Fungsi Sum Average Max Min Dan Count Dalam Microsoft Excel
Fungsi Sum pada Ms. Excel
Penggunaan Fungsi Sum
Fungsi Sum pada ms.excel dipakai untuk menjumlahkan data isi cell yang dituju, penjumlahan tersebut sanggup berupa vertical ( dari atas ke bawah ) ataupun horizontal (mendatar).
Penulisan Rumus SUM pada Ms. Excel
= SUM ( Cell awal: cell akhir)
Untuk penulisan RUMUS SUM perhatikan pola penulisannya dibawah ini, ingat kita sanggup memakai tanda koma(,) ataupun titik koma (;) tergantung pengaturan awal dari Office anda.
= SUM ( A1:A17)
Berarti rumus diatas menjumlahkan seluruh isi cell dari A1 hingga A17 dan berarti ini yakni bentuk penjumlahan vertical atau dari atas kebawh
= SUM (A5:D5)
Berarti penjumlahan diatas yakni penjumlahan mendatar dari A5, B5, C5, hingga D5
Soal fungsi SUM pada MS.Excel
Hitunglah jumlah pembelian berikut dengan memakai rumus SUM.Untuk mengisi Cell C10 maka rumus SUM yang dipakai yakni = SUM ( C1:C9) dan jadinya nanti akan menyerupai pada gambar dibawah ini.
Fungsi MIN pada Ms. Excel
Fungsi MIN dipakai untuk mencari data terendah pada suatu range, sehingga rumus ini sangat penting penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.
Penulisan Rumus MIN pada Ms. Excel
= MIN ( cell awal : Cell AKhir)
= MIN ( A2: A7)
Maksud pada rumus diatas yakni untuk memilih nilai cell diawal dan akhir, untuk kasus diatas maka kita akan memilih nilai terendah dari range cell A2, A3, A4, A5, A6, A7 . untuk lebih memahaminya perhatikan pola praktek nya berikut
Penggunaan FUNGSI MIN pada MS Exel
Hitunglah harga termurah dari produk produk dibawah ini. Untuk memilih harga termurah maka secara otomatis kita akan memakai fungsi MIN, dan rumus untk soal dibawah ini yakni = MIN(C2:C8) yang artinya akan memilih nilai terendah dari C2 hingga C8
sehingga nanti hasil saat kita mencari harga termurah menyerupai dibawah ini, gunakan rumus =MIN(C2:C9)
Fungsi MAX pada MS Excel
Fungsi MAX pada ms excel yakni dipakai untuk memilih nilai tertinggi dari sebuah range, contohnya saja sanggup dipakai untuk mencari siswa dengan nilai yang tertinggi dalam satu kelas.
Penulisan Fungsi MAX
= MAX( Cell awal : Cell akhir)
= Max (B2: B10) berarti kita akan mencari nilai tertinggi dari cell B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9 DAN B10.
Contoh Penggunaan Fungsi MAX
Perhatikan table dibawah ini, carilah harga paling mahal diantara barang barang tersebutt, maka langkah yang harus kalian lakukan yakni memakai fungsi Max, rumus = Max ( C2:C9)
Fungsi Average pada MS Excel
Fungsi Average dipakai untuk mencari nilai rata rata dari suatu range tertentu. Ini biasa dipakai untuk memilih rata rata nilai mata pelajaran di dalam sebuah kelas.
Penulisan Fungsi Average
= average(cell awal: cell akhir)
= Average ( C2:C9) berarti memilih nilai rata rata dari cell C2 hingga C9.
Penggunaan Fungsi Average
Berapakah harga rata rata dari produk dibawah ini. Untuk memilih harga rata-rata anda sanggup memakai fungsi average perhatikan penulisan rumushnya dibawah ini
Fungsi Count pada MS Excel
Penulisan = Count(Cell awal : cell akhir)
Adalah sebuah fungsi yang dipakai untuk menghitung rang yang memiliki data berupa angka, berbeda dengan fungsi SUM yang merupakan jumlah total dari isi tiap sell,fungsi Count sendiri berbeda sangat jauh dengan SUM, count pada dasarnya yakni menghitung jumlah sell bukan isinya. Perhatikan klarifikasi sesuai pola berikut.

Maka secara kebijaksanaan nilai angka dari A1:C10 ada berupa 17, mereka yakni A2 hingga A9 ditambah dengan C2:C10, berikut jadinya jika kita gunakan fungsi Count
Latihan soal fungsi Sum, Average, min dan max pada Microsoft Excel untuk Tabel penghasilan
Isilah cell yang kosong berikut dengan memakai rumus dan fungsi hitungan sederhana.
Cara pengerjaan
Untuk kolom TOTAL caranya yakni dengan menjumlahkan pendapatan perminggu ditambah dengan penghasilan lembur sehingga akan dan rumusnya yakni menyerupai ini untuk kolom G2=(E2*C2)+(D2*F2) sehabis itu untuk G3 hingga G8 tinggal ditarik kebawah
Untuk kolom H2 atau pajak caranya yakni perkalian 10 % dari Total pendapatan sehingga rumusnya menyerupai berikut untuk cell H2 = 10%*G1, sedangkan untuk H3 hingga H8 tinggal tarik kebawah.
Untuk penghasilan higienis kita tinggal mengurari Total dikurangi Pajak, rumus untuk I2 yakni = G32-H2
Untuk Total Pengeluaran kita gunakan fungsi SUM = SUM(I2:I8)
Penghasilan terbanyak kita gunakan Fungsi Max = Max(I2:I8)=
Penghasilan Paling sedikit kita gunakan fungsi Min, =min(i2:I8)
Untuk rata rata penghasilan kita gunakan fungsi Average= average(I2:I8)
Sehingga jadinya nanti menyerupai pada gambar dibawah ini
jika dilihat rumusnya menyerupai iniSumber http://lihaimsoffice.blogspot.com
0 Response to "Fungsi Sum Average Max Min Dan Count Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar