iklan

Pengertian Application Layer Jaringan Komputer

Pengertian Application Layer Jaringan Komputer - Application Layer yakni layer atas atau layer dalam rujukan model OSI dikala pengguna mengirim pesan dan menjadi lapisan terakhir atau layer pada sistem model Referensi OSI dikala pengguna mendapatkan pesan.

Sesuai dengan namanya, Application Layer yakni lapisan atau layer yang bekerja pada jadwal tertentu, dimana Application Layer itu sendiri bekerja pada komputer server atau komputer klien.

Ada 7 model layer OSI dan fungsi masing-masing layer berbeda.

Singkatnya, Application Layer yakni lapisan OSI yang menyediakan antarmuka antara aplikasi yang dipakai untuk berkomunikasi dalam jaringan, dan kemudian membantu menangkap dan mendapatkan pesan yang dikirim dalam jaringan. Hal ini juga disebut protokol jaringan yang mengatur kiprah tertentu dalam jaringan internet.

Baca juga: Protokol Jaringan dan Jenisnya

Tidak menyerupai layer pada Model Referensi OSI lainnya, Application Layer yakni layer atau layer yang paling akrab dengan pengguna komputer, alasannya yakni dalam sistem jaringan komputer, Application Layer sanggup menjadi awal dan juga sanggup menjadi layer akhir, dan selalu dikaitkan. dengan banyak sekali aplikasi dan software di komputer, menyerupai email client, web browser dan lain sebagainya.

Cara kerjanya dari Application Layer

 Application Layer yakni layer atas atau layer dalam rujukan model OSI dikala pengguna me Pengertian Application Layer Jaringan Komputer
Pengertian Application Layer Jaringan Komputer

Mendefinisikan dan juga mengeksplorasi cara kerja Application Layer jauh lebih gampang dilakukan daripada memilih cara kerja layer atau layer lain di dalam jaringan.

Pada dasarnya, Application Layer akan mendapatkan perintah dari pengguna, dengan derma aplikasi atau software tertentu untuk mengirim pesan atau data ke komputer lain.

Dan sebaliknya. Application Layer akan menampilkan pesan atau data yang diterima oleh pengguna berupa aplikasi atau software tertentu. Cara kerja Application Layer gampang diamati dibanding layer lainnya.

Fungsi dari Application Layer
Application Layer itu sendiri mempunyai beberapa fungsi dan kiprah utama. Berikut ini yakni beberapa fungsi juga kiprah utama dari Application Layer:

1. Sebagai sarana pengumpulan gosip dan data yang dikirim melalui jaringan
Fungsi pertama, Application Layer yakni layer atau layer yang berfungsi sebagai kolektor semua gosip dan data yang diterima dan yang akan dikirim melalui jaringan.

Saat pengguna mendapatkan data (receiver / penerima) maka Application Layer akan mengumpulkan semua data yang telah diraih untuk kemudian diangkat dalam aplikasi tertentu.

Sebaliknya, ketika pengguna mengirimkan data, Application Layer mengumpulkan keseluruhan data dalam aplikasi tertentu, dan kemudian meneruskan data ke  presentation layer untuk didefinisikan dan diproses lebih jauh ke dalam jaringan.

2. Sebagai user interface dalam menampilkan data dan informasi
Fungsi selanjutnya dari Application Layer yakni sebagai user interface. Apa tujuan mendefinisikan data dan penyajian data yang dilakukan oleh  presentation layer, namun pengguna tidak sanggup membaca dan melihat datanya.

Oleh alasannya yakni itu, begitu  presentation layer menyajikan data, Application Layer akan bekerja dalam menampilkan data yang disajikan dalam antarmuka pengguna (bisa berupa aplikasi, program, atau sistem tertentu), sehingga data yang disajikan sanggup dilihat dan diamati secara eksklusif oleh pengguna.

Perangkat lunak dan perangkat yang bekerja pada Application Layer
Application Layer bekerja pada perangkat keras yang kita kenal sebagai komputer server atau komputer pengguna, tergantung pada proses yang sedang berlangsung. Komputer server atau pengguna sebelumnya harus mempunyai perangkat lunak atau perangkat lunak yang mendukungnya.

Application Layer bekerja dengan derma perangkat lunak dan aplikasi tertentu. Software dan aplikasi ini merupakan jadwal yang terinstal di komputer, baik receiver komputer maupun pengirim.

Beberapa jadwal yang bekerja dengan memakai Application Layer (application layer) tentunya sudah cukup familiar di indera pendengaran kita, seperti:

Klien email (outlook, dan sebagainya)
Browser web (Mozilla, Chrome, dan sebagainya)
Saat memahami bahwa Application Layer bekerja pada perangkat lunak dan jadwal di atas, maka secara otomatis, Application Layer juga bekerja dengan derma beberapa protokol.

Ada banyak protokol yang bekerja pada Application Layer ini. Berikut yakni beberapa protokol yang bekerja pada Application Layer:

1. Protokol DNS
Protokol pertama yang bekerja pada Application Layer yakni protokol DNS. DNS yakni abreviasi dari sistem nama domain.

Sesuai namanya, protokol DNS ini yakni salah satu protokol yang paling penting dalam jaringan komputer, alasannya yakni DNS membantu memilih alamat IP pada setiap komputer, sehingga semua komputer sanggup saling bekerjasama satu sama lain memakai IP Address.

Lebih lengkap, silahkan baca juga: Pengertian DNS dan Fungsinya

2. Protokol HTTP
HTTP atau abreviasi dari Hypertext Transfer Protocol yakni salah satu protokol yang paling terkenal dan paling sering ditemui.

HTTP yakni protokol yang dipakai pada web browser untuk mengambil atau memanggil halaman atau website yang dikompilasi dengan memakai sistem HTML. HTTP yakni protokol yang terhubung dengan WWW atau world wide web, dan merupakan bab penting dari protokol internet (TCP / IP).

Lebih lengkap, silahkan baca: Pengertian HTTP dan Fungsinya

3. SMTP / POP3
SMTP dan juga POP3 yakni salah satu protokol penting dalam hal pengiriman surat elektronik atau email. Seperti pola di atas, Application Layer bekerja pada klien email, jadi protokol yang dipakai pada klien email juga merupakan protokol yang bekerja pada Application Layer.

SMTP yakni abreviasi dari Simple Mail Transfer Protocol, sementara POP3 yakni abreviasi dari Post Office Protocol ver.3. SMTP dipakai sebagai protocol yang membantu mengirim email ke mail server, sedangkan POP3 yakni protokol yang dipakai untuk mengambil dan membuka email yang terdapat di mail server.

4. FTP
FTP yakni abreviasi dari File Transfer Protocol. FTP yakni protokol yang dipakai untuk mentransmisikan atau mentransfer data dalam jaringan internet.

Dengan memakai protokol FTP ini, pengguna sanggup mengirim file dan data ke komputer lain hanya dengan memakai aplikasi saja, tanpa perlu repot memakai flash drive.

Lebih lengkap, silahkan baca: Pengertian FTP dan Fungsinya

5. DHCP
DHCP yakni abreviasi dari Dynamic Host Configuration Protocol, yang merupakan protokol yang dipakai untuk membantu mengkonfigurasi alamat IP komputer Anda pada jaringan komputer.

Baca juga: Cara Cek IP Address PC

6. Telnet
Telnet atau Jaringan Telekomunikasi yakni protokol yang banyak dipakai untuk saluran jarak jauh ke komputer (remote). Fungsi telnet itu sendiri cukup berperan penting dalam sebuah jaringan komputer, alasannya yakni sanggup menjalankan komputer jarak jauh tanpa harus secara remote eksklusif ke daerah komputer berada.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Application Layer Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel