iklan

Panduan Evaluasi Tahun 2017 Untuk Kurikulum 2013 Sma


Panduan Penilaian Tahun 2017 Untuk Kurikulum 2013 SMA - Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik. Pelaksanaan evaluasi di Sekolah Menengan Atas mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan dan peraturan-peraturan evaluasi lain yang relevan yaitu kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen evaluasi hasil berguru penerima didik yang dipakai sebagai dasar dalam evaluasi hasil berguru penerima didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Berkaitan dengan evaluasi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut. 1. Penilaian yang dilakukan oleh guru hendaknya tidak hanya evaluasi atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga evaluasi untuk pembelajaran (assessment for learning) dan evaluasi sebagai pembelajaran (assessment as learning). 2. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar (KD) pada Kompetensi Inti (KI), yaitu KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4. 3. Penilaian memakai contoh kriteria, yaitu evaluasi yang membandingkan capaian penerima didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil evaluasi seorang penerima didik, baik formatif maupun sumatif, tidak dibandingkan dengan hasil penerima didik lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan berguru minimal yang disebut juga dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). 4. Penilaian dilakukan secara terpola dan berkelanjutan, artinya semua indikator diukur, kemudian akibatnya dianalisis untuk memilih KD yang telah dan yang belum dikuasai penerima didik, serta untuk mengetahui kesulitan berguru penerima didik. 5. Hasil evaluasi dianalisis untuk memilih tindak lanjut, berupa jadwal remedial bagi penerima didik dengan pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan dan jadwal pengayaan bagi penerima didik yang telah memenuhi ketuntasan. Hasil evaluasi juga dipakai sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Pendekatan Penilaian

Penilaian konvensional cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil berguru penerima didik. Dalam konteks ini, evaluasi diposisikan seperti sebagai acara yang terpisah dari proses pembelajaran. Dalam perkembangannya evaluasi tidak hanya mengukur hasil belajar, namun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengan Atas © 2017, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah 5 yang lebih penting yaitu bagaimana evaluasi bisa meningkatkan kompetensi penerima didik dalam proses pembelajaran. Oleh alasannya yaitu itu evaluasi perlu dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu :
  1. Penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), 
  2. Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
  3. Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

Prinsip Penilaian

Dalam melaksanakan evaluasi hasil berguru supaya akibatnya sanggup diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan memakai hasil penilaian, maka acara evaluasi harus merujuk kepada prinsip-prinsip penilaian. Berikut prinsip-prinsip evaluasi hasil berguru penerima didik :
  1. Sahih
  2. Objektif
  3. Adil
  4. Terpadu
  5. Terbuka
  6. Menyeluruh dan Berkesinambungan
  7. Sistematis
  8. Beracuan Kriteria
  9. Akuntabel

Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan

Berdasarkan Permendikbud nomor 23 Tahun 2016 Pasal 2 dinyatakan bahwa evaluasi pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas : 
  1. Penilaian hasil berguru oleh Pendidik; 
  2. Penilaian hasil berguru oleh Satuan Pendidikan; 
  3. Penilaian hasil berguru oleh Pemerintah. 
Ketiga evaluasi tersebut dirangkum dalam tabel berikut :


Penilaian penerima didik pada Panduan Penilaian Tahun 2017 untuk Kurikulum 2013 ini tidak berbeda dengan sebelumnya yaitu evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan dan evaluasi keterampilan. Pada panduan ini juga disajikan secara lengkap teknik evaluasi untuk masing-masing ranah evaluasi beserta contohnya. Dan pada bab simpulan panduan disajikan bentuk dan format rapor menurut sistem paket maupun sistem SKS. Untuk lebih lengkapnya silahkan Download Panduan Penilaian Tahun 2017 Untuk Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas melalui link di bawah ini :
Baca Juga goresan pena lainnya :




Sumber http://sudutbacakita.blogspot.com

0 Response to "Panduan Evaluasi Tahun 2017 Untuk Kurikulum 2013 Sma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel