iklan

Sejarah Singkat Kerajaan Medang Kamulan

Sejarah Kerajaan Medang Kamulan

    Kerajaan Medang Kamulan sanggup dikatakan sebagai kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno, nama “kamulan” bisa dianggap sebagai perubahan kata “kamulyan” atau “kemulian”, sebagian jago beropini Medang Kamulan ialah ibu kota Kediri atau Janggala. Ada pula yang menyebut sebagai Kerajaan Kahuripan. 

    Ada dua prasasti yang mengisahkan Medang Kamulan, yaitu prasasti Empu Sindok, yang menceritakan masa pemerintahanya sendiri dan prasasti Calcutta, yaitu menceritakan awal mula silsilah dinasti Isana hingga pemerintahan Airlangga .

                        

Raja Raja Kerajaan Medang Kamulan


  1. Empu Sindok
  2. Daimawangsa Teguh
  3. Airlangga
  4. Bisapra Bhawa
  5. Wijayawarman
  6. Adhamapanuda
  7. Wuwasari


Aspek Aspek Kehidupan Medang Kamulan
 

Aspek Kehidupan agama

   Sebagai kelanjutan dari kerajaan Mataram Kuno, kehidupan keagamaan Hindu dan Budha masih sama-sama menerima perhatiaan dari kerajaan, toleransi antar pemeluk juga sudah terealisasi .

Aspek Kehidupan Sosial

   Kehidupan Sosial kemasyarakatan dibedakan atas sistem kasta dan sistem feodalisme, yaitu kedudukan seseorang menurut sistem birokrasi dan kepemilikan kekayaan (tanah). Dan toleransi antar pemeluk agama juga tinggi .

Aspek Kehidupan Ekonomi

   Kehidupan Ekonomi Medang Kamulan mengarah pada sektor pertanian, pelayaran dan perdagangan. Sungai Berantas dan Bengawan Solo menjadi jalur perdagangan. Pada masa pemerintahan Airlangga dibuka pelabuhan Ujung Galuh dan Kembang Putih, dan dibangun pula tanggul Sungai Brantas di Waringan Sapta untuk kepentingan pertanian .

Aspek Kehidupan Budaya

   Masyarakat Medang Kamulan memiliki teknologi tinggi, terbukti bisa menciptakan bendungan pada pemerintahan Empu Sindok, kebiasaan baca tulis juga berkembang pesat, bahkan Empu Sindok juga sempat menulis sebuah kitab yang berjudul Sang Hyang Kamahayanikan, dan pada pemerintahan Airlangga banyak dibangun tempat-tempat pertapaan dan asrama-asrama pendeta .
Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Kerajaan Medang Kamulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel