iklan

Alat Musik Provinsi Bali-Gamelan

Gamelan Bali
            Alat musik gamelan bukan hanya kita jumpai di pulau Jawa  saja, namun di tempat bali juga ada alat musik yang berjulukan Gamelan Bali, nah ibarat apa klarifikasi wacana alat musik ini berikut penjelasannya ;
Seperti Apakah Gamelan Khas Provinsi Bali itu?
Alat usik TradisionalGamelan Bali merupakan alat musik khas Provinsi Bali, alat musik tersebut mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan alat musik Gamelan pada umumnya, baik dari segi bentuk maupun dari segi cara memainkannya,  pada umumnya alat musik gamelan bali difungsikan sebagai musik pengiring acara-acara susila yang tengah diselenggarakan, baik itu yang bersifat sakral maupun hanya sekedar hiburan masyarakat.

Asal-usul Alat Musik Gamelan Bali
Menurut sejarah yang berkembang di masyarakat maupun kalangan paguyuban seni Bali, Alat musik Gamelan Bali telah ada semenjak jaman dulu. Hal itu sanggup kita amati dari Prasasti Bebetin yang terdapat di Provinsi Bali, dimana prasasti tersebut menyatakan bahwa gamelan khas bali ini telah ada semenjak tahun 896 masehi ketika itu masih dimasa kerajaan  Raja Ugrasena. Hanya saja gamelan yang sudah ada ketika itu masih sangat sederhana dan tidak selengkap dengan yang ada sekarang.

Sejak periode kedelapan mulai terjadinya hubungan-hubungan persahabatan degan kerajaan Jawa, dan selanjutnya orang-orang dari kerajaan Bali membawa pulang beberapa alat musik ibarat gamelan dari jawa dibawa masuk ke Bali walaupun kala itu masih sebuah instrumen yang terpisah. Oleh lantaran itu lah makanya kalau kita melihat gamelan bali sekilas akan tampak ibarat gamelan Jawa. Walaupun demikian tetapi pastinya ada beberapa instrumen yang berbeda yang menyebabkan alat musik khas bali tersebut berbeda dengan yang ada di jawa, salah satu ciri khasnya yaitu biasanya Gamelan Bali dimainkan dengan tempo cepat.


Jenis Alat Musik Gamelan Bali
Menurut jenisnya alat musik tradisional khas provinsi bali di kelompokan menjadi tiga, yaitu gamelan tua, gamelan madya serta gamelan baru.
Adapun pada kelompok Gamelan renta alat musik instrumennya berupa :
 
Kelompok Gamelan Tua
* Gambang,
* Saron,
* Angklung kelentang,
* Selonding Kayu,
* Gong Bes,
* Gong Luwang,
* Selonding Besi, dan 
* Gender Wayang.

Kelompok Gamelan Madya
* Pengambuhan,
* Pelegongan,
* Bebarongan,
* Joged Pingitan,
* Gong Gangsa Jongkok,
* Semarpagulingan,dan
* Ringdik Gandrung Babonangan.

Kelompok Gamelan Baru
* Pengarjaan, pejangeran,
* Joged bung-bung,
* Gong suling,
* Angklung bilah 7, dan
* Gong kebyar.

Fungsi dan Kegunaan Gamelan Tradisional Bali
Kesenian musik khas bali merupakan sebuah kebudayaan yang tidak sanggup lepas dari masyarakat Bali, kalau kita amati dari segi fungsi dari Gamelan Bali sangatlah sering dipakai sebagai pengiring acara-acara atau upacara keagamaan dan juga hiburan bagi masyarakat Bali. Terutama dalam acara-acara keagamaan, selain itu juga difungsikan sebagai pengiring kesenian tarian tradisional yang sifatnya lebih sakral. Sedangkan dalam hal hiburan Gamelan Bali sering di tampilkan sebagai musik pengiring tarian atau pun kegiatan kegiatan yang berbau budaya di Bali.


Nah demikian tadi beberapa klarifikasi singkat wacana alat musik tradisional yang adad di Provinsi Bali, biar bermanfaat bagi kita semua dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Provinsi Bali-Gamelan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel