Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditas Nomer 2.
Pada kesempatan ini, kami menyebarkan petunjuk teknis pengisian instrumen akreditas SMP/MTs. Berikut petunjuk teknis pengisiannya:
1. Standar Isi
Instrumen
2. Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap sosial siswa sesuai dengan tingkat kompetensi
A. 91%-100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
B. 81%-90% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
C. 71%-80% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
D. 61%-70% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
E. Kurang dari 61% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
Petunjuk Teknis 2
Rumusan kompetensi sikap sosial, adalah menghayati dan mengamalkan perilaku: (a) jujur; (b) disiplin; (c) santun; (d) peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai); (e) bertanggung jawab; (f) responsif; dan (g) Proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, tempat regional, dan tempat internasional yang sanggup dicapai melalui pembelajaran pribadi dan tidak pribadi (indirect teaching), adalah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Hasil acara pengembangan perangkat pembelajaran meliputi:
- Program tahunan dan agenda semester.
- Silabus
- RPP
- Buku yang dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
- Lembar kiprah terstruktur dan acara mandiri
- Handout.
- Alat penilaian dan buku nilai (Sikap sosial siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata pelajaran).
Dibuktikan dengan:
1. Dokumen:
- Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sosial pendidikan SMP/MTs untuk sikap sosial.
- Hasil acara telaah/analisis buku pedoman untuk guru dan buku siswa secara berkelompok wacana kompetensi sikap sosial siswa melalui acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
- Rancangan dan hasil penilaian sikap sosial, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
- Program dan hasil acara ekstrakurikuler berupa acara Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan talenta olahraga, seni dan budaya, pencinta alam, jurnalistik, teater, dan lain-lain.
2. Wawancara dengan guru mata pelajaran wacana perangkat pembelajaran guru yang memuat wacana pelaksanaan kompetensi sikap sosial.
Lihat juga...Petunjuk Teknis 3
Demikian, agar bermanfaat.
0 Response to "Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditas Nomer 2."
Posting Komentar