iklan

10 Muda-Mudi Ini Menginspirasi Dengan Karyanya Masing-Masing

Sebentar lagi kita semua akan memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober 2016. Di masa kini, ada banyak cara untuk memperingatinya, selain mengingat isi teks Sumpah Pemuda. Seperti yang dilakukan kesepuluh muda-mudi Indonesia berikut ini. Dengan banyak sekali karya yang mereka hasilkan, tentu saja, menginspirasi banyak orang di Indonesia. Siapa saja? Yuk, cek di bawah ini siapa saja sosok #MudaMenginspirasi!

 #1.  Nadia Shafiana Rahma, 11 tahun 

menginspirasi Foto: news.detik.com 

Umumnya, sebuah perhelatan sastra didominasi oleh orang dewasa. Berbeda dengan anak muda yang satu ini, ia bisa ikut perhelatan sastra terbesar di dunia. Bakatnya dalam dunia sastra sudah terlihat dari semenjak kecil.

Banyak buku yang telah ia buat, ibarat buku kumpulan dongeng, My Life My Heaven, Salah Tangkap, dan Kakek Misterius. Karyanya yang berjudul Si Hati Putih sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Karya-karya yang telah dibuatnya membawanya ke ajang pekan raya buku Frankfurt, di Jerman pada tahun 2015. Penulis cilik asal Bantul, DIY, ini terlatih untuk membaca serta menulis dari kecil. Produktif untuk berkarya dengan menghasilkan karya, serta terus mencar ilmu tentunya selalu dibuktikan oleh Nadia.

#2. Joey Alexander, 13 tahun

menginspirasi Foto: wikipedia 

'Bocah' berkacamata ini semakin melejit namanya dikala menjadi nominator pada salah satu penghargaan bergengsi tingkat dunia, yaitu Grammy Awards. Joey berhasil masuk ke dalam dua nominasi sekaligus, Best Improved Jazz Solo dan Best Instrumental Album.

Di usianya yang muda belia, ia telah banyak mencetak karya musik ber-genre jazz, antara lain debut albumnya ialah My Favorite Things, yang mendapat apresiasi dari banyak musisi di luar maupun di dalam negeri.

Sejak umur 6 tahun, Joey sudah sering mendengarkan musik jazz, yang membuatnya tertarik dengan alat musik piano. Latihan piano secara otodidak dan tekun, tidak segan-segan Joey menandakan kepada dunia hasil perjuangannya.  Dari berkolaborasi dengan banyak sekali musisi jazz dalam negeri, ibarat Tompi, Barry Likumahuwa, hingga musisi luar negeri.

#3. Agung Hapsah, 17 tahun

menginspirasi Foto: hitsss.com 

Bagi pengguna YouTube, pasti sering mendengar namanya. Sosok anak muda yang kreatif satu ini menciptakan karya konten dalam bentuk video. Profesinya sendiri kini lebih dikenal sebagai YouTuber. Video yang Agung unggah ke media umum pun mendapat apresiasi oleh banyak kalangan, terlihat dari bertambahnya subcribers  di YouTube.

Dengan umur yang masih sangat muda, Agung mencoba berkarya lewat keahliannya dalam fotografi, videografi, serta konten yang bermanfaat dan menarik di YouTube. Konten yang dibentuk dengan ide yang cemerlang, sederhana, namun dengan hasil yang bisa mengundang gelak tawa, informatif, dan tentu saja, menginspirasi kalangan seusianya untuk mulai membuat karya sendiri.

#4. Putri Tanjung, 20 tahun

menginspirasi Foto: harianindo.com 

Sosok wanita muda yang satu ini ialah sosok di balik perusahaan event organizer yang fokus untuk menyebarkan industri kreatif di Indonesia, berjulukan Creativepreneur Event Creator. Putri mencoba memberanikan diri untuk pribadi terjun ke dunia bisnis yang pada umumnya dikelola oleh orang-orang yang lebih remaja darinya.

Berawal dari keyakinannya akan media yang mempunyai tugas penting untuk membangun bangsa, ia membuat sebuah jadwal besar pada tahun 2014, yaitu Creativepreneur Corner. Putri berhasil mendatangkan banyak sekali pembicara ternama, sebut saja Raditya Dika (penulis), Ken Dean (CEO Kaskus), Wahyu Aditya (Pendiri Hello Motion), Hedi Rusdian (Fourspeed Indonesia).

Bisnis yang ia kelola tersebut kemudian berfokus pada tema-tema yang memberi ide belum dewasa muda Indonesia. Hal ini jelas berbeda dengan kebanyakan pengelola acara yang kerap lebih memromosikan musik, mode, atau kuliner.

#5. Maudy Ayunda, 21 Tahun

 

menginspirasi 
Foto: kompas

 Bukan hanya mempunyai prestasi di bidang seni dan menjadi figur publik.  Sosok Maudy Ayunda juga tercatat prestasi yang luar biasa di bidang akademik.  Melanjutkan studi ke Oxford University dengan jurusan PPE (Philosophy, Politics and Economics), ia serta menjadi satu-satunya mahasiswi yang berasal dari Indonesia.

Tidak hanya itu saja, prestasinya di kalangan internasional juga tidak sedikit. Salah satunya ialah menjadi pembicara termuda di lembaga global The Regional Conference on Post2015 Development Agenda di Nusa Dua, Bali. Jarang-jarang ada selebriti muda yang mempunyai banyak prestasi di dunia pendidikan ya? :)

#6. Leonika Sari, 22 tahun

menginspirasi Foto: theit-girl.com 

Leonika berhasil menandakan bahwa wanita juga bisa punya tugas yang penting di bidang IT, terutama menjadi programmer yang pada umumnya diminati oleh laki-laki.  Hal tersebut dibuktikan oleh mahasiswi lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini, berawal dari mengikuti online course untuk menyebarkan ilmunya. Ia pun kemudian mendapatkan kesempatan mengikuti short course di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, Amerika Serikat.

Karirnya dimulai dikala ia menginjak usia 22 tahun, sebagai pendiri Redblood. Redblood ialah sebuah gerakan berbasis aplikasi mobile. Aplikasi tersebut mengajak banyak orang untuk mendonorkan darah, serta lebih memperhatikan akan kesehatan. Aplikasi ini juga membawanya untuk mengikuti training kewirausahaan tingkat dunia yang diadakan di MIT pada tahun 2014 lalu.

#7. Rio Haryanto, 23 Tahun

menginspirasi Foto: liputan6.com 

Prestasi yang dicetak Rio, tidak lain tidak bukan menjadi pembicaraan seluruh masayarakat Indonesia di mata dunia. Butuh usaha serta pengorbanan yang tidak sedikit untuk mencapai posisinya sekarang.

Ia mengawalinya dengan mengikuti pertandingan balap go-kart  di dalam negeri dan menjadi juara, kala itu usianya gres 9 tahun. Rio pun semakin hari semakin menemukan tantangan dalam pertandingan balap roda empat yang perlu ia lawan. Bahkan ia harus kehilangan masa remajanya untuk fokus berlatih dan mengalami beberapa  kecelakaan di sirkuit. Namun, itu tidak  menghalangi niat Rio untuk menggapai mimpinya.

Pertandingan balap GP3 dan GP2 berhasil ia lewati. Hingga sampailah Rio menjadi salah satu pembalap termuda pada ajang F1 di tahun 2016 ini. Perjuangan Rio semakin berat, ketika ia mengalami insiden yang menimbulkan kerusakan parah pada mobilnya dikala ia harus menuntaskan jadwal tes pramusim F1 2016.

#8. Wregas Bhanuteja, 23 tahun

menginspirasi Foto: hai online 

Sineas film muda ini bisa menandakan bahwa karya film dari Indonesia bisa diapresiasi dalam pekan raya film berskala internasional. Film pendek karyanya yang berjudul Prenjak (In The Year of the Monkey) menjadi Film Terfavorit di pekan raya film Cannes, Perancis.

Film yang dibentuk berdurasi 12 menit ini butuh usaha yang harus dilewati untuk bisa terpilih menjadi film pendek terbaik. Melewati 1,500 film pendek yang harus dilombakan, lalu bersaing dengan 9 nominasi film terbaik.

Sosok Wregas Bhanuteja berkarya tanpa kenal lelah. Ia sempat dihentikan oleh orang tuanya untuk kuliah di jurusan Perfilman. Tapi, semasa SMA, ia membutikan kepada orang tuanya dengan serius, ibarat rajin membuat film dan mengikuti banyak sekali ajang perlombaan. Salah satu film pendeknya yang berjudul AKU yang menang  di Kompetisi Film Pendek Psymotion, merupakan bukti dari perjuangannya. Dengan pembuktian tersebut, ia berhasil mendapat restu dari orang tuanya untuk berkuliah di Institut Kesenian Jakarta, guna mendalami segala ilmu yang diharapkan dalam dunia perfilman.

#9.Keenan Pearce, 25 tahun

menginspirasi Foto: ziliun.com 

Dikenal dengan ikon fashion anak muda sekarang, sosok Keenan Pearce bukan hanya populer di media sosial. Keenan merupakan penggerak sebuah jadwal kreatif yang memperkenalkan banyak sekali karya mode dalam negeri, bertajuk Jakarta Euphoria Project.

Dengan idenya yang mengolaborasikan mode dan seni, membuahkan sebuah sajian konsep yang menarik.  Terobosan tersebut  banyak menarik minat anak muda Indonesia, khususnya Jakarta. Acara tersebut pun menjadi wadah berkembangnya gaya hidup masa kini yang penuh dengan kreativitas, memajukan brand-brand  lokal Indonesia, dan juga menjadi ide bagi generasi muda lainnya yang ingin membangun bisnisnya.

#10. Belva Devara, 26 tahun

menginspirasi (Sumber Foto: Jawapos) 

Selain Maudy Ayunda yang begitu memerhatikan pendidikan di Indonesia, Belva, walaupun berasal dari kalangan biasa, juga melaksanakan hal serupa. Pertemuannya dengan rekan kerjanya, Iman Usman, menjadikan ia dan Iman sebagai pendiri startup pendidikan berbasis teknologi.

Menjabat sebagai CEO Ruangguru.com, Belva kini menunjukkan kontribusinya untuk pendidikan secara langsung. Baginya, sangat sempurna bagi siapa pun untuk menghabiskan uang untuk berinvestasi pada pendidikan. Walaupun ia gres saja pulang dari Amerika Serikat, sehabis lulus Magister Bisnis Administrasi Stanford Graduate School of Business (2015) dan Magister Admintrasi Publik Harvard Kennedy School of Government (2016).

Ada banyak cara bagi kau semua untuk mencetak prestasi atau menginspirasi orang lainnya. Apa pun yang kau kerjakan, lakukanlah dengan sebaik-baiknya. Jadi, apa hal inspiratif yang telah kau lakukan untuk orang-orang lain? (IH/TN/KA)

0 Response to "10 Muda-Mudi Ini Menginspirasi Dengan Karyanya Masing-Masing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel