Makalah Masakan Internasional Mie Ramen
Mie Ramen yakni kuliner pokok kedua khas Jepang yang sebetulnya berasal dari China,ciri khas mie ramen ialah masakan berbahan dasar mie tipis yang berwarna kuning yang mempunyai diameter lebih kecil dibandingkan seperti mie instan yang ada di Indonesia.dengan sangat populernya mie ramen di Negeri Jepang dengan ini saya bagikan Makalah Makanan Internasional Mie Ramen barangkali suatu ketika berkhasiat bagi kita semua :
MAKALAH MAKANAN INTERNASIONAL
MIE RAMEN
# NAMA KELOMPOK :
· CAMELIA SHANDI NUR
· RIZAQ ANTIN ASSEGAF
· SATRIO BAGUS PERMADI
· SITI ROKHAYATUN
# KELAS : XI MIPA 2
# MAPEL : PKWU
1. LATAR BELAKANG
Semakin meninngkatnya kebutuhan mahsyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, maka semakin meningkatnya pula keanekaragaman kebutuhan mereka terutama dalam hal makanan. Setiap kawasan mempunyai karakteristik sendiri, di lihat darisegi geografi, sosial budaya, tingkah laris atau dari kebiasaan. Semua itu di pengaruhi oleh keadaan alamnya, lingkungan tempat tinggal atau tingkat penghasilan yang berbeda - beda.
Yang akan kami sikapi dari tawaran ini yakni kebiasaan mahsyarakat denpasar pada umumnya yang konsumtif dalam hal ini kami berkeingginan menciptakan kuliner yang sudah tidak ajaib lagi di dengar atau di jumpai di tiap kawasan yaitu mie selai rasa dan ukuran yang bervariasi, maka ini juga sanggup di jadikan sebagai lauk nasi dan bahannya pun gampang di sanggup serta cara pembutannya juga cukup mudah.
2. KONSEP USAHA
Usaha penjualan “Mie Ramen” ini merupakan perjuangan kecil yang di jadikan untuk semetara sebagai watu loncatan. Jika perjuangan ini berhasil atau skses dan mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar ysaha ini dengan membuka cabang – cabang.
Mie Ramen merupakan kekayaan masakan jepang yang sudah tidak ajaib bagi sebagian besar mahsyarakat indonesia. Ramen merupakan mie yang sangat sarat dengan bumu dan tampilan yang menarik. Untuk citarasa sendiri sangat unik dan khas.
3. TUJUAN
Adapun tujuan didirikan perjuangan “MIE RAMENRIDER” yakni :
1. Memperoleh pendapatan/ penghasilan.
2. Memenuhi kebutuhan mahsyarakat.
3. Menciptakan lapangan kerja.
4. Memanfaatkan peluang perjuangan yang ada.
4. VISI DAN MISI
1. Visi :
· Menciptakan produk kuliner unggulan yang banyak diminati atau disukai mahsarakat.
2. Misi :
· Membuat “MIE RAMENRIDER” mempunyai citarasa yang khas.
· Memasarkan “MIE RAMENRIDER” padasemua kalangan mahsyarakat.
5. PROFIL PERUSAHAAN
# Jenis Usaha
Jenis perjuangan masakan berkonsep mie ramen yang terdiri dari komposisi dasar mie dan kuah kaldu.
Mie terbuat dari tepung terigu pilihan dan kaldu dari kaldu ayam.
# Nama Perusahan
Nama perusahaan ini yakni “MIE RAMENRIDER”. Nama ini di ambil dari nama dasar mie ramen tersebut di tambah dengan kokoh superhero jepang “KAMEN RIDER”. Kombinasi nama ini bertujuan memperlihatkan arti “PEMBERANTAS KELAPARAN”.
# Bentuk Badan Usaha
Usaha ini merupakan perjuangan yang di kelola beberapa orang yaitu “FIRMA”.
# Kebutuhan Tenaga Kerja
Pada tahap awal penjualan “Mie Ramen” ini merupakan perjuangan home industry yang di kelola oleh kami sendiri sekaligus sebai penanggung jawab perjuangan dan karyawan.
bagan Organisasi
Pemilik perjuangan merupakan sebagai manager sekaligus karyawan.
1 orang sebagai koki peracik yang tugasnya meracik materi yang akan di buat mie ayam.
1 orang sebagai pelayan yang tugasnya menyiapkan “mie Ramen” yang sudah siap saji.
1 orang sebagai kasir yang tugasnya mendapatkan pesanan dan pembayaran makanan.
1 orang sebagai penyedia alat & materi baku makanan.
# perizinan Usaha
Beberapa perizinan perjuangan yang nantinya akan kami cari sejalan
Berkembangnya perjuangan kami, yaitu :
“izin mendirikan bangunan (“IMB”).
“perizinan acara usaha”.
“surat izin perjuangan perdagangan (“SIUP”).
“nomor pokok wajib pajak (“NPWP”).
“izin gangguan”
6. ANALISIS PELUANG
· Strenght (kekuatan)
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat, materi produk terjamin dan higenis.
· Weaknes (kelemahan)
Tidak semua orang mengetahui ramen.
· Opportunity (peluang)
Tempat strategis
Fasilitas yang cukup memadai.
· Threath (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga murah, ibarat mie ayam.
7. ASPEK PEMASARAN
· Segmen pasar
Makanan “MIE RAMEN” ini kami tunjukan untuk semua golongan baik renta maupun muda yang bertempat di kawasan denpasar maupun luar kawasan yang suka/ kebiasaan mengonsumsi mkanan ibarat mie.
· Faktor kompetitif
Dilihat dari segi peluang perjuangan “Mie Ramen” ini berpotensi baik untuk kedepannya, alasannya dilihat dari cita rasa yang berbeda dengan kuliner berjenis mie yang biasa di jual, sehingga peluang menerima pelanggan yang banyak sangat besar.
· Rencana penjualan
Implementasi taktik ini mencakup hal - hal berikut :
“pelayan yang cepat dan kurang dari 15 menit hingga mie jadi siap di hidangkan.
“memberikan edukasi ibarat poster dan selembaran yang berkaitan dengan rasa serta macam macam mie, keunikan Mie RamenRider dan harga yang murah serta tempat yang nyaman untuk bersantai.
“melakukan promosi melalui Twitter, Facebook dan jaringan sosial lainnya dan kami juga memperlihatkan informasi produk kami melalui blog kami.
8. LAYANAN PELANGAN
Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelangan dan konsumen, Mie Ramen Rider akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses pembelajaran dari pendapat pelangan mengenai rasa. Sebagai pemilik dan pengembang kami akan mencar ilmu untuk mempelajari metode menciptakan campuran mie dan bumbu yang baik dan di ajarkan kepada pengembang lainnya.
Pelayanan merupakan kunci utama kami untuk menciptakan pelangan nyaman ada di tempat kami dan pelanggan merasa puas dengan rasa dan kemasan yang rapih.
Baca Juga : Makalah Menjaga Kelestarian Lingkungan
9. LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT RAMEN
· Bahan
1. 2 sdm minyak wijen
2. 350 ml kaldu ayam
3. 2 siung bawang putih, cincang halus.
4. 1 sdm kecap soyu
5. ½ cm jahe, cincang
6. 1 sdm kecap manis
7. 2 helai daun caisim, iris memanjang
8. ½ sendok merica bubuk
9. 50 g daging sapi sukiyaki/ 100 g daging ayam iris tipis
10. 250 g mie ramen
11. 2 buah bakso ikan dan bakso sapi
12. ½ sdt garam
13. 2 ekor udang segar
14. 1 sdm kecap ikan
· Cara menciptakan :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga kuning dan harum.
2. Masukkan daun caisim, aduk hingga layu.
3. Tambahkan irisan daging dan udang aduk hingga berubah warna dan kaku.
4. Tuangi kaldu ayam, tambahkan bumbu, tepung maizena dan bakso. Aduk hingga mendidih.
5. Masukkan mie ramen, masak hingga mie lunak, kemudian Angkat.
6. Sajikan dalam keadaan panas.
10. INFORMASI GIZI
· 1 mangkok kuah ramen
Energi 272 kj 65 kkal
Lemak 2.39 g
Lemak jenuh 0,658 g
Lemak tak jenuh ganda 0,663 g
Lemak tak jenuh tunggal 1,048 g
Kolestrol 14 mg
Protein 3,18 g
Karbohidrat 7,4 g
Gula 1,06 g
Sodium 868 g
Kalium 52 mg
· 20 g Mie Ramen
Energi 215 kkal
Protein 1,5 g
Lemak 8,25 g
Karbohidrat 35 g
Kalsium 35 mg
Fosfor 32,5 mg
Zat besi 6,25 mg
· 100 g daging ayam
Energi 302 kkal
Protein 18,2 gm
Karbohidrat 0 g
Lemak 25 g
Kalsium 14 mg
Fosfor 200 mg
Zat besi 2 mg
Vitamin A 810 IU
Vitamin B1 0,08 mg
Vitamin c 0 mg
· 50 gram daging sapi
Energi 602 kj 144 kkal
Lemak 9,77 g
Lemak jenuh 3,866 g
Lemak tak jenuh ganda 0,354 g
Kolestrol 44 mg
Protein 13,16 g
Sodium 192 g
Lemak tak jenuh tunggal 4,176 g
Kalium 157 mg
· Udang segar
Energi 91 kkal
Protein 21 g
Lemak 0,2 g
Karbohidrat 0,1 g
Kalsium 136 mg
Fosfor 170 mg
Zat besi 8 mg
Vitami A 60 IU
Vitamin B1 0,01 mg
· Bakso
Energi 190 kkal
Protein 10,3 g
Lemak 6,3 g
Karbohidrat 23,1 g
Kalsium 35 mg
Zat besi 6,75 mg
Vitamin c 4 mg
11. PERHITUNGAN MODAL
# Bahan utama mie ramen :
· 250 mg mie ramen mentah Rp.1000
· 100 gr daging ayam/ 50 gr sapi sukiyaki Rp.1.500
· 2 buh bakso sapi siap pakai Rp.500
· 2 buah bakso kan siapa pakai Rp.500
· 2 ekor udang Rp.1000
· 2 helai daun caisim Rp.100
· 2 siung bawang putih Rp.50
· 2 sdm minyak wijen Rp.100
· 1 sdm tepung maizena Rp.50
· ½ sdt jahe parut Rp.50
· 350 ml air kaldu ayam Rp.50
· Air Rp.0 (+)
Rp.4.900
# Bahan bumbu mie ramen
· 1 sdm shoyu (kecap jepang) Rp.100
· 1 sdm kecap manis Rp.50
· 1 sdm minyak ikan Rp.100
· ½ sdt garam Rp.10
· ½ sdt merica bubuk Rp.40 (+)
Rp.300
# harga jual
· Harga jual
Rp.12.000x40 = Rp.480.000
# harga pokok produk
· Harga beli materi baku Rp.4.900
· Harga beli materi bumbu Rp.300 (+)
Rp.5.200
· Jumlah Hpp
Rp.5.200 x 40 =Rp.208.000
12. PERHITUNGAN RUGI LABA
Pendapatan dari penjualan Rp.480.000
Harga pokok penjualan Rp.208.000 (-)
Laba Rp.272.000
Biaya penjualan :
Biaya pembuatan brosur Rp.20.000
Biaya transportrasi Rp.20.000
Biaya sewa tempat Rp.25.000
Biaya listrik dan air Rp.5.000
Biaya lainnya Rp.10.000 (+)
Rp.80.000
Laba higienis :
Rp.208.000 -Rp.80.000 = Rp.192.000
Perhitungan margin laba :
Rp. 192.000 x 100% = 40%
Rp. 480.000
13. KESIMPULAN
Dalam rangka ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa mahasiswa perguruan tinggi pariwisata bali internasional khususnya DIVMPHB semester 6 yang ikut membantu mahasswa melalui acara menciptakan “proposal usaha”.
Hal ini di landaskan alasannya masih banyak mahasiswa yang kurang mengetahui wacana pemahaman menyusun tawaran usaha. Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban seorang mahasiswa terhadap tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar.oleh alasannya itu, telahh menuntaskan tawaran ini untuk memenuhi kiprah makalah kuliner internasional.
Proposal ini kami buat dengan sebaik baiknya dan biar sanggup bermanfaat bagi diri penulis sendiri pada khususnya dan para pembaca pada umumnya.
Bila ada kata – kata yang kurang berkenan bagi para pembaca mohon maaf sebesar – besarnya.
Demikian atas berkenannnya kami ucapkan terima kasih.
Sebagai wirausahawan yang ingin menjalankan perjuangan ramen, ras serta kualitas harus di persiapkan dengan baik kerena pembuatan ramen tidak sesimpel pembuatan mie - mie lainnya.
0 Response to "Makalah Masakan Internasional Mie Ramen"
Posting Komentar