iklan

Alat Musik Khas Dki Jakarta – Tehyan

Alat Musik Tehyan 

Tehyan yaitu alat musik khas dari tempat DKI Jakarta atau suku Betawi. Pada mulanya alat musik tehyan berasal dari Negara China yang kala itu di bawa oleh para pendatang dari keturunan Thiong Hua yang menetap di Negara Indonesia, dan hal itu menimbulkan ada beberapa orang yang masih belum tahu jenis alat musik ini, dan ada diantara mereka yang masih bertanya-tanya apa sih Tehyan itu ? dan yang lebih menjadi momok lagi yaitu kini sebagian besar masyarakat orisinil jakarta Betawi masih banyak yang belum mengenal alat musik langka tersebut. Padahal alat musik tehyan ini termasuk alat musik antik dan langka, yang kelestariannya seharusnya tetap di jaga.

Alat musik tradisional Tehyan ini ada tiga jenis, diantaranya yaitu jenis  Sukong, Jenis Kong Ahyan dan Tehyan, adapun perbedaan yang paling menonjol dari ketiga jenis alat musik ini yaitu terdapat pada bentuk serta ukurannya yang berlainan. Bila kita perhatikan jenis Sukong mempunyai ukuran paling serta menggunakan nada dasar “G” dan desibel suaranya berupa bunyi Bas,  Jenis Kongahyan yaitu jenis dengan ukuran terkeil dan menggunakan nada dasar “D” jenis bunyi Melody. Sedangkan yang berjenis  Tehyan atau biasa disebut juga dengan nama Rythem ini mempunyai ukuran menengah dan nada dasar yang digunakan yaitu nada“A”.

Seiring perkembangan jaman, kini alat musik ini sudah jarang sekali di temukan, terkadang sesekali di tampilkan ketika ada program kebudayaan tempat Betawi, ibarat halnya ketika ada pertunjukan Ondel-Ondel , Gambang Kromong, dan Lenong Betawi.

Pada jaman kini sudah sangat jarang sekali yang sanggup memainkan alat musik Tehyan ini, kalaupun ada hanya sanggup dihitung dengan jari, dan rata-rata mereka sudah tua, kendatipun ada anak muda yang sudah mulai mencar ilmu memainkan alat musik tersebut namun tidak banyak yang sanggup menguasai dengan baik, hal tersebut mungkin dikarenakan perkembangan alat musik modern kian pesat, sehingga turut menggeser popularitas alat musik tradisional tehyan tersebut,  mudah-mudahan kedepan alat musik tersebut semakin dikenal oleh kalangan muda Betawi maupun masyarakat di daerah-daerah lain, semoga warisan budaya ini sanggup tetap lestari.


Nah sekian dulu klarifikasi perihal alat musik khas DKI Jakarta Tehyan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Khas Dki Jakarta – Tehyan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel