iklan

Rangkuman Cara Budidaya Ikan Mujair Lengkap Ada Disini ( Bag Ii )

Artikel ini ialah sambungan dari cara budidaya ikan mujair.


Pembenihan


Proses pemijahan serta penetasan telur budidaya ikan mujair akan berlangsung sepanjang tahun. Pada kolam pemijahan, Anda sudah tidak perlu lagi melaksanakan pemijahan pada lingkungan yang khusus. Ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan yaitu meyiapkan media pemeliharaan yang mencakup pengerikan, pengapuran serta pemupukan. Ketinggian debit air pada kolam juga harus Anda kontrol yaitu tidak kurang dari 50 cm. 


Proses pemijahan serta penetasan telur budidaya ikan mujair akan berlangsung sepanjang tah Rangkuman Cara Budidaya Ikan Mujair Lengkap Ada Disini ( Bag II )
Budidaya ikan mujair

Cara budidaya ikan mujair selanjutnya ialah meningkatkan kesuburan dan produktivitas ikan mujair Anda. Sebaiknya berikan pakan ekstra atau pakan perhiasan berupa tepung ikan 25%, dedak halus 65%, serta tepung kopra 10%. Pemijahan akan berlangsung ketika indukan jantan sudah menciptakan lubang sarang yang terlihat cekung pada dasar kolam dengan garis tengah berkisar 10-35 cm. Pada ketika indukan jantan telah tamat menciptakan lubang sarang, maka akan berlangsung pemijahan. Setelah tahap pembuahan telah selesai, maka telur – telur hasil dari pemijahan akan segera dikumpulkan induk betina ke dalam mulutnya. Telur akan dierami di dalam verbal betina hingga menetas.


Pada ketika proses tersebut, induk betina tidak akan aktif makan dan menciptakan tubuhnya terlihat kurus. Telur – telur akan menetas sesudah dierami selama 3-5 hari dengan suhu air berkisar antara 25-27 C. Anakan mujair akan dilepas oleh indukan sesudah berumur 2 minggu. Induk betina menganggap waktu tersebut anaknya sudah bisa untuk mencari makan dengan sendirinya.


Memelihara Bibit 


Dalam proses cara budidaya ikan mujair, pemeliharaan bibit atau anakan ikan mujair yang mencakup pendederan hanya dilakukan pada ketika telur – telur dari hasil proses pemijahan sudah menetas. Proses pemeliharaan Anda bisa lakukan di kolam pendederan yang telah siap menampung anakan ikan mujair. Tapi pastikan kolam pendederan sudah dikeringkan, diberi kapur, serta sudah diberi pupuk yang sesuai ketentuan dan pastikan juga sudah dibersihkan dari ikan – ikan liar. 


Cara budidaya ikan mujair selanjutnya ialah memberi pakan untuk bibit. Dalam proses cara budidaya ikan mujair yang benar, derma pakan sesuai dengan ketentuan atau dosisnya. Penebaran bibit yang benar berdasarkan cara budidaya ikan mujair ialah dengan menyesuaikan luas kolam dan ukuran benih ikan. Pada umumnya ukuran anak ikan berkisar 1-3 cm, artinya benih ikan sanggup berjumlah sekitar 30-50 ekor per m2. Sedangkan untuk anakan yang berukuran 3-5 cm berarti jumlah penebarannya berkisar 5-10 ekor per m2 dan anakan yang ukurannya 5-8 cm jumlah penebarannya 2-5 ekor per m2. Cara budidaya ikan mujair pada benih yang mempunyai ukuran 5-8 cm lebih baik Anda memakai cara monosec kultur. Pada ukuran tersebut benih ikan sudah sanggup Anda bedakan jenis kelaminnya, apakah jantan atau betina.


Proses pemijahan serta penetasan telur budidaya ikan mujair akan berlangsung sepanjang tah Rangkuman Cara Budidaya Ikan Mujair Lengkap Ada Disini ( Bag II )
Anakan mujair di lepaskan oleh indukan

Pemeliharaan Pembesaran


Cara budidaya ikan mujair selanjutnya yaitu pemeliharaan pembesaran. Dalam ternak mujair hal ini sanggup Anda lakukan dengan cara polikultur atau cara monokultur.


Polikultur



  • Ikan mujair 50%, ikan mas 30%, ikan tawes 20%. 

  • Ikan mujair 50%, ikan mas 30%, ikan gurame 20%.



Anda sanggup menentukan salah satu dari jenis polikultur tersebut.


Monokultur


Cara budidaya ikan mujair dengan pemeliharaan secara monokultur ialah pemeliharaan terbaik dalam budidaya ikan mujair. Jika dibandingkan dengan cara budidaya ikan mujair polikultur, monokultur lebih unggul alasannya ialah dilakukan pemisahan antara indukan jantan dan indukan betina. Pembesaran ikan mujair sanggup dilakukan pada jaring apung yang terbuat dari hapa dengan ukuran 1×2 m – 2×3 m dengan kedalaman rata-rata 75-100 cm. Ukuran hapa juga sanggup Anda sesuaikan dengan kedalaman dari kolam.


Disamping itu, Anda juga sanggup memakai cara budidaya ikan mujair dengan media sawah yang lagi diberokan, sehingga sanggup Anda gunakan untuk pemijahan serta memelihara benih ikan mujair. Jika Anda tertarik memakai cara budidaya ikan mujair media sawah yang sedang diberokan, sebaiknya kedalamnya ditambah terlebih dahulu sehingga debit airnya bisa menampung antara 50-60 cm. Selanjutnya Anda menciptakan parit dengan lebar 1-1,5 m dengan kedalaman 60-75 cm. 


Pemupukan


Lakukanlah tahap pemupukan kolam. Fungsinya ialah untuk meningkatkan produktivitas dari kolam. Dengan pemupukan, Anda sanggup merangsang pertumbuhan pakan alami sebanyak mungkin. Pupuk yang Anda gunakan bisa dengan pupuk sangkar ataupun pupuk hijau dengan skala 50-700 gram per m2. 


Pemberian Pakan 


Jika produktivitas serta kesuburan dari kolam Anda mengalami penurunan, sebaiknya cara budidaya ikan mujair yang Anda berikan ialah pakan ekstra dengan adonan yang terdiri dari tepung ikan 25%, dedak halus 65%, serta tepung kopra 10%. Komposisi atau adonan pakan ekstra tersebut sanggup Anda aplikasikan kalau Anda melaksanakan budidaya ikan mujair skala komersil. Anda juga sanggup menawarkan pellet yang mempunyai kandungan protein 20-30% dengan skala 2-3% dari jumlah bobot ikan perharinya. Pemberian pellet dilakukan pada pagi dan sore hari.


Proses pemijahan serta penetasan telur budidaya ikan mujair akan berlangsung sepanjang tah Rangkuman Cara Budidaya Ikan Mujair Lengkap Ada Disini ( Bag II )
Pelet ikan mujair

Kondisi pakan dalam air juga harus sesuai dengan takaran dengan ketentuan yang sudah ada. Diluar dari pakan, media dasar juga perlu diberikan pakan perhiasan yang berupa pellet yang sudah hancur atau remahan dengan takaran 10% dari jumah bobot ikan per harinya. Pemberian sanggup Anda lakukan 2-3 kali dalam sehari.


Pemeliharaan Tambak/kolam


Dalam budidaya ikan mujair, hal yang sering terlupakan ialah menjaga kondisi air. Jagalah kualitas air selalu bersih. Sehingga terhindar dari kontaminasi zat yang beracun.


artikel ikan tawar lainnya: Tips Cepat Pembesaran Ikan Bawal Pada Budidaya Bawal


sumber gambar: pondokusahawarga, adearisandi, bibitikan




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Rangkuman Cara Budidaya Ikan Mujair Lengkap Ada Disini ( Bag Ii )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel