iklan

Panduan Cara Budidaya Pepaya Semoga Hasil Berlimpah

Cara Menanam Pepaya – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, pada kesempatan kali kami akan membahas proses budidaya dari awal penanam pepaya hingga proses panen.


Pepaya yaitu tananam yang berasal dari amerika bab selatan dan timur serta bab dari tumbuhan ini yang sanggup dikonsumsi yaitu buah dan daunnya. Buah pepaya mempunyai rasa yang manis dan segar, oleh alasannya yaitu itu banyak orang indonesia yang menyukai rasa buah ini.


Jika anda berniat melaksanakan budidaya pepaya, namun masih gundah cara menanam pepaya dengan benar dalam kesempatan kali ini kami akan membahas proses menanam pepaya dari proses pemilihan lahan, pemilihan bibit, proses perawatan hingga proses panen dibawah ini.


pada kesempatan kali kami akan membahas proses budidaya dari awal penanam pepaya hingga pr Panduan Cara Budidaya Pepaya Agar Hasil Berlimpah
Cara Menanam Pepaya

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Pepaya 


Sebelum kami membahas cara menanam pepaya, ada baiknya anda mengetahui syarat atau faktor pendorong tumbuh tumbuhan pepaya berikut ini.


1. Iklim


Tanaman pepaya sanggup tumbuh dengan baik pada tempat yang mempunyai curah hujan 1.000-2000 mm/tahun, kemudian pilih lokasi penanaman pisang yang mempunyai suhu 22-26 derajat C, selanjutnya angin jangan pernah menentukan lokasi yang berangin kencang pilih lokasi yang berangin sedang alasannya yaitu tiupan angin mempunyai kegunaan untuk proses penyerbukan dan yang terakhir yaitu kelemban tempat mencapai 40%.


2. Tanah atau media tanam


Pepaya sangat menyukai tanah yang kaya akan humus dan subur selain itu tumbuhan ini juga menyukai tanah yang gembur dan sanggup menahan fatwa air. Pilih tanah yang mengandung keasaman atau pH 6-7.


3. Ketinggian tempat


Tanaman sanggup ditanam pada tempat dataran rendah maupun dataran tinggi, ketinggian lokasi yang ideal untuk budidaya pepaya mencapai 700-1000 dpl.


Panduan Cara Menanam Pepaya 


Diatas tadi yaitu syarat-syarat tumbuh tumbuhan pepaya, selanjutnya kami akan membahas tahap-tahap penanaman pepaya yang akan dijelaskan dibawah ini:


1. Proses pemilihan bibit pepaya


Tahap pertama dalam cara menanam pepaya yaitu proses pemilihan bibit pepaya unggulan, alasannya yaitu proses ini yang akan menentukan hasil panen anda kedepan.


Pemilihan bibit pepaya sebetulnya tidaklah sulit, alasannya yaitu anda sanggup membeli bibit pepaya ditoko tani dan sanggup menciptakan bibit pepaya sendiri. Kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan cara menciptakan bibit pepaya sendiri dibawah ini.


Cara menciptakan bibit pepaya sendiri 



  • Langkah pertama pilih buah untuk indukan bibit, ciri buah yang baik untuk indukan yaitu sudah masak, ukuran besar dan rasa buah manis.

  • Setelah anda menemukan calon indukan bibit, langkah berikutnya ambil biji didalam buah ( ingat hanya diambil sebagian dari buntut buah hingga bab tengah, alasannya yaitu biji bab pangkal buah berjenis kelamin betina)

  • Setelah biji didapat, jemur semua biji dibawah sinar matahari eksklusif dan anda sanggup menambahkan bubuk gosok biar kadar air berkurang

  • Langkah terakhir rendam bibit pepaya yang sudah kering dengan air hangat. Tujuannya biar bibit cepat tumbuh kecambah.


2. Proses penyemaian bibit pepaya


Tahap kedua dalam cara menanam pepaya yaitu proses penyemaian bibit pepaya, aktivitas ini dilakukan biar bibit pepaya sanggup tumbuh dengan maksimal, gampang mengikuti keadaan dan gampang dalam proses pengontrolan. Jika anda tidak tahu bagaimana cara penyemaian bibit pepaya dengan benar, kami akan menjelaskannya dibawah ini.


Cara penyemaian bibit pepaya 



  • Pada tahap sebelumnya bibit sudah mengalami perendaman dengan air hangat, selanjutnya anda pilih buat bibit yang mengapung alasan alasannya yaitu bibit yang mengapung mengalami kesalahan dalam pertumbuhan atau tidak bagus

  • Setelah itu tunggu hingga 24 jam, tunggu juga hingga bibit mulai tumbuh kecambah

  • Sambil menunggu proses diatas, anda sanggup menyiapakan tempat semai dan media semai. Tampat semai yang sanggup anda gunakan yaitu polybag, alasannya yaitu lebih gampang dalam proses penanam kelahan nanti. Selanjutnya media tanan, anda sanggup memakai media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar kering dengan perbandingan 3:1.

  • Setelah bibit diremdam selama 24 jam maka bibit akan mulai tumbuh kecambah, tahap selanjutnya yaitu proses penanam bibit pepaya kedalam polybag yang sudah diisi media tanam tadi.

  • Setelah itu siram dengan air secukupnya dan tunggu hingga bibit tumbuh.


3. Proses pengolahan lahan tanam


Cara menanam pepaya selanjutnya yaitu proses pengolahan lahan tanam, sebelum melaksanakan tahap ini anda pastikan dulu apakah lokasi penanam sudah memenuhi semua persyaratan baik itu iklim, tanah atau media tanam dan ketinggi tempat. Setelah semua anda pastikan cocok maka kami akan membahas proses pengolahan lahan tanam pepaya dibawah ini.


Cara pengolahan lahan tanam 



  • Pertama siapkan beberapa alat dan materi yang akan dipakai untuk mengolah lahan tanam pepaya ibarat cangkul, sabit, pupuk kandang, kapur, tanah hitam(tanah bekas bakaran)

  • Jika semua alat dan materi siap, anda harus bersihkan lahan tanam dari semua hama pengganggu baik itu rumput, tumbuhan liar, bahkan sisa pertanian sebelumnya.

  • Setelah itu bajak tanah memakai cangkul dengan kedalam 40 cm anda juga sanggup menambahkan pupuk sangkar biar tanah kaya akan unsur hara, kemudian pastikan cek kadar keasaman tanah (pH) jikalau dibawah 5 sanggup anda lakukan proses pengapuran dan biarkan selama 2 minggu.

  • Tahap berikutnya yaitu pembuatan bedengan, buatlah bedengan dengan lebar 250 cm, tinggi 50 cm dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. Selain itu jaga lupa untuk menciptakan drainase disekitar bedengan biar dikala hujan air tidak menggenangi bedengan.

  • Terakhir yaitu pembuat lubang untuk menanam bibit yang diambil dari tempat semai, buatlah lubang dengan ukuran 50X50X50 cm dan jarak antar lubang 60 cm.


4. Proses penanaman pepaya


Tahap selanjutnya yaitu proses penanaman pepaya, pada tahap ini anda harus sudah melaksanakan proses pemilihan bibit, proses penyemaian bibit dan proses pengolahan lahan tanam. Setelah ketiga tahap diatas selesai anda gres sanggup melaksanakan proses penanaman, sebetulnya proses penanam itu mudah, namun harus dilakukan secara teliti dan hati-hati biar calon tumbuhan pepaya tidak rusak.


Cara menanam pepaya, ambil bibit dari tempat semaian pilih tumbuhan yang sudah mempunyai 2-3 helai daun. Lalu buka polybag yang membungkus akar tumbuhan tujuannya biar akar sanggup berkembang dengan optimal, selanjutnya masukan kedalam lubang yang sudah anda buat sebelumnya dan tutup memakai tanah hitam, tanah biasa dan pupuk sangkar yang sudah dicampur kemudian siram dengan air secukupnya.


5. Proses perawatan pepaya


Cara menanam pepaya berikutnya yaitu proses perawatan, meskipun tumbuhan pepaya tetap sanggup berbah walaupun tidak mengalami proses perawatan namun kualitas buah yang dihasilkan tidak bagus. Oleh alasannya yaitu itu kami disini akan menjelaskan beberapa cara perawatan pepaya dibawah ini biar pepaya sanggup menghasilkan buah berkualitas.


Cara perawatan pepaya 



  • Penyulaman


Penyulaman yaitu proses mengganti tumbuhan yang mati dengan tumbuhan yang baru, namun penyulaman hanya sanggup dilakukan pada tumbuhan yang berusia kurang dari 1 ahad saja alasannya yaitu jikalau penyulaman dilakukan lebih dari satu ahad tidak sanggup tumbuh bareng.



  • Penyiraman


Cara perawatan tumbuhan yang kedua yaitu penyiraman, bagi tumbuhan yang ditanam pada isu terkini kemarau aktivitas penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi dan sore sedangkan untuk tumbuhan yang ditanaman pada isu terkini penghujan aktivitas penyiraman hanya dilakukan sekali saja dipagi hari.



  • Penyiangan


Cara perawatan ketiga yaitu penyiangan, aktivitas ini bertujuan membersihkan lahan tanam pepaya dari hama pengganggu baik itu rumput liar dan sejenisnya.



  • Pemupukan susulan


Tanama pepaya membutuhkan banyak unsur hara dari tanah, oleh alasannya yaitu itu aktivitas pemupukan susulan sangat penting dalam pemenuhan materi pangan pepaya. Kegiatan pepumukan dilakukan pada tumbuhan berumur 1 mingg, kemudian berumur 1 bulan, selanjutnya berumur 3 bulan, berikutnya umur 6 bulan dan selanjutnya hingga masa panen.


6. Proses panen


Cara menanam pepaya terakhir yaitu proses panen, semua petani di indonesia maupun luar negeri sangat menanti nanti akan tiba proses panen ini alasannya yaitu mereka sanggup menjual hasil panen pepaya ke pasar maupun hanya dikonsumsi sendiri dirumah. Namun sebelum melaksanakan panen pastikan dulu buah benar benar siap diambil, ciri-ciri buah pepaya yang siap dipanen yaitu berumur 10-12 bulan, buah berwarna kuning.


Anda sanggup melaksanakan panen memakai songgo atau sanggup dipanjat langsung, tujuannya biar buah tidak jatuh ketahah dan rusak. Selanjutnya berikan alasan pada tempat pengumpulan pepaya dengan kertas atau kain biar buah pepaya tidak lecet.


Nah itu tadi yaitu Cara Menanam Pepaya, tunggu apalagi eksklusif praktekan saja cara dari kami dan eksklusif jadi pengusaha pepaya yang sukses. Sekian dari kami semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda semua, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Pisang Lengkap untuk Pemula



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Pepaya Semoga Hasil Berlimpah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel