iklan

Alat Musik Provinsi Banten

Alat Musik Kendang atau Gendang Banten
Gendang merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul, Alat musik gendang ini terbuat dari materi kayu dimana terdapat membran yang terbuat dari kulit binatang pada setiap sisinya, untuk ukuran alat musik gendang ini pun terbilang bervariasi mulai dari yang berukuran besar, sedang sampai kecil, adapun gendang dengan ukuran besar dan sedang biasanya di sebut dengan nama Redap, sedangkan gendang dengan ukuran kecil disebut dengan nama Rebna.

Alat musik gendang ini di pulau jawa sudah sangat popular, selai di Banten Gendang juga dikenal di kawasan lain menyerupai Jawa Barat.

Alat Musik Tradisional Dogdog Lojor
Alat musik tradisional Dogdog Lojor juga merupakan alat musik pukul yang di buat dari materi kayu dan berbentuk bulat, cara memainkannya biasanya di tepuk memakai telapak tangan, sedangkan nama dogdog itu yaitu sebutan untuk bunyi alat musik tersebut, lantaran jikalau di tepuk maka suaranya akan terdengar dog..dog…dog…, sedangkan lojor mempunyai arti panjang, dengan demikian jikalau di rangkai maka alat musik ini mempunyai arti dogdog panjang.

Pada umumnya alat musik dogdog panjang ini terbuat dari materi kayu dengan panjang mencapai 90cm, pada bab tengah kayu tersebut di beri lubang bunyi dan lubang itu dibagi lagi menjadi tiga ruas dengan ukuran diameter lubang yang berbeda beda, sehingga dengan begitu bunyi dogdog sanggup diadaptasi dengan harapan kita.

Selanjutnya pada bab sisinya di tutup memakai membran yang terbuat dari materi kulit kambing yang telah dibersihkan dan siap pakai, selanjutnya kulit tersebut diikat memakai tali bambu, selain dogdog biasanya alat musik ini dimainkan bersama alat musik lain menyerupai angklung yang terbuat dari materi bambu.   

Alat musik Dogdog Lojor sering dipakai oleh masyarakat Banten atau suku Baduy ketika sedang mengadakan upacara watak tradisional menghormati para leluhur atau nenek moyangnya. Tidak itu saja, alat musik ini biasanya juga di gunakan untuk mengisi hiburan pada ketika diselenggarakan program pesta rakyat, dan lain-lain.

Dogdog lojor juga dipakai untuk mengiringi beberapa  tarian khas Banten ketika mengadakan upacara watak serta ritual-ritual khusus bagi masyarakat suku pedalaman Baduy, adapun keberadaan suku tersebut berada di pedalaman Lebak Selatan, adapun upacara watak tersebut dinamakan ritual Teren Taun.


Demikianlah klarifikasi ihwal Alat Musik Tradisional Provinsi Banten dikesempatan kali ini, supaya menjadi penambah wawasan para pembaca sekalian, sekian dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Provinsi Banten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel