iklan

Cara Menanam Dengan Hidroponik Pada Tanaman Semangka

Cara menanam dengan hidroponik – Tanaman semangka merupakan tumbuhan buah buahan yang sudah sangat terkenal di beberapa negara. Tanaman semangka termasuk tumbuhan buah yang merambat menyerupai ketimun, melon dan sebagainya. Semangka sudah dikenal oleh masyarakat secara luas. Dalam pembudidayaannya, semangka sering di budidayakan dengan memakai media tanah. Seiring jaman yang semakin maju dan berkembang, ketika ini teknologi di bidang pertanian sudah sanggup menanam semangka tanpa memakai tanah.


artikel terkait hidroponik: 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik, Baca Di Sini


Budidaya tumbuhan semangka sanggup dilakukan memakai hidroponik. Cara menanam dengan hidroponik tidak memakai media tanam berupa tanah melainkan air serta beberapa media penunjang menyerupai rockwool, kerikil, pecahan kerikil bata, hidroton, sekam bakar, sabut kelapa dan sebagainya. Dengan adanya petunjuk cara menanam dengan hidroponik pada semangka, petani lebih dimudahkan dalam melaksanakan pemeliharaan, perawatan serta pengendalian hama dan penyakit.


Apabila para petani maupun masyarakat secara umum belum begitu mengerti cara menanam dengan hidroponik, perhatikan ulasan cara membuat hidroponik pada tumbuhan semangka berikut ini.


Pemilihan bibit


Langkah pertama cara menanam dengan hidroponik pada tumbuhan semangka yang harus dilakukan ialah menentukan bibit yang berkualitas. Anda sanggup membelinya ditoko–toko pertanian terdekat. Ciri-ciri benih yang berkualitas diantaranya sebagai berikut:



  • Permukaan licin

  • Mengkilap berwarna kehitaman

  • Utuh (tidak cacat)

  • Bebas penyakit dan hama


Supaya terbebas dari hama dan jamur sebaiknya benih direndam dalam larutan air yang dicampur dengan fungisida selama 24 jam sebelum di tanam. Perendaman sanggup juga dilakukan lebih usang namun jangan terlalu lama.


 Tanaman semangka merupakan tumbuhan buah buahan yang sudah sangat terkenal di beberapa nega Cara Menanam Dengan Hidroponik Pada Tanaman Semangka
Penyemaian bibit semangka – cara menanam dengan hidroponik

Persiapan media tanam


Hal-hal yang perlu disiapkan dalam cara menanam dengan hidroponik adalah persiapan alat dan materi yang akan di gunakan. Alat dan materi yang perlu disiapkan dalam cara menciptakan hidroponik diantaranya yaitu:



  • Pipa paralon

  • Timer

  • Torn tampungan air

  • Talang air

  • Gabus atau busa

  • Mesin pompa akuarium


Setelah semua materi dan alat sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya dalam cara menanam dengan hidroponik adalah melaksanakan penyemaian. Penyemaian dilakukan dengan memakai benih yang sudah direndam pada larutan fungisida. Adapun langkah-langkah dalam melaksanakan penyemaian ialah sebagai berikut.



  • Langkah pertama ialah mempersiapkan media penyemaian. Media yang dipakai sanggup berupa kertas kartun atau juga sanggup memakai media kapas ataupun gabus yang dibasahi terlebih dahulu.

  • Langkah selanjutnya cara menanam dengan hidroponik, lakukan perendaman bibit dengan memakai larutan fungisida atau Anda juga sanggup memakai larutan antonik selama 2-4 jam.

  • Selanjutnya lakukan penyemaian. Penyemaian dilakukan dengan memakai media tanah didalam polibag atau pot. Lakukan pemeliharaan selama beberapa hari hingga benih berkecambah dan berakar kecil.

  • Jika sudah tumbuh akar dan daun, sebaiknya segera lakukan pemindahan atau pindah tanam. Pindah tanam kali ini belum sanggup pribadi ke media hidroponik, namun pindah tanam dilakukan dengan memakai sumbangan debu dari sekam yang di bakar. Hal ini bertujuan semoga pertumbuhan tumbuhan sanggup semakin cepat. Lakukan pemeliharaan hingga bibit semangka ini mempunyai akar yang lebat dan benih mulai tumbuh besar.

  • Lakukan pemupukan serta pemberian larutan nutrisi pada bibit tumbuhan semangka selama 1 – 2 minggu. Setelah itu barulah sanggup dilakukan pemindahan pada media tanam hidroponik.


Penanaman tanaman


Penanam harus dilakukan secara hati-hati, jangan hingga merusak cuilan tumbuhan terutama perakaran tanaman. Sebab, tumbuhan semangka lebih rentan terhadap sentuhan yang keras atau dengan kata lain tumbuhan semangka lebih sensitif terhadap sentuhan. Adapun langkah-langkah cara menanam dengan hidroponik semangka yang harus dilakukan ialah sebagai berikut:



  • Apabila tumbuhan sudah berdaun 3-4 helai dan mempunyai akar yang banyak, lakukan pemindahan pribadi ke media hidroponik.

  • Ketika melaksanakan penanaman, sebaiknya lakukan dengan mengaliri perakaran tumbuhan secara otomatis dengan timer. Waktu pengaliran nutrisi ini sebaiknya dilakukan secara teratur.

  • Pembuatan hidroponik untuk tumbuhan semangka ini sanggup memakai pipa paralon, cara menciptakan hidroponik ini yaitu dengan cara melubangi paralon dengan diameter 3-5 cm. Selanjutnya menutup cuilan ujung paralon sebelah kiri atau sebelah kanan saja. Kemudian dialiri dengan memakai larutan nutrisi hidroponik atau juga sanggup memakai pupuk cair.

  • Gunakan media berupa pot yang tidak berlubang, debu sekam dan pompa akuarium. Penggunaan pompa akuarium bertujuan semoga media air ini sanggup berjalan lancar.

  • Setelah semua cara menanam dengan hidroponik dilakukan, Anda hanya tinggal melaksanakan pemeliharaan dengan baik dan teratur.


Pemeliharaan tanaman


Pemeliharaan tumbuhan pada media tumbuhan hidroponik khususnya pada tumbuhan semangka termasuk cukup mudah. Anda cukup melaksanakan pengecekan secara terpola untuk menjaga larutan nutrisi tetap steril dari gangguan hama dan penyakit. Karena media penanaman semangka memakai media pelengkap maka Anda harus melaksanakan penyiangan jikalau terdapat gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan semangkan.


Lakukan pemupukan susulan untuk menjaga kestabilan pertumbuhan tanaman. Pemupukan sanggup dilakukan memakai pupuk cair yang berupa pupuk kompos cair, urea cair dan pupuk lainnya yang sanggup di cairkan dan sanggup diubahsuaikan dengan takaran atau takaran yang diperlukan.


 Tanaman semangka merupakan tumbuhan buah buahan yang sudah sangat terkenal di beberapa nega Cara Menanam Dengan Hidroponik Pada Tanaman Semangka
Perawatan tumbuhan semangka – cara menanam dengan hidroponik

Pemanenan tanaman


Panen pada tumbuhan semangka umumnya sanggup dilakukan pada ketika tumbuhan berusia 2-3 bulan sehabis tanam. Panen dilakukan secara pribadi dengan memetik buah atau memotong tangkai pada buah semangka. Buah dikatakan layak panen apabila tangkai buah sudah menguning, buah sudah mengembang dan membesar serta kembung apabila Anda ketuk.


artikel hidroponik lainnya: Wow, Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 40 Juta/bulan


sumber gambar: sistemhidroponik, mediatanamhidroponik




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Dengan Hidroponik Pada Tanaman Semangka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel