iklan

Serangan Umum 1 Maret 1949


Serangan Umum 1 Maret 1949
    Tujuan serangan 1 maret yaitu untuk mengambarkan kepada Dunia bahwa negara Republik Indonesia masih ada dan sebagai tanggapan atas pernyataan Belanda diforum Internasional bahwa RI sudah tidak ada atau menyerah.

Berawal dari tanggal 19 Maret 1948 Belanda telah melancarkan Agresi Militer II terhadap negara Republik Indonesia.Dalam Agresi Militer II tersebut,pasukan RI kacau alasannya yaitu sedang mengadakan konsolidasi sehingga belum bisa mengadakan perlawanan terhadap Belanda secara frontal.Dalam situasi tersebut, pihak Belanda menyatakan bahwa RI sudah hancur dan kalah. Namun RI tidak tinggal membisu mendengar pernyataan belanda tersebut.

      Untuk mengambarkan bahwa RI dan Tentara Nasional Indonesia masih ada, maka pasukan Tentara Nasional Indonesia melaksanakan serangan besar besaran kekota Yogyakarta pada tanggal 1 Maret 1949 yang dipimpin pribadi oleh Letkol Soeharto.Dalam serangan tersebut berhasil menduduki Yogyakarta selama 6 jam dan gosip serangan umum ini terdengan hingga keluar pulau Jawa bahkan hingga pula kepada Maramis ( Diplomat RI di New Delhi,India ) dan L.N Palar (Diplomat RI di New York, Amerika Serikat ).


Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Serangan Umum 1 Maret 1949"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel