iklan

Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya

Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya

    Kerajaan Sriwijaya bangun pada selesai kala ke-7 M. Pusat kerajaan belum sanggup diketahui secara pasti, tetapi sebagian besar para andal menyetujui pendapat Coedes bahwa sentra kerajaan Sriwijaya ada di Palembang. Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya berasal dari dalam dan luar negeri.

    Sumber sejarah dari dalam negeri umumnya berupa prasasti, ibarat prasasti Kedukan Bukit (683 M), prasasti Talang Tuo (684), prasasti Kota Kapur (686), prasasti umumnya ditulis dengan karakter Pallawa dan memakai bahasa Melayu Kuno. 

    Adapun sumber sejarah dari luar negeri ada yang berupa prasasti, ibarat prasasti Kanton, prasasti Ligor dan Prasasti Nalanda. Selain itu ada juga sumber sejarah berupa berita, contohnya isu dari dinasti Tang di Cina yang menyebut bahwa dipantai timur Sumatra Selatan telah bangun sebuah kerajaan, pendeta Budha dari Cina I-Tsing juga pernah singgah dikerajaan pada tahun 685 .

   
     

Raja Raja Kerajaan Sriwijaya

  1. Dapunta Hyan Sriyanasa (683 M)
  2. Sri Indrawarman (724 M)
  3. Rudrawikama (728 M)
  4. Wishnu (775 M)
  5. Maharaja (851 M)
  6. Bala Putra Dewa (860 M)
  7. Sri Udaya Dityawarman (960 M) 
  8. Sri Udayaditya (962 M)
  9. Sri Sudamaniwarmadewa (1044 M)
  10. Marawijaya Tunggawarman (1044 M)
  11. Sri Sanggaramawi Jaya Tungga Warman (1044 M)

Aspek Aspek Kehidupan Kerajaan Sriwijaya

Aspek Kehidupa Agama

   Agama Budha mendominasi aspek kehidupan masyarakat Sriwijaya, bahkan pada ketika itu Sriwijaya dikenal sebagai sentra pendidikan agama Budha terbesar di Asia Tenggara .

Aspek Kehidupan Ekonomi

   Menurut catatan asing, Sriwijaya menghasilkan beberapa perdagangan, diantaranya rempah-rempah, kapur barus, gading gajah, timah, perak dan emas. Barang-barang tersebut dijual atau dibarter dengan kain sutra dan porselen melalui hubungan dagang dari Cina, India, Arab dan Madagaskar.

Aspek Kehidupan Sosial

   Kerajaan Sriwijaya letaknya sangat strategis dalam kemudian lintas perdagangan Internasional, hal ini menjadikan masyarakat lebih terbuka dalam mendapatkan banyak sekali efek absurd .

Aspek Kehidupan Budaya

   Walaupun kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai sentra agama Budha, namun tidak banyak peninggalan purbakala ibarat candi-candi atau arca sebagai tanda kebesaran kerajaan di bidang kebudayaan .
Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel