iklan

Sejarah Singkat Kerajaan Holing

Sejarah Singkat Kerajaan Holing

    Pada masa ke-7 di Jawa potongan utara bangun satu kerajaan yang berjulukan Holing. Berita yang berasal dari dinasti Tang di Cina menyabutkan bahwa letak kerajaan holing berbatasan dengan maritim disebelah selatan, Ta-Hen-la disebelah utara, Poli (Bali) disebelah timur, To-Po-Teng disebelah barat. Nama lain dari Holing ialah Cho-po (Jawa) maka sanggup disimpulkan kerajaan Holing terletak di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Ratu Sima ialah raja kerajaan Holing .
       

Aspek Aspek Kehidupan Holing

Aspek Kehidupan Agama

   I-Tsing menyebutkan bahwa seorang temannya berjulukan Hui-Ning dengan pembantunya berjulukan Yunki pernah pergi ke Holing pada tahun 664/665 M untuk mempelajari pedoman agama Budha .

Aspek Kehidupan Ekonomi

   Kehidupan perekonomian masyarakat Holing berkembang pesat, mereka telah mengenal perdagangan, bercocok tanam, menghasilkan kulit penyu, emas, perak ,cula badak, bahkan menciptakan garam.

Aspek Kehidupan Politik

   Berdasarkan dari isu Cina disebutkan bahwa kerajaan Holing diperintah oleh seorang raja putri yang berjulukan ratu Sima. Pemerintahanya berlangsung dari sekitar tahun 674 M, pemerintahanya keras namun adil dan bijaksana, kepada setiap pelanggar selalu diberikan hukuman tegas sehingga rakyat tunduk dan taat terhadap segala perintah Ratu Sima, bahkan tidak ada rakyat atau pejabat kerajaan yang berani melanggar segala perintahnya .

Aspek Kehidupan Sosial

   Kehidupan Sosial masyarakat Holing sangat tertata rapi sebab pemerintahan ratu Sima yang keras, adil dan bijaksana .

Aspek Kehidupan Budaya

   I-Tsing dari Cina menyebutkan pada tahun 644 M, Hwi-Ning seorang pendeta Budha dari Cina tiba dan menetap di Holing selama 3 tahun, bahkan Ia menerjemahkan salah satu kitab suci agama Budha Hinayana yang berbahasa Sanskerta ke dalam bahasa Cina .


Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Kerajaan Holing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel