iklan

Bagian-Bagian Sel Beserta Fungsinya

Bagian-bagian dari sel Beserta fungsinya 1

Assalamualaikum wr wb ...

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Definisi dan Struktur Sel. Seperti judul pada artikel ini, kali ini saya akan mencoba menyebarkan ihwal bagian-bagian dari sel beserta fungsinya.
Bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Source : id.wikipedia.org


Gambar di atas merupakan pola dari sel binatang beserta bagian-bagiannya.

1.       Membran sel
Membran sel atau membran plasma atau plasmolema merupakan cuilan terluar dari suatu sel. Gambar struktur dari membran sel sanggup dilihat di bawah ini.

Source : biomagz.com


Struktur dari membran sel disebut juga sebagai Fosfolipid Bilayer, dimana terdapat 2 lapisan ibarat terlihat pada gambar diatas. Masing masing lapisan tersebut terdiri dari kepala dan juga ekor. Lapisan bawah bersifat hidrofil (suka terhadap air), dan lapisan yang atas bersifat hidrofob (tidak suka terhadap air).
Membran sel itu sendiri terdiri atas lipid dan pritein sehingga disebut juga dengan istilah lifoprotein.

Fungsi dari membran sel
Karena merupakan cuilan terluar membran sel mempunyai fungsi antara lain :
1.       Berfungsi sebagai pelindung organel-organel yang tedapat di dalam sel
2.       Berfungsi sebagai pengatur transfortasi zat. Dalam mengatur transfortasi zat membran sel mempunyai sifat “selektif fermeable” artinya tidak semua zat sanggup masuk kedalam sel.

Transfortasi di sini terdiri dari transfortasi aktif dan transfortasi pasif.
o   Tranfortasi aktif mempunyai ciri-ciri yaitu membutuhkan ATP, berlangsung dari konsentrasi yang lebih rendah menuju ke konsentrasi yang lebih tinggi (dari hipotonis menuju hipertonis) dan bersifat  satu arah.
o   Transfortasi pasif mempunyai ciri-ciri yaitu tidak membutuhkan ATP, berlangsung dari konsentrasi yang lebih tinggi menuju konsentrasi yang lebih rendah (dari hipertonis menuju hipotonis) dan bersifat dua arah.
Contoh dari transfortasi fasif ialah Difusi dan Osmosis. Apa itu difusi dan osmosis? Perbedaan antara difusi dan osmosi ialah sebagai berikut :
-          Difusi ialah perpindahan zat telarut dari hipertonis menuju hipotonis
-          Osmosis ialah perpindahan pelarut dari hipotonis menuju hipertonis dan melalui membran semi fermeable yang artinya zat yang sanggup masuk hanya berupa air.

3.       Berfungsi sebagai Reseptor. Kita telah mengetahi bahwa terdapat protein pada membran sel, protein ini berfungsi sebagai akseptor rangsang atau akseptor stimulus. Maka dari itu fungsi dari membran plasma juga sebagai reseptor.

2. Nukleus (inti sel)

Source : biologi-sel.com


Nukleus merupakan inti dari suatu sel. Perhatikan gambar dari nukleus di atas, Nukleus terdiri dari beberapa bagian. Pada cuilan luarnya nukleus mempunyai membran luar dan juga membran dalam yang disebut karyotek dan terlihat pada gambar dimana nukleus juga mempunyai pori-pori (nuclear pores), kemudian nukleus juga mempunyai anak inti sel yang disebut dengan Nukleolus (Nucleolus), kemudian di dalam nukleus juga terdapat kromosom (Chromosomes), dan terdapat cairan juga yang disebut nukleoplasma.
Fungsi dari Nukleus itu sendiri ialah merupakan daerah terjadinya reproduksi sel. Untuk lebih jelasnya mengenai reproduksi sel sanggup di lihat pada artikel berikut. Proses Terjadinya Reproduksi Sel

3. Retikulum Endoplasma

Source : biologyvie.blogspot.com


Pertama-tama perhatikan gambar dari Retikulum Endoplasma diatas dengan secama. Kita melihat bahwa sebenar organel ini merupakan ekspansi dari suatu inti sel atau nukleus, dimana terlihat adanya akses yang menghubungkan atara organel ini dengan inti sel.
Retikulum endoplasma terbagi menjadi dua, yaitu Retikulum Endoplasma Kasar dan Retikulum Endoplasma Halus.
·         Rerikulum Endoplasma Kasar
Retikulun endoplasma bernafsu ialah cuilan yang terlihat pada gambar mempunyai warna merah gelap. Pada retikulum endoplasma bernafsu terdapat ribosom yang melekat, kenapa? Karena retikulum endoplasma bernafsu mempunyai fungsi sebagai transfortasi hasil sintesis protein yang terjadi di ribosom. Hasil sintesis protein kemudian disalurkan oleh retikulum endoplasma bernafsu tersebut menuju ke tubuh golgi.

·         Retikulum Endoplasma Halus
Retikulun endoplasma halus ialah cuilan yang terlihat pada gambar mempunyai warna merah muda dan terlihat halus alasannya tidak ada ribosom yang melekat. Fungsi dari retikulum endoplasma halus yaitu melaksanakan sintesis lipid.

4. Badan Golgi

Source : biologi-sel.com


Sebelumnya telah disinggung sedikit mengenai organel ini, dimana tubuh golgi berfungsi menampung hasil dari sintesis protein. Badan golgi mempunyai tiga cuilan yaitu :

·         Bagin Cis
·         Bagian Medial
·         Bagian Trans

Proses atau alur dari hasil sintesis protein itu sendiri ialah protein disintesis pada organel yang disebut dengan Ribosom yang menempel pada Retikulum endoplasma kasar, kemudian ditranfortasikan oleh Retikulum endoplasma bernafsu menuju Badan golgi. Pada tubuh golgi hasil sintesis protein berupa Vesicles Protein tersebut yang masih bersifat non fungsional diterima oleh cuilan Cis kemudian ditujukan ke cuilan medial. Pada cuilan medial ini terdapat kantung golgi yang merupakan daerah untuk melaksanakan proses pengubahan hasil sintesis protein dari ribosom dan karenanya yaitu berupa sintesis protein yang sudah bersifat fungsional kemudian menuju ke cuilan Trans. Fungsi dari cuilan trans yaitu menyekresikan hasil dari sintesis protein tersebut yang bersifat fungsional dalam bentuk Vesicles fungsional menuju organel-organel yang membutuhkan.

5. Ribosom

Sudah sering kita bahas di cuilan atas mengenai organel ini. Sebagaimana kita tahu bahwa ribosom berfungsi untuk melaksanakan sintesis protein, bentuk dari ribosom itu sendiri sesungguhnya kurang lebih ibarat gambar di bawah ini.

Source : pintar-biologi.blogspot.com


Dimana Ribosom itu sendiri terbentuk dari dua bagian, yaitu ada cuilan sub unit kecil dan sub unit besar yang keduanya kemudian membentuk kurang lebih ibarat gambar yang paling kanan. Disitulah terjadinya proses sintesis protein berlangsung.

6. Mitokondria

Source : id.wikipedia.com


Mitokondria mempunyai fungsi sebagai daerah respirasi sel yang nantinya menghasilkan ATP. Pada mitokondria juga terdapat materi genetik (DNA, RNA) selain itu mitokondria juga mempunyai ribosom, sehingga mitokondria sanggup melaksanakan sintesis protein sendiri.

Bagian – cuilan yang terdapat pada mitokondria antara lain :
1.       Membran luar
2.       Ruang antar membran
3.       Membran dalam
4.       Krista
5.       Matriks
6.       Ribosom
7.       Granula
8.       Partikel ATP
9.       DNA

7. Lisosom

Source : biomagz.com


Lisosom merupakan cuilan dari sel yang berfungsi dalam melaksanakan pencernaan intra sel. Dimana pada lisosom terdapat enzim hidrolisis. Dalam hal ini lisosom berperan dalam mencerna atau melisis partikel aneh yang masuk ataupun organel yang telah rusak maupun melisis sel secara keseluruhan.

Ada tiga aktifitas yang sanggup dilakukan oleh lisosom, diantaranya :

·         Fagositosi
Fagositosis ialah aktifitas lisosom dalam mencerna atau melisis partikel-partikel aneh yang masuk.
·         Autofage
Autofage ialah aktifitas lisosom dalam mencerna atau melisis organel-organel sel yang telah rusak.
·         Autolisis
Autolisis ialah aktifitas lisosom yang dilakuakan dalam melisis suatu sel secara keseluruhan.

Penjelasan mengenai bagian-bagian lain dari sel akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Wassalamualaikum wr wb ...



Sumber http://teori-perbab.blogspot.com

0 Response to "Bagian-Bagian Sel Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel