iklan

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

     Kerajaan Tarumanegara bangun pada final periode ke-5 di Jawa Barat. Pendiri kerajaan ini tidak diketahui secara jelas, namun kalau melihat prasasti tugu yang ditemukan, tertulis nama seorang raja yang memperhatikan kesejahteraan rakyatnya, yaitu Purnawarman.

     Sumber sejarah kerajaan berasal dari dalam dan luar negeri, sumber sejarah dari dalam negeri umumnya berupa prasasti, menyerupai prasasti Ciaruteun (ciampea Bogor), prasasti Kebon Kopi (Bogor), prasasti Awi (Leuwiliang). Adapun sumber sejarah dari luar negeri yang ditulis Fa Hien dari Cina yang tiba ke Tarumanegara pada tahun 414 .               

Raja Raja Kerajaan Tarumanegara

  1. Jaya Singawarman
  2. Dharmayawarman
  3. Purnawarman
  4. Wisnuwarman
  5. Indrawarman
  6. Candrawarman
  7. Suryawarman
  8. Kertawarman
  9. Sudrawarman
  10. Hari Wangsawarman
  11. Naga Jayawarman
  12. Linggawarman

Aspek Aspek Kehidupan Kerajaan Tarumanegara

1.       Aspek Kehidupan Agama

   Berdasarkan Prasasti Kebon Kopi, agama yang berkembang di kerajaan yakni agama Hindu Waisnawa. Fa Hien juga memberikan bahwa agama yang berkembang di Tarumanegara, yaitu agama Hindu, agama Budha, dan agama Kotor (kemungkinan agama orisinil penduduk Tarumanegara) .

2.       Aspek Kehidupan Ekonomi

   Selain mengutamakan bidang pertanian, pelayaran dan perdagangan juga memperhatikan pemburuan dan perikanan, hal ini sanggup dibuktikan melalui berita-berita wacana barang-barang perdagangan dari kerajaan Tarumanegara, antara lain cula badak, gading gajah dan kulit penyu .

3.       Aspek Kehidupan Sosial

   Aspek kehidupan masyarakat Tarumanegara tergolong tinggi alasannya yakni mencerminkan perilaku gotong royong. Terbukti mereka menciptakan jalan masuk air sepanjang 11km untuk menghadapi tragedi banjir .

4.       Aspek Kehidupan Budaya


   Masuknya efek agama dan kebudayaan Hindu memengaruhi kebudayaan kerajaan Tarumanegara. Mitologi hindu banyak ditemukan dalam prasasti-prasasti, contohnya bendera kerajaan Tarumanegara berlukiskan rangkaian bunga teratai diatas kepala gajah, efek India juga terlihat dengan digunakanya bahasa Sanskerta dan aksara Pallawa. Adapun juga efek dari Cina, yaitu penggunaan bahasa yang disebut mereka sebagai bahasa Kun-lun .

Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel