iklan

6 Ukm Yang Banyak Ditemukan Di Kota ‘Tahu’ Kediri

Selama dua hari ini, Tim SolusiUkm berkunjung ke Kota Kediri. Apa yang kita lakukan di Kota Kediri? Ada agenda khusus yang dilakukan tim SolusiUkm di Kediri. Agenda ini tentunya ingin menjadi Solusi bagi UKM-UKM yang ada di kota Tahu ini. Salah satunya membantu para pengusaha UKM di kota Kediri biar bisa menciptakan laporan keuangan sederhana untuk UKM disana. Selain itu, kami juga sudah keliling Kediri, untuk melihat UKM yang banyak ditemukan di Kota milik Persikmania ini.


Setelah keliling di kota Kediri berjam-jam, tim SolusiUKM akan menyimpulkan beberapa UKM yang banyak kami temukan selama berada di kota Kediri. Tentunya ini cukup unik dan menjadi pujian bagi kota Kediri. Kalo kita pergi ke kota Tetangga, Malang disana akan ditemukan banyak UKM yang bergerak di bidang perkebunan dan pertanian ini, serta tak tertinggal UKM makanan cukup banyak di kota Malang.


Ekonomi di Kediri memang kental dengan industri rokok. Hal ini dikarenakan, perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Gudang Garam mempunyai pusat industrinya di kota Kediri. Sehingga sangat masuk akal jikalau kadang kota Kediri dikenal sebagai kota industri rokok sesudah Kudus.


Selain rokok, Kediri juga dikenal dengan industri gulanya yang cukup terkenal. Di Kediri mempunyai Pabrik Gula yang mempunyai sejarah bagi bangsa Indonesia, namanya Pabrik Gula Meritjan yang sudah ada semenjak 1809. Wah, sudah bau tanah yah. Sayang tim SolusiUkm tidak sempat untuk berkunjung ke pabrik Gula yang populer ini.


Usaha yang Banyak digeluti di Kediri


Batik


Jarang ada yang tahu, kalau Kediri itu mempunyai batik. Sepanjang kita jalan-jalan di Kota Kediri, kita melihat cukup banyak toko-toko batik disana, dan kami pun sempat masuk ke beberapa toko batik yang ada disana. Motif batik Kediri memang mempunyai perbedaan dengan batik-batik lainnya yang ada di Indonesia.


Ada beberapa motif batik khas yang ada di Kediri. Seperti motif batik pada tahu atau pisang, motif batik Gumul, yang terinspirasi dari Monumen Gumul yang ada di Kediri. Usaha batik masih menjadi primadona di Kediri. Cukup banyak pengusaha yang mencoba tetap melestarikan batik Kediri.


Sepatu


UKM selanjutnya yang cukup banyak ada di Kediri ialah sepatu. Bahkan industri sepatu menjadi industri unggulan bagi kota Kediri, bahkan banyak produk-produk sepatu asal Kediri yang sudah dijual hampir diseluruh Indonesia.


Kalo kita ke Bandung, dan ingin mencari sepatu kita pun kesannya ingin sekali tiba ke Cibaduyut. Kalo di Kediri kita juga bisa melihat-lihat dan membeli sepatu kulit yang cukup berkualitas loh. Harganya pun gak begitu mahal, tetapi kualitasnya pun cukup oke.


UKM sepatu menjadi perjuangan yang banyak digeluti di Kediri. Bahkan industri sepatu ini bisa mendongkrak perekonomian di Kediri. Sebagian besar industri sepatu berbasis UKM, bukan industri besar menyerupai gula dan rokok di Kediri.


Kuliner


Hampir semua kawasan niscaya mempunyai UKM makanan yang cukup banyak. Begitupun Kediri, yang mempunyai aneka macam macam makanan dan UKM makanan di Kediri menjadi salah satu perjuangan yang banyak digeluti sebagai UKM.


 Tim SolusiUkm berkunjung ke Kota Kediri 6 UKM yang banyak Ditemukan di Kota ‘Tahu’ Kediri


Seperti julukan kota ini, yang dikenal sebagai Kota tahu. Kita tak akan bahas mengapa dijulukin kota tahu. Tapi memang benar, di Kediri terdapat pabrik tahu yang sudah melegenda, nama tahu tersebut yakni tahu Poo. Selain tahu Poo terdapat tahu yang bisa Anda jadikan buah tangan yakni tahu takwa, tidak mengecewakan ni kalo Anda bisa mengakibatkan jasa titip buat rekan-rekan yang ingin membeli tahu tersebut.


Tim SolusiUKM pun berencana akan membawa tahu Takwa dan tahu Poo ke Jakarta sebagai oleh-oleh. Apakah Anda mau nitip?


Senapan Angin


Tak disangka, Kediri juga menjadi kota ‘senapan angin’ sebab di Kediri, Anda bisa menemukan cukup banyak perjuangan yang berjualan senapan angin. Dan senapan angin menjadi produk unggulan di Kediri. Industri senapan angin ini ternyata cukup banyak ditemukan di kawasan Pare, Kediri.


Ternyata Pare tidak hanya populer dengan kampung Inggrisnya saja, tetapi Pare juga dikenal sebagai pusat industri senapan angin. Anda kalo mau beli bisa tiba eksklusif ke Kampung Pare yah guys. Modelnya pun kekinian banget. Industri senapan angin menjadi salah satu UKM yang ditemui oleh tim SolusiUKM disana.


Kerajinan Tangan


Salah satu industri kerajinan berbasis UKM yang cukup banyak ditemukan di Kediri, yakni kerajinan tangan. Industri ini pun sudah banyak digeluti oleh masyarakat Kediri. Seperti UKM tenun ikat, UKM pusat sulak bulu (kemoceng) industri kerajinan yang tim SolusiUKM temukan di kecamatan Pesantren, Kediri.


Masih banyak pusat kerajinan tangan yang sanggup kita temui di Kediri, menyerupai anyaman dari bambu, pusat kerajinan beling hias, dan batik tulis. Semua itu menjadi pusat kerajinan tangan UKM yang cukup banyak ditemukan oleh tim SolusiUKM.


Pendidikan


Di dunia pendidikan di Indonesia, Kediri mempunyai satu kampung yang khusus untuk mencar ilmu bahasa Inggris. Nama kampung tersebut yakni Kampung Pare atau yang lebih dikenal dengan Kampung Inggris. Sudah semenjak usang Pare menjadi pusat mencar ilmu bahasa Inggris di Indonesia.


Banyak pelajar, mahasiswa, maupun pegawai yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya di kampung Pare ini. Ini merupakan industri pendidikan berbasis UKM di Kediri yang cukup banyak digeluti masyarakat Kediri. Ketika Anda masuk ke Kampung Pare, Anda akan banyak menemukan aneka macam tempat kursus bahasa Inggris ini yang dikelola oleh masyarakat setempat.


Kelima UKM tersebut merupakan UKM-UKM yang cukup banyak ditemukan di Kediri selain dengan UKM-UKM lainnya yang SolusiUKM temukan selama berada di Kediri. Kota Kediri menjadi kota Keempat yang tim SolusiUKM kunjungi untuk membantu para pemilik UKM dan pengusaha biar bisa merapihkan pembukuan usahanya dan laporan keuangan.


Untuk event di Kediri, tim SolusiUKM mengadakan program bertajuk “Membuat Laporan Keuangan Sederhana” di Fresh Coworking Space, Jl. Soekarno Hatta 09. Yuk, kalo Anda punya waktu esok hari, Anda bisa tiba eksklusif bertemu dengan kita-kita.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "6 Ukm Yang Banyak Ditemukan Di Kota ‘Tahu’ Kediri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel