iklan

Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus



Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 ohm Terbakar Terus - Beberepa hari ini aku menerima garapan amplifier sound blaster 1250 watt. Driver sound blaster ini merupakan adopsi driver yiroshi. Karena sehabis aku cocokan dengan bagan amplifier yiroshi ternyata sangat seakan-akan tanpa adanya modifikasi secara sistem kerjanya. Driver yiroshi merupakan amplifier yang bekerja sistem tiga tingkat sehingga power full. Driver ini juga bekerja pada tegangan tinggi ialah 70v. bunyi yang dihasilkan cenderung ke nada low bass begitu empuk. dan fleksibel untuk segala jenis frekuensi. Bahkan ketika dipakai pada tegangan rendah sekalipun, bunyi yang dihasilkan begitu anggun tanpa ada distorsi. Sehingga aku menyimpulkan bahwa drver yiroshi bekerja pada tegangan rendah pun bisa.  

Tentu sebuah amplifier ada Kelebihan dan kelemahanya ialah driver ini mempunyai Kelemahan boros transistor final. Ini sangat logis, alasannya driver ini bekerja pada tegangan tinggi sudah begitu memakai sistem tiga tingkat. Jika transistor tidak berpengaruh maka sanggup mengakibatkan jebol ketika di geber dilapangan. Untuk mengatasi hal ini sanggup ditambah jumlah transistor sebagai penguat simpulan untuk meringankan beban transistor final dan menambahkan resistor pembatas pada potongan basis transistor final.  

Kali ini permasalahan terdapat pada resistor terbakar pada potongan r ukuran 10ohm 1 watt. Gejala yang ditimbulkan resistor 10ohm 1watt panas, jikalau dipakai dalam jangka waktu yang usang resistor 10ohm ini berasap namun amplifier tetap bekerja dengan normal tanpa adanya cacat audio.

Resistor ukuran 10ohm 1watt pada driver jenis yiroshi ini, berfungsi sebagai resistor pembatas tegangan untuk menyuplai transistor op amp 2n1555 dan 2n1504. Sehingga jikalau terjadi duduk masalah di potongan sekitaran transistor tersebut sering terbakar.

Namun perspektif aku tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. Bahwa resistor 10ohm1watt ini terbakar bukan alasannya transistor driver bermasalah, malah sebaliknya ternyata terjadi kerusakan pada potongan tr final. Jika diukur memakai multitester transisitor ini normal namun ternyata, tidak demikian. Terjadi kebocoran antara colektor dan emitor sehingga menjadikan tegangan colektor bocor menuju kaki emitor. Jika investigasi transistor hanya memakai x10 tidak akan terlihat namun ketika memakai daya 1kohm akan terlihat kebocoran tersebut. gotong royong aku ragu jikalau transistor tersebut rusak alasannya secara investigasi normal. Karena belum sepenuhnya percaya aku masih saja oprek pada bagin driver bahkan telah mengganti transistor yang terdapat pada driver amplifier sound balster ini seluruhnya. Namun hasil masih sama, ketika diuji tetap tumbuh asap pada resistor 10 ohm1wat pada jalur [+]

Akhirnya aku mengalah mentok memfonis pada transistor final. Setelah penggantian transistor final secara keseluruhan resistor 10ohm 1watt yang terbakar terus tidak anget sekalipun distel pada jangka waktu yang lama.
Nah itulah sedikit pengalaman aku dalam memperbaiki driver power yiroshi. Semoga bermanfaat.


Sumber http://soldiradem.blogspot.com

0 Response to "Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel