iklan

Belajar Bahasa Korea? Kenapa Tidak?

Hayooo, siapa yang suka nonton drama Korea dan mengidolakan artis-artisnya? Bagi yang terkena demam Korea niscaya ingin pergi ke negeri ginseng ini. Kamu nggak mau kan hanya melihat keindahan negaranya dari layar beling terus?

Kira-kira butuh persiapan apa saja ya? Bagaimana kalau kau coba mempelajari bahasanya saja dulu? Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang cukup unik yang ada di dunia, lho. Kenapa sanggup dibilang unik? Yuk kita simak!

Apa saja yang ditawarkan-125

Bahasa Korea dalam penulisannya memakai huruf Hangeul. Zaman dulu, sebelum Hangeul diciptakan masyarakat Korea memakai huruf Cina (atau disebut juga dengan Hanja). Namun sebagian masyarakat, khususnya kalangan bawah pada masa itu, merasa Hanja sangat sulit untuk dipelajari. Oleh alasannya ialah hal ini, buta huruf sempat merajalela di Korea.

Selain itu, Hanja juga dianggap kurang sempurna dalam merepresentasikan bahasa Korea. Dulu masyarakat Korea secara ekspresi memakai bahasa Korea, sedangkan dalam penulisan mereka memakai huruf Cina. Kalian kebayang nggak sih betapa sulitnya mengaplikasikan bahasa sendiri dengan huruf asing?

 

belajar bahasa Korea Foto: koreakini.com

 

Akhirnya, pada tanggal 9 Oktober 1443, Raja Sejong dari Dinasti Joseon membuat sistem penulisan gres yang lebih gampang untuk dimengerti. Nah, penulisan inilah yang disebut dengan Hangeul. Terdapat 24 huruf Hangeul yang terdiri dari 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Saat pertama kali diciptakan, huruf Hangeul berjumlah 28 yang terdiri dari 17 huruf mati (konsonan) dan 11 huruf hidup (vokal). Namun kesannya 3 huruf mati (konsonan) dan 1 huruf hidup (vokal) dihilangkan.  Hingga ketika ini, tanggal 9 Oktober ditetapkan sebagai hari Hangeul di Korea. Dari 6000 bahasa yang ada di dunia, hanya ada 100 bahasa yang mempunyai abjad sendiri. Bahasa Korea yang memakai huruf Hangeul ialah salah satunya lho.

 

belajar bahasa Korea

belajar bahasa Korea Foto: dramafever.com

 

Sekitar tahun 2012, televisi Indonesia mulai ramai menayangkan banyak sekali macam drama Korea. Artis-artis Korea pun kerap kali muncul di televisi melalui banyak sekali macam video musik. Akhirnya banyak cukup umur Indonesia yang mulai mengidolakan artis dan boyband/girlband Korea ibarat 2PM, Big Bang, SNSD, dan lain-lain. Boyband dan girlband Korea pun beberapa kali sempat mengadakan konser di Indonesia. Besarnya antusiasme cukup umur Indonesia terhadap boyband dan girlband Korea terlihat dari banyaknya jumlah mereka yang menghadiri konser tersebut.

 

belajar bahasa Korea Foto: sonicomusica.com

 

belajar bahasa Korea Foto: wallpapersonthe.net

 

Demam budaya pop Korea ini dikenal dengan nama Korean Wave atau Korean Hallyu. Hal ini pun membuat cukup umur Indonesia mulai tertarik untuk mempelajari budaya Korea, termasuk mempelajari bahasanya. Terbukti pada tahun 2013 jurusan Sastra Korea termasuk dalam tiga besar jurusan yang paling diminati di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

 

Apa saja yang ditawarkan-127

Tentunya jikalau kau sanggup berbahasa Korea, kau akan mencicipi beberapa manfaat, seperti:

  • Hal pertama ini sangat penting bagi kau yang beminat melanjutkan pendidikan ke Korea. Perlu diketahui, beberapa kampus di Korea mewajibkan para mahasiswa asingnya untuk sanggup berbahasa Korea. Hal ini dikarenakan beberapa mata kuliah juga memakai bahasa Korea. Meskipun kau akan mendapat training bahasa Korea pada tahun pertama, tetapi bukankah akan terasa lebih gampang jikalau kau sudah menguasai bahasa Korea sebelumnya? ☺

 

belajar bahasa korea Foto: kdramalove.com

 

  • Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia sedang unggul dalam segala bidang, contohnya bidang ekonomi. Hal ini tentunya sanggup membuka peluang untuk karir dan bisnis bagi kamu. Saat ini banyak sekali perusahaan asal Korea yang membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. Contohnya ialah Samsung, LG, dan Hyundai. Tentunya jikalau kau tertarik bekerja di perusahaan asal Korea, andal berbahasa Korea merupakan suatu nilai plus yang sanggup memberikanmu kesempatan yang lebih besar.
  • Kamu berencana untuk jalan-jalan ke Korea? Tahukah kau kalau ternyata banyak lho orang Korea yang tidak terlalu fasih berbahasa Inggris? Kemudian, sebagian besar petunjuk jalan di Korea juga memakai huruf Hangeul. Nah, jikalau kau sanggup berbahasa Korea tentunya akan membuat perjalananmu ke Korea terasa lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan.
  • Semakin mewabahnya demam Korea di Indonesia, semakin banyak pula orang Indonesia yang tertarik untuk menguasai bahasa Korea. Bagi kau yang sudah menguasai bahasa Korea, hal ini sanggup kau manfaatkan sebagai sarana menyebarkan ilmu dengan cara mengajar bahasa Korea. Selain bermanfaat bagi orang lain, kau juga sanggup menambah uang jajan, lho. Sambil menyelam minum air ya ☺

Wah ternyata menguasai bahasa Korea bermanfaat juga ya. Jadi, untuk apa ragu lagi? Ayo mulai mencar ilmu bahasa Korea dari sekarang!

0 Response to "Belajar Bahasa Korea? Kenapa Tidak?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel