iklan

Alat Musik Provinsi Kalimantan Timur-Sampe

SAMPE
      Sampe ialah alat musik tradisional khas Kalimantan Timur, alat musik yang satu ini sering dipakai oleh hampir semua sub suku masyarakat suku Dayak pada dikala mengadakan acara-acara adat.

Setiap sub suku dayak menyebutan nama Sampe ini dengan nama berbeda beda, ada yang menyebutnya sebagai kecapi, sempe, sampe', dan sape'.

 Alat musik Sampe mempunyai bentuk menyerupai gitar namun bertangkai lebih pendek, serta dilengkapi dengan dawai berjumlah antara 3 hingga 4 dawai. masa dulu dawainya terbuat dari materi serat pohon enau, seiring perkembangan jaman sekarang dawainya terbuat dari kawat logam, dan alat musik ini dihias memakai corak khas suku dayak, dan salah satunya ialah ornamen kepala burung enggang.

Alat musik tradisional khas Kalimantan Timur ini dimainkan dengan cara di petik memakai kedua tangan, menyerupai mirip gitar namun tidak mempunyai kunci menyerupai gitar, melainkan setiap senar mempunyai satu nada, untuk menghasilkan bunyi yang indah tentu senar sampe harus diselaraskan semoga padu dengan nada pada dawai yang lain dan terciptalah harmoni yang indah, hal ini hampir sama dengan alat musik kecapi pada umumnya.

Fungsi alat musik sampe pada umumnya sebagai luahan segala exspresi, baik itu kegembiraan, kerinduan, bahkan dikala suasana duka.

Selain dimainkan dikala acara-acara adat, dalam keseharian pun suku dayak kenyah dan suku dayak kanyaan sering memainkan alat musik ini untuk mengungkapkan rasa bangga mereka, apalagi bila dimainkan pada malam hari, bunyi ritme nya semakin menghanyutkan perasaan sehingga terasa menyatu dengan alam dan siapapun yang mendengarnya akan turut terhipnotis.

Dengan berjalannya waktu, sekarang sampe tidak hanya dimainkan secara tunggal, namun sering dipadukan dengan alat musik lain, dan alat musik tersebut sanggup dijadikan sebagai sarana untuk meramaikan suasana serta sarana bersilaturahmi antar masyarakat maupun saudara di Kalimantan Timur.

Demikianlah klarifikasi perihal kesenian alat musik Sampe dari Kalimantan Timur kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, sekian dan Salam .


Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Provinsi Kalimantan Timur-Sampe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel