iklan

Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step

Cara Menanam Melon – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses budidaya melon dari awal penanam sampai proses panen.


Melon yaitu tumbuhan atau buah yang masuk dalam keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae yang sanggup dinikmati eksklusif maupun diolah menjadi gabungan es. Banyak orang di indonesia atau dunia menyukai rasa buah melon yang anggun dan segar, oleh sebab itu kalau anda berniat melaksanakan budidaya melon sebagai ladang bisnis atau pun hanya sebagai materi konsumsi pribadi kami sangat mendukung.


Namun tahukah anda bagaimana cara menanam melon dengan benar? Nah dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tahap tahap menanam melon dari proses pemilihan lahan, pemilihan bibit, proses semai, proses perawatan dan proses panen dibawah ini.


 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses budidaya melon dari awal pena Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step
Panduan Cara Menanam Melon

Syarat-syarat tumbuh tumbuhan melon


Sebelum masuk kedalam cara menanam melon kami akan membahas sedikit syarat atau faktor pendorong tumbuh tumbuhan melon berikut ini:


1. Iklim


Pilih lokasi yang mempunyai udara sejuk serta kering (25-30 derajat C ) sebab tumbuhan melon tidak sanggup tumbuh dengan baik bila lokasi bersuhu dibawah 18 derajat C, kemudian pilih lokasi yang mempunyai udara sedang sebab kalau lokasi yang anda pilih anginnya keras sanggup merusak tumbuhan melon, selanjutnya pilih lokasi yang mempunyai kelembaban udara sedang sebab kalau lokasi yang pilih mempunyai kelembaban udara tinggi akan menciptakan tumbuhan melon lebih gampang terjangkit penyakit.


2. Tanah atau media tanam


Pilih tanah yang liat serta berpasir sebab jenis tanah itu banyak mengandung zat hara sehingga pertumbuhan akar melon berlangsung cepat dan tumbuhan menlon tidak menyukai tanah yang basah, kemudian pilih tanah yang ber PH 5,8 – 7,2, selanjutnya ketersedia air sebab tumbuhan melon sangat memerlukan air dalam proses pelarutan zat makan dari tanah.


3. Lokasi penanaman atau ketinggian lokasi


Tanaman akan tumbuh dengan baik atau optimal pada tempat yang mempunyai ketinggian 300-900 dpl, kalau lokasi yang anda pilih kurang atau lebih dari kisaran itu maka tumbuhan melon tidak sanggup tumbuh dan berbuah secara optimal.


Panduan Cara Menanam Melon Step by Step


Baiklah diatas tadi yaitu syarat-syarat tumbuhnya tumbuhan melon, sehabis anda memahaminya kami akan melanjutkan ke tahap- tahap penanam melon yang akan dijelaskan dibawah ini:


1. Pemilihan bibit melon


Pada tahap pertama dalam cara menanam melon yaitu pemilihan bibit, sebab dengan menanam bibit melon unggulan hasil yang akan dihasilkan tentu melon unggulan juga. Namun tahukah anda ada cara  menentukan bibit melon baik dengan bibit melon yang tidak baik, kami akan jelaskan dibawah ini.


Cara menentukan bibit melon 



  • Pilihlah bibit yang akan anda tanaman

  • Sebelum melaksanakan penanaman rendah terlebih dulu bibit melon dengan air atonik untuk memastikan baik atau tidaknya

  • Setelah itu tunggu sampai 2 jam, kemudian anda perhatikan kalau ada bibit yang mengapung makan bibit tersebut tidak baik tapi kalau karam semua maka bibit tersebut baik

  • Setelah itu pilih bibit melon yang karam dan keringkan biar tidak berjamur


Jika anda sudah paham mengenai cara menentukan bibit diatas, kami akan menawarkan sedikit isu mengenai jenis bibit melon unggulan mencakup bibit orange meta, sunrise meta, mai 119, sky rocket.


2. Proses penyemaian bibit


Cara menanam melon selanjutnya yaitu proses penyemaian, tujuan dari penyemaian yaitu biar tumbuhan lebih gampang beradaptasi, tumbuh tumbuhan lebih maksimal, proses pengontrolan dan perawatan calon tumbuhan lebih mudah. Jika anda masih binggung cara penyamaian bibit melon, kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkah penyemain bibit melon.


Langkah-langkah penyemaian bibit melon 



  • Pilih tempat semai, sanggup memakai polybag atau pot

  • Setelah itu siapkan media tumbuhan berupa tanah humus dan pupuk sangkar kering

  • Lalu campur dengan rata tanah dan pupuk sangkar kering dengan perbandingan 3:1 memakai cangkul

  • Langkah berikutnya masukan media tumbuhan kedalam tempat semain pastikan jangan terlalu penuh

  • Selanjutnya taburkan bibit melon dan tutup memakai tanah dengan tipis

  • Lalu siram dengan air setiap biar proses pertumbuhan kecambahnya lebih cepat

  • Biasanya bibit melon yang baik dan proses penyemaian dilakukan dengan benar, bibit akan tunggu selama 2 ahad semenjak awak penanaman.


3. Pengolahan lahan tanam


Pengolahan lahan yaitu tahap ketiga dari cara menanam melon, sebelum melaksanakan pengolahan lahan hal yang perlu anda perhatikan yaitu iklim, tanah dan ketinggian lokasi sebab ketiga hal tersebut yang bakal mempengaruhi tumbuh tumbuhan melon. Setelah 3 hal penting itu terpenuhi, eksklusif saja kami akan membahasa cara pengolahan lahan tumbuhan melon berikut ini.


Cara pengolahan lahan tanam 



  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat dan materi berupa cangkul, sabit dan pupuk sangkar kering

  • Lalu bersihkan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput, sisa tumbuhan yang tidak mempunyai kegunaan mengunakan cangkul dan sabit

  • Setelah lahan bersih, mulailah proses pembajakan atau penggemburan tanah memakai cangkul dengan kedalam 40 cm. Pada langkah ini anda sanggup menambahkan pupuk sangkar kering biar lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.

  • Jika lahan mempunyai ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda sanggup melaksanakan pengapuran terlebih dulu dan sehabis kapur ditaburkan biarkan selama 1-2 minggu

  • Langkah selanjutnya buat bedengan dengan lebar 130 cm, tinggi bedangan 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. Seteleh itu buat drainase disekitar bedengan dengan jarak 40 cm kemudian buat juga lubang penanam melon di bedengan dengan jarak antar lubang 30-40 cm.

  • Setelah itu anda sanggup menutup bedengan memakai plastik dan biarkan selama 1-2 ahad atau sanggup sambil menunggu bibit disiap ditanam dari tempat semai.


 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses budidaya melon dari awal pena Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step
Lahan Tanam Melon

4. Proses penanam melon


Cara menanam melon selanjutnya yaitu proses pemindahan tumbuhan melon dari tempat semai ketempat lahan tanam. Namun sebelum itu niscaya tumbuhan sudah berumur 2 minggu, sudah mempunyai daun 2-3 helai, kalau semua sudah terpenuhi anda sanggup eksklusif melaksanakan proses penanam melon (dilakukan pada pagi hari).


Cara menanam melon, ambil tumbuhan melon dari tempat semai bersama tempat semainya baik itu pot ataupun polybag.  Jika anda memakai polybag sanggup eksklusif memasukkan tumbuhan melon kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya namun polybag harus dilepas biar akar tumbuhan melon berkembang dengan baik. Jika anda memakai pot maka keluarkan dulu tumbuhan bersama media tanam semai dilkaukan dengan hati hati biar calon tumbuhan tidak rusak, sehabis keluar masuk kedalam lubang yang disiapkan sebelumnya.


Setelah selesai tutup kembali lubang memakai tanah dan sanggup ditambah pupuk sangkar kering. Lalu siram memakai air secukupnya.


5. Perawatan tumbuhan melon


Tahap penting berikutnya yaitu proses perawatan, walaupun bergotong-royong tumbuhan melon tetap sanggup tumbuh dan berbuah kalau tidak mengalami perawatan.


 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses budidaya melon dari awal pena Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step
Perawatan Tanaman Melon – Cara Menanam Melon

Kualitas buah tumbuhan yang dirawat dan tumbuhan melon yang tidak dirawat tentu beda, oleh sebab itu kami sangat menganjurkan kepada anda untuk melaksanakan proses perawatan melon menyerupai dibawah ini.




  • Penyulaman




Proses penyulaman yaitu menggantikan tumbuhan melon yang mati dengan tumbuhan melon yang baru, penyulama dilakukan pada tumbuhan melon yang berumur 1 minggu. Jika mengganti tumbuhan yang berumur lebih dari 1 ahad takutnya masa pertumbuhannya akan berbeda.




  • Penyiangan




Proses penyiangan yaitu pencucian lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput dan tumbuhan liar lainnya. Kegiatan ini sanggup dilakukan dengan tangan kosong dan sanggup memakai sekop, penyiangan dilakukan pada tumbuhan yang berumur 3-6 minggu.




  • Pemasangan ajir




Pemasangan ajir yaitu sumbangan tompangan untuk tumbuhan melon memakai bambu atau kayu tujuannya biar buah tidak bersentuhan dengan permukaan tanah. Pemasangan ajir dilakukan sebelum tumbuhan tumbuh besar.




  • Pemupukan




Pemupukan susulan diberikan pada tumbuhan yang berumur 1 minggu, pupuk yang dianjurkan berbentuk cair. Jika anda memakai pupuk kimia, maka proses pumupukan dilakukan sebanyak 6 kali.


6. Proses panen


Cara menanam melon yang terakhir yaitu proses panen, setiap petani selalu menunggu yang namanya panen sebab mereka sanggup menikmati buah melon yang susah-susah ditanam selama kurang lebih 3 bulan.


Buah melon yang siap panen biasanya berumur 3 bulan semenjak awal penanaman, kemudian serat jala dipermukaan kasar, kulit berwarna hijau kekuning-kuninga serta sudah mengeluarkan aroma wangi.


Proses pemetikan buah melon sanggup memakai gunting atau pisau, yang perlu anda ingat yaitu potong tangkai yang mengarah pada daun bukan tangkai yang mengarah pada buah.


Nah itu yaitu Cara Menanam Melon, jadi bagi anda yang galau mengenai tahap-tahap menanam melon sanggup mengikuti cara dari kami, sebelumnya kami mengucapkan terimakasih sudah mau mengunjungi artikel ini semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Pepaya Agar Hasil Berlimpah



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel