iklan

17+Makanan Khas Jawa Barat Yang Menggoyang Lidah

Makanan Khas Jawa Barat – Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri. Baik dari segi adat, bahasa, budaya, tata letak kota sampai kuliner khasnya. Begitu pula dengan Provinsi Jawa Barat, selain terkenal dengan budbahasa dan budayanya. Jawa Barat juga menjadi salah satu sentra masakan Indonesia.


Terutama Kota Bandung, Ibukota Jawa Barat yang menjadi sentra perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya. Selain objek wisatanya yang menarik, masyarakat di sana juga sangat kreatifitas sehingga terus muncul olahan masakan baru.


Apabila kau sedang berwisata atau berada di Jawa Barat. Bolehlah sekedar menyicipi masakan khasnya. Ada banyak Makanan khas Jawa Barat yang sanggup kau coba menyerupai yang terangkum di dalam artikel ini, mulai dari yang rasanya pedas, asin dan manis.



Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Pedas.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Pixabay.com


Setiap orang mempunyai seleranya masing-masing dalam menentukan makanan. Ada yang suka pedas, asin, anggun bahkan semuanya. Karena pengecap kita diciptakan adanya perasa oleh yang Maha Kuasa supaya sanggup merasakan nikmat yang telah diberikannya. Maka dari itu jangan lupa untuk bersyukur kepada-Nya. Berikut ini kuliner khas Jawa Barat yang pedas:


Lotek.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

magazine job-like.com


Lotek merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang menyerupai dengan kuliner yang banyak diketahui dengan nama gado-gado. Bahan dan cara membuatnya pun sama. Terbuat dari sayur-mayur segar menyerupai timun, kol, kacang panjang, toge, yang dikukus terlebih dahulu. Tetapi bedanya dengan gado-gado ialah penyajian lotek tidak disertai lontong.


Kemudian dipotong kecil-kecil kemudian disirami dengan bumbu kacang yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah penyedap rasa menyerupai kencur, terasi, asam muda atau asam jawa dan cabe. Bumbu kacang tersebutlah yang menjadikan kuliner ini enak dan rasa pedasnya yang bikin kau ketagihan.


Buat kau yang tidak suka pedas juga sanggup merasakan kuliner lotek ini dengan tidak menaruh cabai pada proses pembuatan bumbu kacang. Namun kuliner khas Jawa Barat yang satu ini lebih enak bila disajikan dengan rasa pedas.


Karedok.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

ragam masakan.com


Karedok, kurang lebih dari segi penyajian dan bahannya sama menyerupai lotek. Namun bedanya ialah karedok memakai sayuran mentah yang diiris menjadi kecil dan disirami dengan bumbu kacang yang sudah diolah (cara pengolahan sama menyerupai bumbu kacang lotek).


Walau memakai sayuran mentah tetapi karedok rasanya tetap enak sebab siraman bumbu kacang dan topping berupa kerupuk. Apalagi bila dihidangkan pada siang hari dengan teriknya matahari dan disantap rame-rame bersama keluarga tercinta atau teman.


Rujak Kangkung.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

buka review-bukalapak.com


Apa yang kau pikirkan bila mendengar nama kangkung? niscaya terbesit bahwa kangkung adalah  kuliner yang diolah dengan cara ditumis. Tahukah kamu? ternyata kangkung juga di dalam kuliner khas Jawa Barat dijadikan sebuah menu yang yang mempunyai rasa asam pedas.


Rasa tersebut berasal dari bahan-bahan perhiasan menyerupai cabe, terasi, garam, gula merah, bawang putih dan asam. Diolah menjadi satu dengan cara diulek kemudian sesudah halus dicampurkan dengan kangkung yang sudah direbus atau dikukus sebelumnya.


Makanan ini berasal dari Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Namun kau sanggup membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sudah dijelaskan di atas. Akan terasa lebih enak bila  menyantapnya bersama nasi putih hangat dan krupuk disertai dengan teh anggun hangat.


Seblak.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

wikipedia.com


Seblak merupakan kuliner khas yang berasal dari Ibukota Jawa Barat yaitu Kota Bandung. Namun kini kau sanggup menemukannya hampir di setiap daerah.


Seblak disajikan dengan berbahan utama krupuk yang direbus terlebih dahulu kemudian ditumis bersama sayuran menyerupai sawi putih, sawi hijau dan kol serta ditambah dengan bumbu yang menjadikannya terasa pedas dan lezat.


Kamu sanggup menambahkan atau mengurangi rasa pedasnya sesuai dengan selera masing-masing.


Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya teknologi canggih. Ternyata masyarakat juga semakin kreatif dalam menyajikan kuliner khas yang satu ini. Dengan menambahkan varian gres yang semulanya hanya krupuk dicampur dengan sayuran. Kini menjadi banyak pilihan menyerupai seblak ceker, seblak mie, seblak bakso, seblak sosis dan seblak Istimewa yang semua materi dijadikan satu.


Kamu hanya tinggal memilihnya saja. Semua variasi dijamin enak dan bikin kau ketagihan untuk mencobanya lagi.


Tahu Gejrot.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

widhiaanugrah.com


Siapa yang sudah kenal dengan kuliner yang satu ini? tahu gejrot merupakan cemilan khas Jawa Barat yang berasal dari Kota Cirebon. Cemilan yang satu ini berbahan dasar tahu goreng  disajikan dengan cara dipotong menjadi kecil-kecil kemudian dicampur dengan kuah yang bervarian rasa mulai dari rasa asin, pedas, anggun dan asam.


Rasa tersebut berasal dari gabungan bahan-bahan menyerupai kecap, asam jawa, gula pasir yang direbus terlebih dahulu dan diambil sarinya untuk dijadikan kuah. Kemudian dicampur dengan garam, gula merah, cabe, bawang putih, bawang merah yang ditubuk halus.


Sangat cocok disantap pada ketika teriknya matahari.


Batagor.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

InfoBandung.com


Siapa sih yang tidak kenal dengan nama ini? sebuah cemilan yang sering kita jumpai di pinggir jalan atau di tempat yang ramai menyerupai pasar malam, mall, taman kota dan lain-lain. Karena kuliner ini dijual dengan harga relatif murah dan juga tentunya enak sehingga banyak orang yang meminatinya.


Apakah kau sudah tahu akronim dari nama batagor? dan terbuat dari apakah batagor itu?


Mari kita simak, nama batagor ternyata akronim dari bakso tahu goreng. Sesuai dengan namanya kuliner ini memang terbuat dari bakso berbahan dasar tepung dan rempah-rempah penyedap rasa lainnya. Kemudian dimasukkan ke dalam tahu coklat yang berbentuk segitiga kemudian digoreng.


Disajikan dengan siraman bumbu kacang yang menciptakan kuliner ini enak dan pedas rasanya.


Toge Goreng.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Penabiru.com


Nama toge goreng mungkin masih terdengar abnormal di telinga. Ya, sebab kuliner ini termasuk salah satu kuliner tradisional suku sunda yang tidak familiar menyerupai cemilan batagor. Toge goreng hanya sanggup ditemukan di tempat Bogor Jawa Barat. Karena sudah tidak banyak orang yang menjual kuliner ini di tempat lain.


Dari namanya niscaya kau sudah tahu kuliner ini berasal dari apa? tentunya dari toge. Terus, apakah disajikan dengan cara digoreng? tentunya tidak, menyerupai yang kau ketahui ada namanya mie goreng namun disajikan dengan cara direbus. Sama halnya dengan toge goreng, cara penyajiannya dengan direbus memakai gabungan bumbu salah satunya ialah tauco.


Diberi nama toge goreng sebab kuliner ini direbusnya memakai wajan penggorengan.


Ada yang tahukah apa itu tauco? tauco ialah bumbu kuliner dari hasil fermentasi kacang kedelai yang direbus kemudian dihalus kemudian dicampur dengan tepung terigu.


Tauco itu lah yang menciptakan kuliner khas Bogor ini menjadi enak dan nikmat uintuk dihidangkan.. Apalagi bila disajikan dengan ditambah sambal yang pedas.


Tidak hanya toge saja yang disajikan melainkan dengan ditambah potongan tahu putih.


Sate Maranggi.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Sejarah Jagat.com


Di kalangan masyarakat Indonesia nama sate sudah sangat familiar. Namun apakah kau tahu dengan sate yang satu ini?


Sate maranggi merupakan salah satu kuliner khas tradisional Indonesia yang berasal dari Purwakarta Jawa Barat yang harus kau coba. Sate ini berbeda dari sate yang lainnya baik dari segi bahan, bumbu dan cara penyajiannya.


Sate maranggi berbahan utama daging sapi yang dibakar sama menyerupai sate pada umumnya. Namun yang menjadi beda dari sate yang lainnya ialah sebelum sate ini di masak, dagingnya direndam terlebih dahulu memakai bumbu yang terbuat dari paduan kecap anggun dan rempah-rempah lainnya menyerupai jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar dan diberi sedikit cuka.


Kemudian dihidangkan bersama nasi timbel, sambal oncom dan ketan bakar yang menciptakan sate ini bertambah lezat.


Siomay Bandung.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Info Bandung.com


Siomay Bandung, dilihat dari namanya niscaya sudah tidak abnormal lagi bukan? salah satu cemilan khas Bandung yang sangat gampang untuk didapatkan sebab sudah banyak yang menjualnya. Terbuat dari gabungan tepung terigu dengan tepung tapioka dan rempah-rempah lainnya, ditambah dengan daging ikan tenggiri kemudian dibuat menjadi lingkaran kemudian dikukus.


Bukan hanya itu saja, disajikan bersama potongan kentang, gulungan kol, pare, tahu dan telor yang sama-sama dikukus juga. Kemudian disirami dengan bumbu kacang yang kurang lebih sama cara pembuatannya menyerupai bumbu untuk batagor.


Apalagi bila ditambah dengan sambal dan saus yang sangat pedas.


Wah, tidak terbayang lagi betapa nikmatnya bukan?


Nama-Nama Makanan Khas Jawa Barat yang Manis.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

pixabay.com


Sebelumnya sudah membahas mengenai kuliner khas yang rasanya pedas. Nah, bagi kau yang tidak suka pedas namun mempunyai selera dengan kuliner yang rasanya manis. Cocok nih, dijadikan sebagai rujukan untuk wisata masakan ke Jawa Barat. Atau hanya ingin sekadar menambah pengetahuan saja.


Berikut ini kuliner khas Jawa Barat yang terlezat dan rasanya manis:


Peuyeum.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Uting Unying.com


Mungkin dari namanya saja sudah susah untuk disebutkan ya? bagi yang belum terbiasa dengan bahasa sunda. Sedikit klarifikasi mengenai cara baca dan penyebutnya supaya ketika kau hendak membeli atau menceritakan kepada orang lain tidak salah, hehehe…


Cara pembacaan nama peuyeum tidak sama dengan tulisnya, namun dieja menyerupai ini (p-e-y-e-m). Nama peuyeum diambil dari bahasa sunda yang artinya tape. Peuyeum berasal dari singkong yang difermantasi memakai ragi  Saccharomyces cerevisiae.


Cemilan ini sanggup ditemukan di sepanjang jalan Pantura Subang-Cikampek. Pada dasarnya peuyeum merupakan kuliner khas Cikampek. Mempunyai rasa anggun dan sanggup diolah menjadi banyak sekali variasi kuliner menyerupai peuyeum goreng, es peuyeum, colenak dan lain-lain.


Surabi Bandung.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Kabar Wisata


Ternyata surabi bukan hanya berupa kuliner khas Solo saja. Melainkan juga terdapat pada kuliner khas Jawa Barat, tepatnya kuliner ini berasal dari Kota Bandung sesuai dengan namanya. Bedanya dari surabi Solo, surabi Bandung mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebih tebal.


Bahan dari kuliner ini ialah air, tepung terigu, tepung beras, garam dan kelapa parut yang kemudian diaduk menjadi rata dan halus. Proses penyajiannya dengan cara dicetak memakai mangkuk kecil yang terbuat dari tanah liat kemudian disirami dengan gula merah cair yang tercampur dengan santan kelapa.


Yang menjadi khas dari kuliner ini berupa aromanya yang berasal dari arang sebagai materi bakar proses pencetakan.


Ada banyak varian rasa yang sanggup kau pilih dari kuliner surabi bandung diantaranya rasa original, coklat, keju, coklat keju, strawbery, bluebery, chocomaltine dan ada juga yang rasanya asin menyerupai rasa oncom, sosis, daging ayam, stik dan lainnya.


Colenak.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Resepkoki.id


Colenak, Nama tersebut mungkin masih terdengar abnormal bagi masyarakat diluar tempat Jawa Barat. Colenak merupakan jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari peuyeum yang dibakar dan disajikan dengan gula merah cair serta serutan kelapa. Makanan ini berasal dari kota Bandung yang ditemukan oleh Seorang yang berjulukan Aki Murdi pada tahun 1930.


Jadi, sanggup dibilang colenak termasuk ke dalam kuliner tradisional. Nama colenak berupa akronim kata dalam bahasa sunda yaitu dicocol enak. 


Dalam teknik pembakarannya, terdapat kandungan gula di dalam tape yang menjadikan kuliner ini gampang gosong. Hal tersebut yang menjadi ciri khas dari colenak.


Seiring berjalannya waktu, colenak menjadi bervariasi rasa menyerupai rasa durian dan nangka. Kamu sanggup merasakan jajanan ini di salah satu tempat yang berjulukan Colenak Murdi Putra berada di Jalan Ahmad Yani Bandung.


Tape Ketan.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

roomvi.blogspot.com


Tape ketan merupakan jajanan khas Sunda yang berasal dari Kuningan Jawa Barat. Bahan utama dari kuliner ini ialah ketan yang difermentasi dengan ragi. Pada proses fermentasi itulah yang mengeluarkan adanya glukosa sehingga tape ini berasa manis.


Tape ketan mempunyai variasi warna dari warna hijau, warna putih dan warna hitam. Hal yang unik dari tape ketan ialah cara pengemasannya memakai daun jati. Daun jati inilah yang menjadikan jajanan ini termasuk kuliner tradisional.


Ketika kau berkunjung ke tempat Kuningan jangan lupa untuk mampir dan membeli kuliner ini. Nah, sebaiknya jangan terlalu usang dalam menyimpannya sebab akan menjadikan alkohol yang menciptakan tape ketan tidak baik untuk dikonsumsi lagi.


Dodol Garut.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

penabiru.com


Siapa sih yang tidak kenal dengan dodol Garut? pastinya hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenalnya terutama yang berdomisili di tempat Pulau Jawa. Ya, dodol garut merupakan kuliner ringan khas Sunda yang berasal dari Garut Jawa Barat.


Dodol Garut sudah sangat terkenal sekali sehingga tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke tempat Garut untuk membeli dodol ini sebagai buah tangan yang akan dibawanya.


Selain tahan usang dan tampilannya yang mungil, dodol ini juga beraneka ragam jenis diantaranya dodol nangka, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol wijen, dodol kacang dan banyak dodol lainnya. Dodol Garut termasuk kuliner ringan yang rasanya anggun dan lezat.


Chocodot.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Penabiru.com


Chocodot, ketika kau pertama kali mendengar nama ini, mungkin pribadi terbesit bahwa kuliner ini bukan dari Indonesia. Ternyata chocodot merupakan salah satu kuliner ringan khas Garut yang masih satu keluarga dengan dodol Garut.


Nama chocodot berasal dari perpaduan bahasa Inggris dan Indonesia yang mempunyai arti coklat dodol pertama di dunia.


Chocodot sering disebut juga dengan dodol piknik yang merupakan dodol paling terkenal dan menjadi salah satu ikon Kota Garut.


Banyak masyarakat yang menyukai dodol ini sebab namanya yang menarik dan juga coklatnya terasa manis, legit serta lezat.


Misro.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Jajananlapakbalpus.blogspot.com


Misro merupakan jajanan tradisional khas Sunda yang menjadi salah satu kuliner favoritnya orang sunda. Jajanan ini sering sekali dihidangkan pada setiap program budbahasa suku Sunda ataupun program pernikahan.


Penamaan misro berasal dari bahasa sunda yaitu amis di jero yang artinya anggun di dalam sebab kuliner ini terbuat dari parutan singkong yang dibuat lingkaran kemudian digoreng dan belahan dalamnya diisi dengan gula merah.


Pada masa kini misro sudah banyak yang menjualnya hampir di setiap tempat di Indonesia. Jadi, bila kau ingin merasakan kuliner ini sudah sangat gampang sekali mendapatkannya.


Ubi Cilembu.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

pucima.blogspot.com


Ubi Cilembu merupakan ubi jalar lokal dari Kecamatan Pamulihan Sumedang Jawa Barat. Ubi ini sudah terkenal di kalangan masyarakat semenjak tahun 1990-an.


Ubi ini mempunyai keistimewaan dari umbi pada umumnya yaitu bila dioven akan mengeluarkan cairan lengket menyerupai madu yang menjadikan ubi ini terasa anggun dari ubi yang lainnya sebab kandungan gula yang sangat tinggi. umbi ini juga sering disebut dengan umbi madu.


Cara penyajiannya pun hanya sanggup dengan dibakar atau dioven saja, bila direbus akan hilang aroma madunya dan bila digoreng juga tidak sanggup sebab kandungan gulanya yang tinggi menjadikan ubi ini gampang gosong.


Mochi.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

bacaterus.net


Ada yang tahu kuliner dengan nama moci? untuk masyarakat Jawa Barat mungkin sudah sangat familiar. Ya, moci ini sebetulnya berawal dari kuliner khas Jepang yang berjulukan Mochitsuki. Kemudian dibuat juga di Indonesia tepatnya di tempat Sukabumi Jawa Barat yang dijual oleh para pengasong di beberapa titik persimpangan jalan di Kota Bogor.


Di Kota Bogor juga terdapat es cincau hijau yang sangat enak dan menyegarkan.


Kue Moci berbahan dasar adonan tepung yang belahan dalamnya diisi dengan adonan kacang. Berbentuk lingkaran dan ditaburi tepung sagu yang menjadikan ciri khas dari kudapan anggun ini. Jika digigit akan terasa kenyal dan manis.


Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat yang Asin.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Pixabay.com


Berikut ini ialah rekomendasi kuliner yang mempunyai rasa asin dan juga lezat.


Asinan Bogor.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Penabiru.com


Asinan Bogor merupakan kuliner khas Sunda dari Kota Bogor Jawa Barat. Terbuat dari buah-buahan yang diasinkan atau diacar dengan cara direndam memakai air garam. Asinan ini disajikan dengan kuah cuka yang masam, pedas dan manis.


Asinan Bogor mempunyai tiga variasi yaitu asinan buah-buahan, asinan sayuran dan asinan sayur-buah. Untuk sayuran yang dijadikan sebagai bahannya ialah kol dan toge. Sedangkan buah-buahan yang dijadikan sebagai materi kuliner ini ialah buah mangga muda, kedondong, bengkuang, pepaya, jambu air dan nanas.


Sega Jamblang.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Penabiru.com


Sega jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon berupa nasi dan lauk pauk yang disajikan dengan cara prasmana. Menu yang biasa disajikan diantaranya yaitu tahu sayur, sambal goreng, semur hati, semur ikan, telur dadar, ikan asin, tahu dan tempe.


Ciri khas dari kuliner ini dibungkus memakai daun jati yang dipercaya sanggup bertahan usang dan menjadikan nasi tetap pulen.


Penamaan pada sega jamblang konon berawal dari nama desa di sebelah barat kota Cirebon yaitu desa Jamblang, jadi nama kuliner ini bukan diambil dari nama pohon atau buah jamblang. Sedangkan sejarahnya kuliner ini sudah ada ketika penjajahan Belanda yang memerintahkan para pegawainya untuk menciptakan jalan raya Anyer-Panarukan.


Nasi Lengko.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

pimentious.com


Masih Seputar kuliner khas Cirebon, nasi lengko disajikan bersama dengan bahan-bahan non-hewani yang menciptakan kuliner ini terlihat sederhana tetapi mempunyai kandungan protein dan serat yang tinggi serta rendah kalori.


Bahan-bahan yang dipakai dalam penyajian diantaranya nasi putih, tempe goreng, mentimun mentah yang dicacah, tahu goreng, toge yang sudah direbus, daun kucai dipotong kecil-kecil, bawang goreng, bumbu kacang dan kecap. Bahan-bahan tersebut menciptakan kuliner ini terasa lezat.


Empal Gentong.


 Setiap tempat niscaya mempunyai keunikan sendiri 17+Makanan Khas Jawa Barat yang Menggoyang Lidah

Wacana.co


Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon yang menyerupai dengan gulai dimasak di dalam gentong yang terbuat dari tanah liat memakai kayu bakar. Makanan ini berbahan daging sapi, usus dan babat.


Selain memakai gentong, kuliner ini disajikan dengan daun kucai dan sambal berupa cabai kering. Di tambah dengan nasi yang hangat menjadikan lebih enak dan nikmat.


Nah, begitulah kira-kira teman-teman rangkuman mengenai kuliner khas Jawa Barat ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kau sobat.




Sumber https://mefahlan.com

0 Response to "17+Makanan Khas Jawa Barat Yang Menggoyang Lidah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel