iklan

9 Kebiasaan Jelek Yang Sanggup Merusak Laptop Lebih Cepat

Kebiasaan jelek yang akan menciptakan Laptop menjadi lebih cepat rusak 9 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop Lebih Cepat

Dalam memakai sebuah perangkat elektronik menyerupai Laptop, salah satu yang sangat penting yaitu biar Laptop tersebut sanggup dipakai dalam waktu yang lama. Anda tentu saja tidak ingin bila Laptop yang dipakai untuk bekerja sehari-hari tidak bertahan usang dan cepat rusak. Banyak sekali kerugian yang akan anda alami bila Laptop yang dipakai sehari-hari tiba-tiba menjadi rusak dan tidak sanggup dipakai lagi. Misalnya saja, anda akan kehilangan data pada penyimpanan Laptop tersebut, anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli Laptop gres sebagai pengganti, dan masih banyak kerugian yang lainnya.

Oleh alasannya yaitu itu, sangat penting bagi para pengguna Laptop untuk menghindari hal-hal yang akan memperpendek umur Laptop yang digunakan. Karena tidak sanggup dipungkiri bahwa penyebab kerusakan pada Laptop yaitu kebiasaan jelek yang sering dilakukan oleh pengguna. Jadi, penyebab Laptop cepat rusak tidak selalu diakibatkan oleh kualitas Laptop tersebut yang rendah. Penyebab yang sangat sering terjadi dan kurang disadari justru muncul dari kebiasaan anda ketika memakai Laptop tersebut.

Sebagai pengguna Laptop yang ingin memakai Laptop tersebut dalam waktu yang lama, maka anda harus mengetahui tips merawat Laptop kemudian mengaplikasikannya. Selain itu anda harus memperhatikan perlakuan yang diberikan pada Laptop tersebut, jangan hingga anda melaksanakan kebiasaan-kebiasaan jelek yang akan menciptakan Laptop menjadi lebih cepat rusak.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop

Salah satu faktor utama sebuah Laptop mempunyai umur yang pendek alias cepat rusak yaitu alasannya yaitu kebiasaan jelek yang sering dilakukan oleh penggunanya. Ada banyak perlakuan yang bahu-membahu dilarang dilakukan alasannya yaitu akan menciptakan Laptop menjadi lebih cepat rusak. Tapi alasannya yaitu perilaku-perilaku tersebut sudah sangat sering terjadi, risikonya menjadi kebiasaan dan diabaikan dampaknya. Beberapa kebiasaan jelek yang sanggup merusak Laptop lebih cepat yaitu sebagai berikut.

1. Berlari dengan Membawa Laptop dalam Tas

Kebiasaan jelek pertama yang akan merusak Laptop yaitu berlari dengan membawa Laptop dalam tas. Hampir semua orang yang memakai Laptop pernah atau bahkan sering melaksanakan kebiasaan jelek ini. Misalnya saja mahasiswa yang sedang mengejar dosen atau buru-buru masuk kelas, atau pekerja kantor yang terburu-buru alasannya yaitu sudah terlambat.

Komponen utama yang akan bermasalah ketika anda melaksanakan kebiasaan jelek ini yaitu Hardisk Laptop tersebut. Sudah diketahui bersama bahwa Hardisk yang memakai piringan merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap guncangan. Hardisk yang selalu mengalami guncangan sanggup dipastikan tidak akan berumur panjang alias akan cepat rusak. Ketika anda berlari dengan membawa Laptop dalam tas, maka guncangan pada hardisk akan terjadi secara beruntun. Akibatnya, pada beberapa kasus ada yang mengalami data corrupt bahkan ada juga mengalami kerusakan Hardisk secara penuh dan tidak sanggup dipakai lagi.

Sebenarnya, kebiasaan ini tidak sanggup dipungkiri alasannya yaitu sering dialami pada keadaan darurat. Oleh alasannya yaitu itu, anda sanggup mengambil langkah pencegahan dengan mengganti jenis penyimpanan dari HDD menjadi SSD. SSD merupakan media penyimpanan yang sudah tidak memakai piringan, melainkan sudah memakai memori flash. Makara ketika anda memakai SSD sebagai media penyimpanan pada Laptop anda, maka tidak problem lagi ketika terjadi guncangan pada Laptop tersebut. (Baca juga :Perbedaan HDD dan SSD)

2. Meletakkan Laptop dalam Tas dengan Cara Sembarangan

Kebiasaan jelek yang merusak Laptop dan tidak kalah sering dilakukan selain berlari dengan membawa Laptop dalam tas yaitu meletakkan tas tersebut dengan cara sembarangan. Bagi sebagian orang yang gres saja tiba di suatu daerah dengan membawa tas yang berisi Laptop, maka biasanya akan pribadi meletakkan tas tanpa memperhatikan posisi tas tersebut, apakah itu terbalik atau bahkan miring. Bahkan yang lebih jelek lagi ketika pribadi melempar tas yang berisi Laptop tersebut.

Kebiasaan jelek ini bahu-membahu akan memperlihatkan imbas menyerupai pada kebiasaan jelek pertama diatas, yaitu mengakibatkan terjadinya guncangan. Makara ketika anda meletakkan tas berisi Laptop secara sembarangan dan tidak berhati-hati, maka akan terjadi guncangan yang sanggup merusak kesehatan Hardisk Laptop. Dampak jelek lainnya yang mungkin terjadi yaitu terjadinya benturan pada Laptop yang tidak disadari. Benturan ini akan merusak Hardisk alasannya yaitu guncangan ahli dan juga sanggup menciptakan lecet pada casing Laptop.

3. Mencampur Laptop dengan Benda Lain dalam Tas

Kebiasaan jelek yang merusak Laptop lainnya masih terkait dengan kondisi ketika anda membawa Laptop dalam tas. Banyak orang yang membawa Laptop memakai tas, maka Laptop tersebut akan ditempatkan dengan benda-benda lain menyerupai charger, pulpen, jam, paper clip, dll. Kebiasaan ini sanggup dikatakan akan berdampak jelek alasannya yaitu sanggup mengakibatkan gesekan atau lecet pada cuilan casing Laptop anda.

Solusi yang sanggup anda tempuh yaitu dengan memakai tas yang mempunyai ruang khusus untuk penyimpanan Laptop, jadi tidak perlu lagi mencampurnya dengan benda lain. Tapi, bila ternyata tas yang anda gunakan hanya mempunyai satu tempat, maka disarankan anda memakai tas cover atau sarung Laptop.

4. Menggunakan Laptop Diatas Paha atau Bantal

Salah satu penyebab kerusakan Laptop yang sangat sering terjadi diakibatkan alasannya yaitu sering dipakai dengan suhu komponen yang ekstrim. Penggunaan Laptop dengan suhu yang panas akan menciptakan komponen Laptop tidak berumur panjang, terutama pada baterai Laptop tersebut. Sebenarnya, Laptop sudah dibekali dengan kipas dan ventilasi udara yang berfungsi menyalurkan udara panas ke luar. Jika kipas dan ventilasi udara pada Laptop bekerja dengan baik, maka sanggup dipastikan bahwa suhu Laptop anda akan tetap berada pada kondisi normal.

Sayangnya terdapat kebiasaan jelek yang sering dilakukan oleh pengguna yang menciptakan kinerja kipas dan ventilasi Laptop tidak optimal, atau bahkan tidak bekerja. Salah satu kebiasaan jelek yang merusak Laptop tersebut yaitu memakai Laptop dan menjadikan paha, bantal, kasur atau benda empuk lainnya sebagai alas. Penggunaan benda-benda empuk tersebut sebagai ganjal akan memenuhi cuilan bawah Laptop, dan pada risikonya akan menutupi jendela ventilasi udara.

Kebiasaan jelek yang akan menciptakan Laptop menjadi lebih cepat rusak 9 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop Lebih Cepat

Akibat dari jendela ventilasi Laptop yang tertutup yaitu udara panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen Laptop tidak akan sanggup disalurkan keluar dan hanya berputar-putar dalam body Laptop. Pada risikonya bila kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, maka suhu Laptop akan meningkat drastis. Dan menyerupai yang dikatakan sebelumnya bahwa suhu Laptop yang ekstrim akan mengurangi umur Laptop tersebut atau dengan kata lain lebih cepat rusak. Jadi, pastikan bahwa anda memakai Laptop pada permukaan yang datar dan keras, menyerupai meja atau lantai.

5. Menggunakan Laptop di Permukaan Kotor

Kebiasaan yang merusak Laptop lainnya dan sangat sering terjadi yaitu memakai Laptop dengan meletakkannya diatas permukaan meja yang kotor. Banyak sekali kasus dimana pengguna Laptop bekerja dan meletakkan Laptop tersebut diatas permukaan yang kotor, contohnya saja banyak debu, puntung rokok, serpihan biskuit, dll. Kebiasaan jelek ini juga akan merusak Laptop lebih cepat alasannya yaitu akan merusak fungsi kipas dan ventilasi udara pada Laptop.

Ketika anda memakai sebuah Laptop, maka kipas akan mengeluarkan udara panas melalui ventilasi udara Laptop tersebut, kemudian mengambil udara segar dari luar. Jika permukaan meja yang menjadi ganjal Laptop tersebut ternyata kotor dan banyak debu, maka udara yang masuk ke Laptop akan terkontaminasi. Akibatnya, komponen-komponen yang terdapat di dalam tubuh Laptop pada risikonya akan penuh dengan debu.

Komponen yang akan sangat berdampak dengan keberadaan debu yaitu kipas dan ventilasi udara. Debu dalam Laptop yang berlebihan akan menghinggapi kipas dan sering juga menutupi pinggiran-pinggiran jendela ventilasi udara Laptop tersebut. Kondisi ini akan menciptakan kinerja kedua komponen tersebut untuk menjaga suhu Laptop tetap cuek risikonya tidak optimal. Dampak selesai dari kebiasaan jelek ini akan menciptakan Laptop menjadi sangat panas, bahkan tidak jarang terjadi overheat dan Laptop tiba-tiba sering mati. Jadi, ketika anda hendak memakai Laptop, pastikan gunakan ganjal yang mempunyai permukaan bersih.

6. Mengemil Diatas Keyboard Laptop

Kebiasaan jelek yang merusak Laptop selanjutnya masih terkait dengan kebersihan Laptop. Banyak sekali orang yang sangat suka memakan cemilan, terutama ketika sedang memakai Laptop. Salah satu kebiasaan jelek yang sering terjadi yaitu ketika ngemil dengan posisi verbal yang mengunyah persis diatas keyboard Laptop. Kebiasaan ini akan menciptakan keybord menjadi kotor, dan bahkan akan masuk ke cuilan bawah atau sela-sela keyboard.

Jika kondisi ini berlangsung dan sering dilakukan, maka kemudian akan mengundang semut berdatangan. Keberadaan semut pada Laptop tentu sanggup menjadi bahaya serius alasannya yaitu semut ini sanggup menggorogoti karet-karet yang terdapat pada komponen Laptop anda, menyerupai pada keyboard. Pada risikonya keyboard yang sudah digerogoti oleh semut akan mengalami kerusakan pada beberapa tombol. Jadi, pastikan ketika anda ngemil tidak ada serpihan makanan yan terjatuh ke keyboard Laptop. Cara paling kondusif yaitu dengan tidak mengunyah makanan diatas permukaan Laptop.

7. Mencabut Komponen Eksternal dengan Cara Digoyang-Goyang

Salah satu kebiasaan jelek yang merusak Laptop dan sangat sering dilakukan yaitu ketika mencabut komponen eksternal dengan cara paksa dan digoyang-goyangkan. Kebiasaan ini biasanya dilakukan ketika sedang menancapkan perangkat eksternal menyerupai Flashdisk, Hardisk Eksternal, VGA, HDMI atau port lainnya. Kemudian, ketika hendak dicabut ternyata sangat keras, risikonya cara yang dilakukan yaitu dengan menggoyangkan komponen tersebut ke kiri atau kanan.

Kebiasaan jelek yang akan menciptakan Laptop menjadi lebih cepat rusak 9 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop Lebih Cepat

Kebiasaan ini sanggup dikatakan yang paling diabaikan dampaknya namun sangat sering dilakukan. Ketika anda mencabut sebuah komponen eksternal dengan cara menggoyang-goyang perangkat tersebut, maka port yang ditempatinya akan menjadi longgar. Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan perangkat eksternal menyerupai Flashdisk atau Hardisk Eksternal menjadi sulit terbaca alasannya yaitu port yang sudah longgar.

Kondisi lebih parah yaitu ketika port tersebut sudah tidak sanggup lagi membaca perangkat eksternal akhir kondisi port yang sudah sangat longgar dan konektor jantan dan betina sudah tidak sanggup bertemu lagi. Jadi, ketika anda hendak mencabut perangkat eksternal yang keras, cabutlah dengan besar lengan berkuasa dengan arah yang lurus, jangan digoyang-goyangkan.

8. Salah Urutan dalam Memasang Charger

Kesalahan lainnya yang sering terjadi tanpa disadari yaitu dalam hal urutan pemasangan charger Laptop. Bagi kebanyakan orang, ketika akan mengecas Laptop tidaklah penting apakah harus menghubungkan charger ke terminal dulu, atau ke Laptop dulu. Padahal ini sangatlah penting alasannya yaitu akan menghipnotis kesehatan Laptop anda.

Ketika charger Laptop ketika pertama dicolokkan ke terminal, maka loncatan daya yang dihasilkan akan menjadi tidak stabil. Jika ternyata kepala charger sudah lebih dulu terhubung ke Laptop, maka secara otomatis daya yang tidak stabil tersebut akan pribadi masuk ke Motherboard untuk diproses ke batre. Jika anda melaksanakan hal ini secara terus-menerus, maka secara perlahan akan menciptakan kerusakan pada Motherboard Laptop anda akhir daya yang tidak stabil tersebut. Jadi, biar daya yang diterima oleh Motherboard sudah dalam keadaan normal, pastikan anda mencolokkan adapter charger ke terminal terlebih dahulu kemudian mencolokkan ujung charger ke Laptop.

9. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Kebiasaan jelek yang merusak Laptop ini biasanya dilakukan oleh para gamer, pekerja kantor atau orang-orang yang selalu memakai Laptop dalam waktu lama. Alasannya mungkin biar baterai Laptop yang dipakai tidak mengalami overcharge. Padahal langkah tersebut salah besar alasannya yaitu laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur untuk menghindari terjadinya overchage pada baterai meskipun di lakukan charging secara terus menerus.

Ketika anda sering melepas baterai dan menyambungkan pribadi Laptop ke listrik memakai charger, maka sebaiknya anda hentikan. Alih-alih menjaga kesehatan batre Laptop, kebiasaan ini justru secara perlahan akan mengakibatkan kerusakan pada Motherboard Laptop anda. Laptop yang dialiri listrik dari charger secara pribadi tanpa baterai akan mendapatkan daya yang kadang tidak stabil. Akibatnya Motherboard Laptop anda akan mengalami kerusakan. Jadi, gunakanlah baterai Laptop meskipun anda memakai Laptop dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa kebiasaan jelek yang merusak Laptop atau sanggup menciptakan Laptop menjadi lebih cepat rusak. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab kerusakan yang sering terjadi bukan alasannya yaitu kualitas Laptop yang buruk, tapi alasannya yaitu perlakuan anda yang buruk. Jika anda hendak memakai Laptop yang ketika ini dipakai dalam waktu yang lama, maka perlakukan Laptop anda dengan baik dengan tidak melaksanakan kebiasaan-kebiasaan jelek diatas.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "9 Kebiasaan Jelek Yang Sanggup Merusak Laptop Lebih Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel