iklan

7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pada Ketika Proses Interview Kerja

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kesalahan - kesalahan yang fatal pada dikala proses interview.
kita tahu bahwa interview yaitu satu proses yang sangat penting dalam perekrutan pekerjaan.
jadi jangan hingga kalian melaksanakan kesalahan yang fatal ini, alasannya sedikit saja kalian melaksanakan kesalahan itu akan menjadi evaluasi yang berkurang bagi HRD.

bila kalian ingin tahu, sebenernya setiap HRD mempunyai 3 evaluasi terhadap pelamar yang ingin melaksanakan proses interview.
1. Kandidat Favorit
2. Kandidat Alternatif
3. Kandidat Reject

Makara ada 3 tipe seseorang yang dinilai oleh HRD pada dikala proses interview, untuk itu usahakan kita ada pada kandidat yang pertama yaitu kandidat favorit, jangan hingga dinilai sebagai kandidat yang ke dua apalagi ke tiga.


Baca Juga : Penilaian yang sering dilihat HRD dikala interview


Untuk itu saya akan membahas 7 kesalahan yang harus kalian hindari pada dikala proses interview.
apa saja kesalahan itu ? simak baik  - baik dibawah ini.


1. Penampilan Seadanya.
Penampilan yang dimaksud bukan hanya dari segi pakaian saja, tetapi bagaimana kalian menatap HRD, berjabat tangan dengan HRD, cara kalian bicara.
Semakin kalian sanggup berlaku sopan, semakin kalian sanggup berpenampilan baik, menarik dan rapih maka HRD akan mempunyai kesan pertama yang baik kepada kalian.

2. Jangan Datang Telat.
Usahakan kalian tiba paling lambat 15 menit sebelum interview dimulai. karna dengan itu kalian pertanda komitmen kalian dan pertanda bahwa kalian benar - benar ingin bergabung pada perusahaan tersebut.

dan juga pertanda tanggung jawab kalian terhadap kesepakatan yang sudah disepakati sebelumnya. karna bila kalian sanggup pertanda tanggung jawab dengan tiba sempurna waktu setidaknya kalian sudah mempunyai tanggung jawab yang cukup untuk bekerja.

3. Kurang Informasi
Sering kali HRD menanyakan kepada kalian menyerupai ini :
Apa yang anda ketahui wacana perusahaan kami?

Kadang - kadang kita terlalu banyaknya panggilan interview yang kita hadapi atau panggilan lainnya hingga kita lupa akan info perusahaan tersebut, atau karna kita gres sanggup info panggilan interviewnya semalam jadi kita belum sempat untuk mencari tahu wacana info perusahaan tersebut.

coba bayangkan bila kalian pemilik perusahaan, orang menyerupai apa yang kalian inginkan apakah orang yang tahu wacana perusahaan kalian atau orang yang dingin seolah tidak perduli dengan profil perusahaan kalian.
secara otomatis kalian niscaya menentukan orang yang leih perduli dengan info perusahaan kalian dibanding yang dingin saja.

 Jadi mulai kini bisakan untuk mulai mencari info melalui internet atau media umum lainnya. untuk mencari tahu wacana perusahaan yang ingin kalian lamar.
karna dengan begitu HRD akan lebih menghargai kalian. dan pertanda seberapa besar minat kalian untuk bekerja diperusahaan tersebut.

4. Tidak Tahu Potensi Diri
Pertanyaan yang sering muncul dalam proses interview yaitu mengenai Kelebihan dan Kekurangan kalian. betul ?
Disini kalian harus benar - benar tahu apa yang menjadi kelebihan kalian. jangan coba mengarang atau sekedar mengikuti kriteria yang ada pada lowongan perusahaan tersebut menyerupai : Jujur, Disiplin, Ulet, Pekerja Keras dll.

nanti ketika ditanya " coba sebutkan kelebihan yang anda miliki?" kemudian kalian menjawab "Saya yaitu orang yang Jujur, Disiplin, Ulet, Pekerja Keras dll."
tapi ketika ditanya mengenai latar belakang mengenai perusahaan tadi kalian tidak tahu. kemudian bagaimana HRD sanggup menilai bahwa kalian pekerja keras, karna untuk mencari info perusahaan saja kalian tidak mau.
atau kalian tiba terlambat. darimana kalian sanggup menyampaikan bahwa kalian disiplin sedangkan untuk tiba saja masih terlambat ?.
Untuk itu kalian harus benar - benar tahu apa yang menjadi kelebihan kalian sesungguhnya.

5. Tidak Bisa Menutupi Kelemahan Kalian 
Perlu ditegaskan! Menutupi kelemahan kalian bukan berarti kalian harus berbohong atau seolah olah kalian tidak mempunyai kelemahan.
Menutupi kekurangan yaitu hal yang biasa, anda tetap mempunyai kekurangan. tapi kalian tetap sanggup menutupi kekurangan kalian dengan kelebihan yang kalian miliki.
pola misal kalian mempunyai kelemahan pelupa.
" Saya mempunyai kelemahan pelupa bu. Tapi saya punya kelebihan buk, saya rajin mencatat. jadi bila nanti ibu menawarkan saya kiprah saya akan mencatatnya dalam suatu buku dan saya atau merekemnya melalui HP saya, jadi saya tidak akan lupa dengan pembicaraan penting yang ibu katakan kepada saya."

Itu yaitu pola kekurangan yang ditutupi kelebihan. jadi kelebihan yang kalian miliki harus sanggup menutupi kelemahan yang kalian punya..

6. Tidak punya Kontribusi
Pertanyaan yang selanjutnya yaitu pertanyaan yang menjebak ! menyerupai pertanyaan kontribusi.
"Apa yang ingin kalian lakukan bila kalian lakukan bila kalian bekerja diperusaan ini?" pertanyaan menjebak bukan ?

ini yaitu salah satu pertanyaan wacana donasi yang berkaitan dengan pengetahuan kalian wacana pekerjaan yang kalian inginkan.
contohnya kalian ingin melamar pada posisi Sales, Kalian harus tahu apa yang sedang dialami pada perusahaan tersebut apakah sedang naik atau sedang turun?

Jika sedang anggun donasi yang kalian berikan yaitu "Saya akan berusaha bu, ketika saya diterima nanti saya lebih meningkatkan penjualan diperusahaan ibu dengan kelebihan dan keahlian yang sudah saya miliki untuk lebih memajukan penjualan perusahaan yang sudah maju ini."

Itu yaitu salah satu kontribusi. ini juga berlaku pada posisi yang lainnya menyerupai operator produksi, admin dll.
Makara kalian harus mempersiapkan donasi kalian pada posisi yang dikala ini kalian lamar.

7. Terlihat Sombong
Sering kali kalian lupa, karna kalian sudah mempunyai pengalaman yang cukup, kepintaran yang baik pada dikala sekolah maupun kuliah.
sehingga pada dikala interview kita menanyakan "Berapa honor saya bu?"
Kalian memang perlu  mengetahui berapa honor atau patokan imbalan yang ingin kalian miliki pada dikala bekerja. Tapi usahakan jangan terlebih dahulu kalian honor kalian ketika belum Tanda Tangan Kontrak atau mematok honor sesuai yang kalian inginkan.

karna ini sangat berakibat fatal untuk proses interview nya dengan kalian mematok honor yang kalian inginkan. terlebih lagi bila kalian belum mempunyai pengalaman pada posisi tersebut.
untuk itu bila kalian masih Fresh Graduate atau belum punya pengalaman pada bab tersebut, sebaiknya kalian lebih menahan diri untuk tidak menyebutkan patokan honor yang kalian ingin pada dikala ditanya oleh HRD.

Makara itulah kesalahan - kesalahan yang sering dialami oleh para pelamara pada dikala proses interview.

Kesimpulannya yaitu : Persiapkan diri kalian baik - baik dan matang - matang sebelum menghadiri panggilan interview. dan jangan lupa untuk baca info mengenai perusahaan tersebut lebih dalam lagi supaya kalian benar - benar terlihat ingin bekerja pada perusahaan tersebut.

jangan lupa juga sering - sering baca apa saja yang harus dipersiapkan ketika ingin melaksanakan proses interview melalui internet. karna sudah banyak yang menjelaskan apa saja persiapan yang harus dimiliki ketika ingin melaksanakan interview sesuai pengalaman yang mereka miliki.
yang terakhir yaitu berdoa dan berserah diri kepada yang kuasa yang maha esa serta meminta doa restu kepada kedua orang bau tanah supaya lebih baik lagi :)



Sumber http://tipsipit.blogspot.com

0 Response to "7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pada Ketika Proses Interview Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel