iklan

√ Inilah 5 Telur Terbesar Di Dunia Yang Sangat Mengesankan

Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Sumber protein ini gampang sekali didapatkan lantaran nilai komersialnya sangat tinggi. Banyak jenis makanan yang memakai telur ayam sebagai salah satu atau materi utamanya, menyerupai kue-kue dan omelet.


Ukuran telur ayam cukup kecil dengan kisaran berat antara 40 sampai 65 gram. Di dunia ini ternyata ada beberapa binatang bertelur lain yang bisa menghasilkan telur berukuran sangat besar, berpuluh-puluh kali lipat dari ukuran telur ayam. Telur binatang apa saja yang ukurannya besar-besar? Berikut ialah daftarnya.


1. Telur Burung Unta


Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia √ Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/drplokta/


Burung unta merupakan jenis burung terbesar di dunia yang masih hidup. Burung yang tidak sanggup terbang ini berasal dari benua Afrika. Walaupun demikian, burung unta ialah pelari yang handal. Dengan kakinya yang panjang dan kuat, mereka bisa berlari dengan kecepatan sampai 70 km per jam!


Sebagai salah satu jenis burung, burung unta tentu saja berkembangbiak dengan cara bertelur. Karena ukuran tubuhnya sangat besar, telur yang mereka hasilkan juga pastinya sangat besar, sampai berpuluh-puluh kali lipat ukuran telur ayam. Satu telur burung unta bisa mempunyai berat sampai 2 kg dengan panjang dan lebar mencapai belasan cm!


Pada 17 Mei 2008, seekor burung unta di sebuah peternakan milik Kerstin dan Gunnar Sahlin di Borlänge, Swedia mengerami sebuah telur yang berbobot 2,589 kg. Guinness World Record lalu mencatatnya sebagai telur terbesar di dunia. Hingga ketika ini belum ada telur burung unta lain yang mengalahkan rekor ini.


Sebagai informasi, burung unta tidak mempunyai banyak predator di alam liar. Tendangan kaki burung unta yang berpengaruh ditakuti oleh banyak insan dan pemangsanya lantaran hal itu bisa sangat mematikan. Burung mengesankan ini mungkin akan memakai senjatanya ini jikalau merasa terancam atau jikalau ada pemangsa yang mencoba mencuri telurnya yang jumbo.


Telur burung unta juga ialah salah satu sumber makanan yang lezat. Rasanya tidak jauh berbeda dengan telur ayam, tetapi mempunyai rasa mentega yang lebih banyak dan sedikit lebih berpengaruh jikalau dibandingkan dengan telur-telur lainnya. Karena terbilang jarang, satu telur burung unta bisa dihargai sampai ratusan ribu rupiah.


2. Telur Burung Emu


Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia √ Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

* sumber: commons.wikimedia.org


Mirip dengan burung unta, emu ialah jenis burung yang tidak sanggup terbang terbesar kedua di dunia. Hewan ini berasal dari daratan Australia, tetangga kita di selatan. Bagi Australia burung emu ialah sebuah ikon budaya yang sangat penting, sehingga binatang ini dijadikan lambang negara tersebut. Burung ini sanggup ditemukan hidup hampir di seluruh pecahan benua Australia.


Seekor burung emu sanggup tumbuh tinggi sampai 1,9 meter. Kaki mereka yang berpengaruh membantu mereka berlari sampai kecepatan 50 km / jam. Salah satu fakta menarik perihal burung ini ialah selama ekspresi dominan kawin, betinanya akan tubruk dengan betina lainnya untuk kawin. Selanjutnya kiprah bersarang akan dilakukan oleh burung emu jantan.


Sebuah telur burung emu sanggup mempunyai bobot antara 450 gram sampai 650 gram dengan ukuran rata-rata 13 x 9 cm. Warna telurnya cukup unik, yaitu hijau bau tanah dan kadang kala terlihat cukup mengkilap.


Emu ialah salah satu jenis burung dengan nilai hemat yang tinggi. Selain hidup di alam liar, mereka juga dipelihara untuk diambil daging, kulit, dan bulunya. Meskipun tidak seindah burung-burung lain, harga bulu burung emu bisa sangat mahal lantaran sangat lembut.


3. Telur Burung Kasuari


Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia √ Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

* sumber: commons.wikimedia.org


Burung kasuari ialah jenis burung raksasa yang tidak sanggup terbang lainnya yang berasal dari hutan tropis Papua (Indonesia dan Papua Nugini), Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan timur bahari Australia. Kasuari menerima predikat sebagai burung tertinggi ketiga di dunia sehabis burung unta dan emu serta burung terberat kedua di dunia.


Kasuari ialah binatang omnivora, tetapi makanan utama mereka ialah buah-buahan. Burung ini disebut-sebut sebagai burung paling berbahaya di dunia lantaran bisa sangat bernafsu jikalau merasa terganggu atau terancam. Cedera yang disebabkan oleh burung kasuari (mereka mempunyai sepasang kaki dan cakar yang kuat) bisa sangat fatal dan serius, baik bagi insan atau binatang lain menyerupai anjing.


Ukuran telur burung kasuari kira-kira 9 x 14 cm, lebih kecil dibandingkan dengan telur burung unta dan burung emu. Sayangnya kami belum menemukan catatan niscaya mengenai berat rata-rata telur burung ini.


Terlepas dari sikap agresifnya, burung kasuari telah masuk daftar spesies burung yang terancam punah di sebagian besar habitat mereka. Semoga upaya yang sangat serius segera dilakukan oleh pemerintah Indonesia, Papua Nugini, dan Australia untuk menjaga kelestarian burung yang sangat indah ini.


4. Telur Angsa Terompet


Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia √ Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

* sumber: lib2.colostate.edu


Angsa terompet ialah spesies bebek yang berasal dari Amerika Utara dan merupakan burung hidup terbesar yang ditemukan di daerah tersebut. Lebar sayap seekor bebek terompet bisa lebih dari 3 meter! Sehubungan dengan tubuhnya yang besar, telur bebek terompet juga pastinya berukuran besar.


Telur bebek terompet diketahui sanggup mempunyai bobot sampai 350 gram. Hal ini merupakan yang terbesar di antara spesies-spesies burung yang bisa terbang.


Angsa terompet diketahui melaksanakan perjalanan jauh untuk menemukan tempat yang cocok untuk berkembang biak. Mereka umumnya berkembangbiak di pecahan timur benua Amerika Utara. Selain terkenal lantaran ukurannya yang besar, bebek terompet juga terkenal lantaran bentuknya yang sangat indah dan cantik.


5. Telur Burung Kiwi


Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia √ Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

* sumber: commons.wikimedia.org


Kiwi ialah jenis burung yang tidak sanggup terbang yang berasal dari Selandia Baru. Seperti halnya burung emu, burung kiwi juga ialah ikon nasional yang sangat penting bagi negara Selandia Baru.


Ukuran burung kiwi bergotong-royong tidak begitu jauh berbeda dengan ukuran seekor ayam. Hanya saja telur burung kiwi termasuk salah satu yang terbesar di dunia lantaran ukurannya bisa mencapai 20% porsi badan binatang tersebut. Misalnya ada seekor kiwi betina dengan bobot 2 kg, maka telur yang dihasilkannya bisa mencapai berat 400 gram!


Kiwi ialah burung yang sangat pemalu dan dikenal hidup di liang-liang yang dalam. Mereka sanggup dikenali dari kaki kekarnya yang pendek, rambut menyerupai bulu, dan lubang hidung yang terletak di ujung paruh panjang mereka untuk membantu mendeteksi mangsa.


Karena kemampuannya menghasilkan telur yang jumbo telah menciptakan kiwi cukup terkenal secara internasional. Bahkan orang-orang Selandia Baru pada umumnya disebut Kiwi.


Nah, itulah beberapa jenis telur terbesar di dunia yang semuanya dihasilkan oleh burung-burung terbesar juga, kecuali kiwi. Hewan-hewan mengagumkan di atas ialah endemik suatu wilayah, sehingga tidak sanggup ditemukan di banyak tempat di seluruh dunia.


Menjaga kelestarian mereka sangatlah penting lantaran mereka kemungkinan besar hanya sanggup hidup di habitat aslinya masing-masing. Pemerintah setiap negara di mana burung-burung ini hidup harus bisa menjaga mereka dari kepunahan biar keindahannya bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang. Ayo kita sama-sama menjaganya dengan tidak merusak habitat dan menangkap mereka!



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah 5 Telur Terbesar Di Dunia Yang Sangat Mengesankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel