iklan

Sejarah Singkat Kerajaan Kediri

Sejarah Singkat Kerajaan Kediri

    Kerajaan Kediri dan kerajaan Jenggala merupakan penerus dinasti Isyana. Sumber sejarah Kerajaan Kediri berasal dari dalam dan luar negeri. Sumber sejarah dari dalam negeri pada umumnya berupa prasasti dan karya sastra.

     Prasasti itu ibarat prasasti Sirah Keting, prasasti Tulungagung, prasasti kertasana, sumber sejarah berupa karya sastra pada masa pemerintahan Jayabaya, yakni kitab Bharatayuda (Empu Sedah dan Panuluh), kitab Gatotkacasraya (Empu panuluh), adapun karya sastra pada masa pemerintahan Kameswara, yakni kitab Smaradahana (Empu Darmaja), kitab Lubdaka (Empu Tan Akung), kitab Westansancaya (Empu Tan Akung).

    Sumber sejarah dari luar negeri berupa kitab Ling Waitaita (1178) karya Cuk Ik Pei dan Keronik Chu Fan Chi (1220) karya Chu Ju Kun. Kerajaan Kediri runtuh pada dikala pemerintahan Kertajaya atau yang lebih dikenal dengan Dandang Genis .

                                    

Raja Raja Kerajaan Kediri

  1. Sri Jayawarsa (1104)
  2. Bameswara (1116-1135)
  3. Jayabaya (1135-1157)
  4. Sri Saweswara (1159-1161)
  5. Sri Arweswara (1171-1181)
  6. Sri Gandra (1181-1182)
  7. Sri Kameswara (1182-1185)
  8. Sri Kertajaya (1197-1222)

Aspek Aspek Kehidupan Kerajaan Kediri

Aspek Kehidupan Agama

   Kehidupan Keagamaan di Kerajaan Kediri didominasi oleh agama Hindu. Hal itu dilihat dari adanya Brahmana yang ada dikerajaan tersebut .

Aspek Kehidupan Ekonomi

   Dalam kehidupan ekonomi diceritakan perekonomian Kediri bersumber atas perjuangan perdagangan , peternakan, dan pertanian. Kediri populer sebagai penghasil beras, penanam kapas, dan memelihara ulat sutra, dengan demikian dipandang dari aspek ekonomi kerajaan Kediri sudah cukup makmur, demikian keterangan yang diperoleh menurut dari Keronik Chi Fan Chi dan kitab Ling Waitaita .

Aspek Kehidupan Sosial

   Dilihat dari kitab Ling Waitaita ditulis bahwa orang-orang menggunakan kain hingga dibawah lutut dan rambutnya diurai, korelasi kekerabatan ditunjukkan dari aneka macam watak atau kebiasaan, ibarat setiap bulan kelima diadakan pesta air yang sanggup menciptakan masyarakat bergembira dengan naik perahu.

   Selanjutnya pada bulan kesepulah diadakan pesta perayaan digunung dengan alat musik suling, gendang dan gambang kayu. Untuk menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat , pencuri dan perampok dikenai eksekusi mati .

Aspek Kehidupan Budaya

   Pada kerajaan Kediri efek kebudayaan India meresap dalam bidang kehidupan. Seperti kitab perundang-undangan India, Manawa Darma Sastra dijadikan tumpuan perundang-undangan Kediri yang disebut Darma Praja .
Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Kerajaan Kediri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel