iklan

Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai Dan Tunai Beserta Penjelasanya

     Tugas sekolah kali ini akan membahas jenis alat pembayaran dalam kehidupan zaman modern ini.secara umum alat pembayaran ada 2 jenis yaitu pembayaran tunai dan pembayaran non tunai.masing – masing alat pembayaran tersebut mempunyai kelebihan dan kekurang sendiri – sendiri serta mempunyai jenis-jenis yang bermacam – macam.Berikut klarifikasi mengenai alat pembayaran tunai dan non tunai

Pembayaran Tunai
      Secara umum alat pembayaran tunai merupakan alat yang dipakai untuk membeli barang atau jasa yang berupa uang secara tunai yang dibayar eksklusif sebab uang merupakan alat yang dipakai pada zaman kini jadi masuk akal saja dalam transaksi jual beli tunai uang menjadi yang utama.Kelebihan pembayaran tunai kita tahu persis barang yang akan dibeli dan transaksi eksklusif ke penjual.kekurangan pembayaran tunai kita jadi repot sebab harus membawa uang apalagi jika uang itu dalam jumlah banyak.

Pembayaran non tunai
      Alat pembayaran non tunai merupakan alat yang dipakai untuk membeli barang atau jasa yang berupa uang yang tidak dibayar secara langsung.kelebihan pembayaran non tunai kita tidak perlu repot membawa uang.kekurangan pembayaran non tunai sering terjadi penipuan karna sistem pembayaran tidak secara eksklusif ke pembeli.
Alat pembayaran non tunai secara umum dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Alat  Pembayaran berbasis Elektronik ( Electronic Based )
       Alat  pembayaran berbasis Elektronik merupakan alat yang sering dipakai dalam pembayaran atau transaksi non tunai sebab memakai kartu atau sistem eletronik.
Jenis – jenis alat  pembayaran berbasis Elektronik :
a. Kartu kredit
     Kartu kredit merupakan kartu berbahan plastik yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk yang telah memenuhi syarat mempunyai kegunaan untuk membeli barang –barang yang diinginkan secara hutang.
b. Kartu ATM/Debit
     Kartu debit merupakan kartu elektronik yang di terbitkan oleh suatu bank.yang bertujuan untuk melaksanakan pembayaran dan pengambilan uang di mesin ATM. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan nasabah di bank penerbit tertentu.
c. Kartu prabayar (prepaid)
     Sama halnya kartu kredit dan debit , kartu prabayar juga dapat untuk melaksanakan pembelian tanpa uang tunai atau cek. namun tidak menyerupai kartu kredit anda tidak dapat berhutang dahulu. dan tidak juga menyerupai kartu debit yang tergantung pada rekening bank sebab kartu prabayar tidak tergantung dengan rekening bank manapun.Kartu prabayar biasanya mempunyai saldo nol hingga Anda menambah uang ke dalamnya.
d. Uang elektronik (e-money)
     Uang elektronik merupakan alat elektronik yang dipakai untuk pembayaran dengan nilai atau dana yang sudah disetorkan terlebih dahulu.biasanya transaksi ini melibatkan pengguna jaringan komputer.
Baca Juga : Pengertian Kurs beli,jual,valuta asing,inflasi dan deflasi
2. Alat  Pembayaran Berbasis kertas ( Paper Based ) 
     Alat  Pembayaran Berbasis kertas atau sering disebut juga Warkat yaitu surat berharga yang dikeluakan oleh suatu bank sebagai instrumen penarikan dana nasabah yang mempunyai kemudahan Rekening Giro/Rekening Koran.
Jenis – jenis alat  Pembayaran Berbasis kertas
a. Cek
    Cek merupakan surat perintah tertulis dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro yang mempunyai kegunaan untuk membayar kepada orang yang disebutkan menurut nominal yang ditulis.
b. Bilyet Giro
    Bilyet giro merupakan surat perintah dari seseorang nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro, untuk memindahbukukan sejumlah dana dari pemilik rekening atau rekening yang bersangkutan ke rekening penerima.
c. Nota Debet
      Nota debit merupakan surat bukti untuk menagih bank lain atau nasabah lain melalui kliring. Arti nota debit yaitu mendebit (mengurangi) utang perjuangan pembeli yang harus dilunasi segera mungkin.

Sumber http://sekolahmaning.blogspot.com

0 Response to "Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai Dan Tunai Beserta Penjelasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel