iklan

Awali Persiapan Seleksi Beasiswa Lpdp-Mu Dengan Membaca Ini!

Melanjutkan kuliah ke jenjang S2 atau S3 menjadi harapan dari sebagian orang. Apakah kau salah satunya? Jika ya, kau mungkin sudah cukup familiar dengan beasiswa LPDP. Kementerian Keuangan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memperlihatkan akomodasi beasiswa full untuk Warga Negara Indonesia. Dari tahun ke tahun, beasiswa LPDP menyekolahkan ratusan orang Indonesia di dalam maupun luar negeri. Selain biaya kuliah, beasiswa ini juga memperlihatkan living cost per bulannya. Mau coba peruntunganmu dengan ikut seleksi beasiswa ini? Ketahui dulu hal-hal penting ini!

beasiswa LPDP

 

beasiswa LPDP
Foto: dncactioncommittee.com

 

Seleksi untuk beasiswa ini dibuka sepanjang tahun dan dibagi dalam empat periode. Periode pertama, kedua, dan ketiga untuk tahun 2016 sudah berlalu, jadi kau sanggup coba yang keempat, smart buddies! Berikut jadwalnya:

Periode keempat LPDP: 16 Juli-14 Oktober 2016

Bisa juga kau mengikuti seleksi di tahun 2017 di bulan apa pun sesuai dengan preferensimu. Satu hal yang penting, pastikan kau sudah benar-benar siap. Anyway, kau tidak harus sudah diterima di kampus tujuanmu ketika mendaftar. Terakhir, kau juga perlu ingat bahwa waktu dimulainya perkuliahanmu maksimal yaitu enam bulan sesudah jadwal penutupan pendaftaran. Jangan hingga terlambat, ya!

beasiswa LPDP

 

beasiswa LPDP Foto: doodlehr.co.uk

 

Ada dua tahapan yang perlu kau lalui untuk mendapat beasiswa LPDP. Tahap pertama merupakan seleksi administrasi. Selain mengisi data diri dan melampirkan dokumen-dokumen, kau juga diminta untuk menulis dua buah esai. Esai pertama mengenai donasi bagi Indonesia. Kontribusi ini sanggup berupa hal-hal yang sudah, sedang, ataupun akan kau lakukan. Sedangkan esai kedua wacana sukses terbesar dalam hidup. Agar menonjol di antara penerima lainnya, sebisa mungkin ceritakan hal yang unik dari hidupmu. Masuk universitas cita-cita yaitu kesuksesan yang cukup umum, kau sanggup terlihat lebih menarik dengan menuliskan prestasimu yang lain. Misalnya, pengalamanmu ketika tampil menari di pameran internasional.

Apabila kau lulus di seleksi tahap administrasi, kau akan lanjut ke tahap kedua yang berupa rangkaian seleksi. Seleksi tahap kedua terdiri atas: wawancara, leaderless group discussion (LGD), dan essay on the spot. Ketiga tes tersebut berlangsung selama satu hingga tiga hari. Di ketika yang sama, kau juga diminta untuk melaksanakan verifikasi dokumen. Jadi, jangan lupa untuk membawa seluruh dokumen yang kau sertakan di aplikasimu. Pastikan semuanya lengkap dan sesuai ya dengan yang kau lampirkan ketika seleksi administrasi. Dalam menghadapi serangkaian tes tahap kedua ini, kau harus mempersiapkan dirimu dengan sebaik mungkin.

 

beasiswa LPDP Foto: sabinahuang.com

 

Jika kau mendaftar untuk beasiswa ke luar negeri, semua seleksi di tahap kedua ini akan dilakukan dalam Bahasa Inggris. Pada tes wawancara, akan ada tiga orang yang mewawancaraimu. Kamu harus siap dengan aneka macam kemungkinan pertanyaan. Bahkan yang kurang nyambung sekalipun. Interviewers juga mungkin akan mengujimu dengan memberi komentar yang sedikit pedas. Kamu harus sanggup menanggapinya secara baik dan tetap menjaga emosimu. Sebelum wawancara, kau sanggup latihan dulu dengan menyiapkan balasan untuk pertanyaan-pertanyaan yang umum. Misalnya, alasan di balik jurusan yang kau pilih, pengalaman organisasi, dan alasan kau layak mendapat beasiswa tersebut. Siapkan argumen yang baik semoga pewawancara ikut merasa yakin dengan jawabanmu. Jangan lupa untuk selalu bersikap sopan dan ramah.

 

beasiswa LPDP Foto: ilead.net.in

 

Untuk persiapan LGD dan essay on the spot, kau harus banyak membaca berita. Pasalnya, topik dari kedua tes tersebut biasanya terkait dengan berita-berita terkini. Saat LGD, penting untuk kau mengenal teman-teman sekelompokmu semoga suasana tidak kaku. Mereka akan mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Tidak menutup kemungkinan mereka mempunyai prestasi yang lebih keren darimu. Tapi, jangan hingga merasa 'minder'! Kamu harus tetap percaya diri. Sebaliknya, bila merasa lebih baik dari mereka, kau harus tetap rendah hati. Jangan hingga mendominasi diskusi alasannya yaitu hal tersebut sanggup menjadi poin negatif dalam penilaian. Dalam mengerjakan kiprah menciptakan esai, kau hanya diberi waktu 30 menit. Kamu akan dihadapkan dua macam topik yang harus kau pilih salah satunya. Pilih saja topik yang lebih kau pahami sehingga kau sanggup menulis esai dalam waktu singkat.

Akhir kata, untuk menambah matang persiapanmu, kau sanggup berguru dari pengalaman orang lain. Jangan ragu untuk bertanya ke orang-orang yang sebelumnya sudah pernah mengikuti seleksi LPDP. Kamu juga sanggup browsing di internet mengenai Beasiswa LPDP. Cukup banyak lho orang yang menyebarkan dongeng mereka ketika mengikuti seleksi LPDP. Semakin banyak kau tahu hal-hal detil wacana seleksinya, kau akan semakin percaya diri. Dengan begitu, kau sanggup memaksimalkan performamu ketika menghadapi seleksi Beasiswa LPDP.

Selamat berjuang ya, semoga berhasil! (AZN/TN)

0 Response to "Awali Persiapan Seleksi Beasiswa Lpdp-Mu Dengan Membaca Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel