iklan

Penilaian Profil Risiko Strategik (Strategic Risk)


Risiko strategik yakni risiko akhir ketidaktepatan bank dalam mengambil keputusan dan/atau pelaksanaan suatu keputusan stratejik serta kegagalan dalam mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.
Risiko Strategik tergolong sebagai risiko bisnis (bussiness risk) yang berbeda dengan jenis risiko keuangan (financial risk) contohnya risiko pasar, atau risiko kredit. Kegagalan bank mengelola risiko strategik sanggup berdampak signifikan terhadap perubahan profil risiko lainnya. Sebagai contoh, bank yang menerapkan taktik pertumbuhan DPK dengan pemberian suku bunga tinggi, berdampak signifikan pada perubahan profil risiko likuiditas maupun risiko suku bunga.

Sebelum membahas duduk kasus risiko strategik, ada baiknya kita menelaah kembali apa yang dimaksud dengan administrasi strategi, yaitu serangkaian keputusan (decision) dan tindakan (action) manajerial yang akan memilih kinerja dan kelangsungan perjuangan Bank dalam jangka panjang. 


Tahapan-tahapan:

Tahapan Perencanaan :
•    Kesesuaian taktik bank dengan visi, misi, risk profile, risk appetite, risk tollerance dan risk bearing capacity
•    Strategi bank tidak hati-hati atau sangat bernafsu dibsndingkan dengan ukuran dan kompleksitas bank
•    Tidak dilakukan pengkinian taktik sesuai dengan perubahan yang terjadi sehingga taktik menjadi tidak efektif dan efisien
•    Bank terlalu yakin dengan pengalaman sebelumnya, sehingga tidak mau melaksanakan penemuan sehingga taktik bank tidak flesibel
•    Bank lambat dalam merespon perubahan dalam acara operasionalnya sehingga tidak mempertimbangkan kebutuhan untuk melaksanakan perubahan strategi.

Tahap Implementasi :•    Implementasi bank tidak memadai alasannya yakni tidak adanya tunjangan operasional / fungsional (IT, SDM)
•    Bank tidak mempunyai SDM berpengalaman dalam mengimplementasi strateginya.
•    Sumber daya untuk mengimplementasikan taktik tidak memadai, sehingga tidak memenuhi sasaran yang telah ditetapkan.

Tahap Evaluasi :•    Bank tidak mempunyai sistem monitoring untuk mengevaluasi progree dari penetapan taktik bank.

Tahap Analisa Perubahan Bisnis•    Kelemahan bank memenuhi ekspektasi nasabah
•    Kelemahan bank menyikapi persaingan

Berikut ini beberapa rujukan parameter yang sanggup dipakai dalam penilaian risiko inheren atas risiko strategik  yaitu :
No
Indikator
Keterangan
Risiko Inheren
1.
Strategi Bisnis Bank Strategi-berisiko-rendah dan Strategi-berisiko-tinggi

Strategi berisiko rendah merupakan taktik dimana bank melaksanakan acara perjuangan dalam pangsa pasar dan nasabah yang telah dikenal sebelumnya
Strategi berisiko tinggi merupakan taktik dimana bank berencana untuk masuk dalam area yang baru, baik dalam bentuk masuk pangsa pasar baru, menunjukkan produk/jasa baru, atau menarik nasabah baru.
Dalam menilai parameter ini, perlu dipahami bahwa taktik gres tidak selalu berisiko tinggi dan sebaliknya taktik usang belum tentu berisiko rendah.
2.
Posisi Bisnis Bank dalam Pasar Posisi Pangsa Pasar Bank di Industri perbankan Dalam hal ini dilihat kondisi atau posisi bank dan keunggulan kompetitif yang dimiliki terhadap kompetitor, baik terhadap peer group maupun industri perbankan secara keseluruhan.
3.
Pencapaian Rencana Bisnis Bank (RBB) Realisasi RBB dibandingkan dengan RBB Evaluasi realiasasi RBB bertujuan melihat efektivitas perencanaan taktik bisnis bank.

Mari Berteman ^^
David Iskandar | Create Your Badge

Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

0 Response to "Penilaian Profil Risiko Strategik (Strategic Risk)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel