam hasil rendaman sebentar untuk menghilangkan cairannya).


Yoghurt mungkin gampang didapat di warung-warung, tetapi buttermilk tidak. Nah, kalau Anda tidak mempunyai buttermilk di rumah, Anda sanggup membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan dapur yang ada. Berikut ialah langkah-langkahnya.



  • Siapkan 2 sendok makan cuka (30 ml) dan 1 gelas susu (susu murni atau rendah lemak).

  • Campurkan kedua materi ini dan aduk sampai merata. Biarkan kedua materi ini bersatu selama 5 sampai 30 menit sampai menggumpal.

  • Gunakan langkah di atas untuk mulai melunakkan daging ayam dengan buttermilk handmade ini.


Jika ingin yang lebih alami, Anda sanggup menggunakan marinade buah-buahan untuk melunakkan daging ayam. Marinade buah yang cukup terkenal ialah adonan kiwi, nanas, dan mangga yang sudah dihaluskan. Cukup aduk adonan ketiga buah ini dengan daging ayam kemudian simpan di dalam kulkas selama 1 jam.


3. Menggunakan Baking Soda


Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk hidangan yang lebih enak maka Anda perlu meng √ 4 Cara Melunakkan Daging Ayam yang Praktis Dilakukan

*Sumber: https://www.pinterest.com/shellscsu/


Baking soda atau soda masakan ringan manis merupakan salah satu materi dapur yang mempunyai banyak kegunaan, salah satunya ialah untuk melunakkan daging ayam. Kok bisa? Baking soda yang dicampur dengan air intinya akan meningkatkan tingkat Ph permukaan daging ayam.


Tingkat Ph yang lebih tinggi akan mempersulit protein dalam daging untuk terikat bersama. Jadi, sehabis Anda merendam daging ayam dalam adonan soda masakan ringan manis dan air hanya selama 15 menit, daging ayam sanggup lebih lunak dan siap dimasak sesuai dengan resep yang Anda gunakan. Berikut ialah langkah-langkahnya.



  • Potong-potong daging ayam yang ingin dilunakkan (sudah dibersihkan)

  • Siapkan wadah yang cukup untuk memuat seluruh potongan daging ayam.

  • Campurkan 3 sendok makan soda masakan ringan manis dengan 1,5 gelas air di dalam wadah yang sudah disediakan.

  • Masukkan potongan daging ayam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  • Angkat daging ayam dari rendaman dan basuh kembali menggunakan air bersih.

  • Masak ayam sesuai keinginan.


4. Memasaknya Lebih Lama


Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk hidangan yang lebih enak maka Anda perlu meng √ 4 Cara Melunakkan Daging Ayam yang Praktis Dilakukan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/13470115@N08/


Tanpa harus menggunakan bahan-bahan dapur di atas, daging ayam juga sanggup dilunakkan dengan cara memasaknya dalam jangka waktu yang cukup usang (hingga belasan jam). Metode ini mungkin sanggup disebut dengan memasak lambat untuk memecah protein daging ayam secara perlahan selama beberapa jam.


Selain memungkinkan daging ayam mempunyai rasa yang luar biasa, memasak dengan metode ini ialah cara termudah untuk menghasilkan daging ayam yang lembut dan juicy. Berikut ialah beberapa metode memasak lambat yang sanggup Anda coba untuk melunakkan daging ayam.



  • Merebus: Daging ayam sanggup cepat lunak dengan cara merebusnya selama beberapa jam. Memasak daging ayam dengan cara ini sudah sangat terkenal alasannya daging benar-benar sanggup dilunakkan.

  • Memanggang: Metode memasak ini juga sanggup digunakan untuk melunakkan daging ayam. Cukup bumbui daging ayam dan panggang sampai matang.

  • Menggoreng: Cukup panaskan 1 sdm minyak di atas wajan menggunakan api yang kecil dan goreng daging ayam yang sudah dibumbui selama beberapa waktu sampai cukup lunak untuk disantap (daging ayam perlu dibulak-balik selama proses memasak dengan cara ini semoga seluruh bagiannya matang).

  • Memasak menggunakan slow cooker dan pengasap (smoker) juga sanggup melunakkan daging ayam.


Harap diingat untuk tidak memasak daging ayam terlalu usang atau berlebihan. Jika hal ini terjadi, daging ayam sanggup rusak dan tidak sanggup dimakan. Cara ini membutuhkan sedikit pengalaman semoga sanggup memastikan berapa usang waktu yang diperlukan untuk memasak semoga daging ayam menjadi lunak.


Jika Anda gres mencoba hal ini, Anda sanggup memastikan tingkat kematangan daging ayam dengan menilik suhu internalnya. Anda sanggup menggunakan sebuah termometer untuk mengetahui suhu bab dalam daging ayam. Sebagian besar potongan daging ayam membutuhkan suhu internal setidaknya 74 derajat Celcius untuk tingkat kematangan yang cukup.


Jika proses memasak di atas sudah selesai, sebaiknya diamkan dulu daging ayam selama 5-10 menit sebelum dipotong-potong atau disantap. Hal ini mempunyai kegunaan semoga protein dan sarinya menyebar kembali keseluruh bab daging ayam sehingga rasanya lebih lezat. Pastikan untuk membungkus daging ayam menggunakan aluminium foil selama proses mendiamkan.


Nah, itulah beberapa cara melunakkan daging ayam dengan gampang yang sanggup menghasilkan hidangan daging ayam yang mengesankan. Baca juga info wacana daging lainnya di sini.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 4 Cara Melunakkan Daging Ayam Yang Gampang Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel