iklan

√ Inilah 10 Jenis Masakan Yang Dihentikan Dimakan Kelinci

Kelinci ialah salah satu binatang yang sering dipelihara manusia. Sebagai binatang pemakan flora atau herbivora, kelinci tergolong gampang dipelihara lantaran masakan mereka gampang ditemukan. Meskipun demikian, terdapat beberapa masakan dan sayuran yang dilarang dimakan kelinci.


Memberi makan kelinci dengan masakan yang salah dan tidak cocok bagi mereka bisa menimbulkan mereka jatuh sakit dan bahkan mati. Hal ini perlu diketahui dengan baik bila Anda berencana memelihara kelinci di rumah.


Hewan kelinci mempunyai sistem pencernaan yang khusus. Kemampuan khas mereka dalam memproses serat dan nutrisi masakan membuatnya sanggup mengikuti keadaan dengan banyak lingkungan yang berbeda. Akan tetapi, keunikannya tersebut bukan berarti kelinci sanggup memakan segala jenis makanan. Berikut ialah daftar beberapa masakan yang dilarang dimakan oleh kelinci.


1. Buah Alpukat


Kelinci ialah salah satu binatang yang sering dipelihara insan √ Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

* sumber: wow.tribunnews.com


Alpukat ialah buah yang bermanfaat bagi insan (dalam jumlah konsumsi tertentu), tapi tidak bagi kelinci. Daging buah alpukat mengandung zat yang beracun bagi kelinci. Di dalam alpukat terkandung banyak lemak dan tidak banyak serat sehingga sangat tidak sehat untuk kelinci. Seekor kelinci bahkan bisa mati bila memakan daging buah alpukat dalam jumlah besar.


Kebutuhan nutrisi kelinci pastinya berbeda dengan insan dan alpukat bukanlah masakan yang cocok untuk mereka. Hewan ini suka makan masakan yang sebagian besar terdiri dari masakan rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi serat. Jadi, alpukat sama sekali tidak masuk dalam kategori masakan yang baik untuk kelinci.


Kandungan lemak yang tinggi pada alpukat sanggup menimbulkan obesitas pada kelinci yang pada alhasil akan mempersingkat masa hidup mereka. Sedangkan kadar serat yang rendah di dalamnya sanggup menimbulkan duduk kasus kesehatan yang serius pada kelinci (utamanya kesehatan pencernaan mereka).


2. Coklat


Kelinci ialah salah satu binatang yang sering dipelihara insan √ Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci


Meskipun rasanya lezat, jangan coba-coba memperlihatkan masakan ini pada kelinci lantaran bisa sangat berbahaya bagi mereka. Coklat mengandung theobromine, yang beracun bagi kelinci. Mengapa coklat kondusif bagi manusia? Tubuh insan mempunyai enzim yang sanggup memecah zat beracun ini, tetapi kelinci tidak.


Kelinci yang mengkonsumsi coklat sangat berpotensi mengalami detak jantung yang tinggi dan kejang-kejang. Selain theobromine, coklat juga mengandung kafein yang berbahaya bagi kelinci. Dua materi kimia ini sanggup merangsang sistem saraf kelinci yang sanggup menimbulkan kehilangan cairan tubuh dan meningkatkan detak jantung kelinci.


Kelinci yang telah mengonsumsi coklat juga berpotensi mengalami kepanasan, serangan jantung, dan bahkan menderita gagal pernapasan. Jadi, jangan pernah memberi makan kelinci dengan coklat ya.


3. Roti, Kue Kering, Cracker, dan Sereal


Kelinci ialah salah satu binatang yang sering dipelihara insan √ Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

* sumber: resepkakak.com


Empat jenis masakan di atas sering dikonsumsi insan lantaran lezat, bergizi, dan mengenyangkan. Akan tetapi, mereka bukanlah masakan yang cocok untuk kelinci. Memberi makan kelinci dengan makanan-makanan di atas berarti Anda sudah tidak sayang dengan kelinci Anda.


Roti, camilan cantik kering, dan cracker ialah masakan cantik dengan kadar karbohidrat yang tinggi yang tidak baik bagi kesehatan kelinci. Hindari juga memberi makan kelinci dengan makanan-makanan lain yang mengandung banyak gula atau bahan-bahan buatan, lantaran berpotensi menimbulkan enterotoksemia.


Apa itu enterotoksemia? Menurut situs ini, enterotoksemia ialah duduk kasus kesehatan yang disebabkan oleh basil di mana kelinci sanggup terinfeksi secara alami olehnya. Bakteri yang muncul secara alami di dalam perut kelinci sanggup berkembang biak dan menimbulkan diare parah dan tanda-tanda lainnya.


Singkatnya, enterotoksemia ialah diare parah yang mungkin dialami kelinci Anda. Masalah ini paling sering terjadi pada kelinci muda yang berusia 4-8 minggu, namun, sanggup pula berdampak pada kelinci di segala usia. Gejala enterotoksemia bisa terjadi secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat.


Tidak ingin kan kelinci Anda mengalami hal yang demikian? Jadi, jauhkan makanan-makanan di atas dari mereka. Sereal juga tidak baik bagi kelinci. Makanan ini sanggup menimbulkan duduk kasus gigi dan perut pada kelinci.


4. Selada Bokor, Silverbeet, dan Kembang Kol


Kelinci ialah salah satu binatang yang sering dipelihara insan √ Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci


Anda mungkin terkejut melihat selada bokor dalam daftar ini. Ya, sayuran ini tidak baik bagi kelinci lantaran sanggup mengandung lactucarium, sejenis materi kimia yang sanggup membahayakan kesehatan kelinci bila termakan. Selada bokor juga sebagian besar hanya terdiri dari air dengan sedikit atau tidak ada nilai gizi sama sekali.


Kadar air yang tinggi pada selada bokor sanggup menimbulkan diare pada kelinci. Diare pada kelinci bahkan sanggup menimbulkan selesai hidup dengan cepat, jadi sebaiknya hindari memberi makan kelinci dengan selada bokor. Kandungan gizi selada bokor sanggup Anda lihat di sini.


Seperti selada bokor, silverbeet atau chard ialah sayuran lain yang dilarang dimakan oleh kelinci. Menurut pusat dokter hewan di Selandia Baru, sayuran silverbeet sanggup menimbulkan kelinci menderita kolik dan kembung. Cek kandungan gizi silverbeet di sini.


Bagaimana dengan kembang kol? Ini juga termasuk sayuran yang tidak baik bagi kelinci lantaran sanggup menimbulkan kelinci menggembung (perutnya dipenuhi gas). Jadi, semoga perut kelinci baik-baik saja, jauhkan ketiga sayuran ini dari mereka.


5. Kentang


Kelinci ialah salah satu binatang yang sering dipelihara insan √ Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

* sumber: www.specialtyproduce.com


Kentang ialah jenis sayuran mengandung karbohidrat dan pati yang tinggi. Kedua hal ini sanggup menimbulkan duduk kasus bagi sistem pencernaan kelinci Anda. Meskipun kentang tidak beracun bagi kelinci, sayuran ini tetap tidak ideal untuk binatang dengan jalan masuk pencernaan yang kecil menyerupai kelinci.


Sebagai informasi, gigi dan sistem pencernaan kelinci didesain untuk memakan masakan yang tinggi serat, rendah lemak, dan rendah karbohidrat. Makanan yang tidak bersifat demikian membutuhkan proses cerna yang lebih lama, sehingga akan berdampak jelek bagi sistem pencernaan kelinci yang dipelihara.


Nah, itulah beberapa jenis masakan yang dilarang dimakan kelinci lantaran sangat tidak baik bagi mereka. Makanan-makanan lainnya yang juga berbahaya bagi kelinci ialah yogurt drops, kacang kenari, oatmeal, rhubarb, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkapnya sanggup Anda tanyakan pada mereka yang jago di bidangnya.


Sebagai informasi, semoga kelinci peliharaan Anda tetap sehat, mereka membutuhkan asupan tiga jenis masakan berbeda, yaitu jerami atau rumput segar (85-90%), aneka macam sayuran segar dan sayuran hijau (10%), dan sejumlah kecil pelet berserat tinggi (5%). Sebelumnya Anda harus sudah mengetahui aneka macam jenis masakan (termasuk sayur dan buah) yang boleh dimakan kelinci semoga tidak terjadi kekeliruan.


Misalnya, pola sayuran yang baik untuk kelinci ialah bayam, kangkung, selada air, brokoli, seledri, dan daun dandelion. Perlu diingat bahwa sayuran lain menyerupai wortel, ubi jalar dan buah-buahan, menyerupai apel, memang boleh dimakan kelinci, tetapi makanan-makanan itu mengandung gula dan pati yang tinggi sehingga harus diberikan hanya dua kali dalam seminggu (selengkapnya sanggup Anda baca di sini).


Makanan kelinci sejenis sayuran sanggup Anda beli dengan gampang di warung sayur atau pasar. Sedangkan untuk pelet kelinci kami sarankan untuk membelinya dengan gampang secara online di Bukalapak. Cukup klik di sini dan dapatkan masakan kelinci yang Anda cari. Tersedia juga jerami kering untuk kelinci dengan harga yang bersahabat.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah 10 Jenis Masakan Yang Dihentikan Dimakan Kelinci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel