iklan

Perspektif Dalam Ekonomika Industri

Dalam ekonomika industri, terdapat sejumlah anutan pandangan atau perspektif yang melandasi kemunculan banyak sekali pemikiran dalam sejarah perkembangan ekonomika industri. Aliran pandangan  tersebut meliputi (Hinde, 2000):
  1. Structure-Conduct-Performance (SCP)Aliran ini mengemukakan adanya keterkaitan secara linier antara struktur pasar, sikap pelaku pasar, dan kinerja perusahaan-perusahaan dalam pasar. Aliran ini beropini bahwa struktur pasar (seperti contoh konsentrasi penjual dan pembeli di pasar) merupakan refleksi dari kondisi undangan dan penawaran yang ada di pasar. Struktur pasar, lalu memengaruhi sikap pelaku pasar (seperti seni administrasi untuk berkolusi, seni administrasi harga, seni administrasi periklanan, dan sebagainya). Perilaku pasar ini, selanjutnya akan memilih kinerja perusahaan yang ada di dalam pasar
  2. BehavioristAliran ini menyatakan bahwa sikap pasar merupakan faktor yang terpenting dalam memilih struktur maupun kinerja pasar. Dalam hal ini, korelasi antara struktur, perilaku, dan kinerja tidak linier dan searah lagi, menyerupai yang dikemukakan anutan SCP. Menurut pandangan anutan ini, upaya untuk mengendalikan acara pelaku pasar yang bersifat kolusif, menyerupai merger dan kartel sangat diharapkan untuk mewujudkan pasar yang efisien.
  3. New Industrial Economics. Aliran ini menekankan pembahasannya pada sikap yang terjadi di pasar dan seni administrasi yang dipakai dalam pasar. Aliran ini mengadopsi pendekatan teori permainan (game theory) untuk menjelaskan korelasi saling ketergantungan dalam struktur pasar monopoli dan oligopoli.
  4. UCLA-Chicago SchoolAliran ini berpandangan bahwa keberhasilan suatu perusahaan untuk beroperasi secara efisien merupakan kunci utama keberhasilan perusahaan di dalam pasar, termasuk di pasar oligopoli. Pemikiran ini bertentangan dengan paradigma SCP yang menyatakan bahwa kinerja suatu perusahaan di dalam pasar ditentukan oleh tingkat konsentrasi pasar dan kemampuan pelaku pasar untuk mengendalikan harga.
  5. Contestable MarketAliran ini beropini bahwa kompetisi menjadi kekuatan untuk mewujudkan tercapainya keseimbangan pasar saat biaya untuk masuk ke dalam atau keluar pasar sama dengan nol. Pemikiran ini menjadi salah satu landasan pemikiran dalam debat mengenai privatisasi pada masa itu.
  6. AustrianPandangan ini menganggap intervensi terhadap sistem pasar harus seminimal mungkin. Aliran ini juga mengemukakan pentingnya teknologi dan penemuan dalam mencapai keberhasilan kinerja pasar. Aliran ini beranggapan bahwa tingkat profitabilitas yang terjadi pada pasar persaingan monopolistik sudah cukup untuk mendukung terwujudnya peningkatan teknologi dan inovasi.

Sumber http://ilmuteknikmesinindonesia.blogspot.com

0 Response to "Perspektif Dalam Ekonomika Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel