Tata Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar
Assalamualaikum wr. wb.
Surat Lamaran Pekerjaan
Ketika hendak melamar suatu pekerjaan pastilah diharapkan sebuah surat lamaran pekerjaan, yaitu surat yang berisikan permohonan suatu pekerjaan yang dibentuk oleh calon pekerja ditujukan kepada seseorang yang berkuasa di dalam instansi atau perusahaan.
Dalam menciptakan surat lamaran pekerjaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebab biasanya pihak perusahaan benar-benar melakuakan evaluasi terhadap calon pelamar melalui surat lamaran pekerjaan tersebut. Tidak sedikit perusahaan yang mengharuskan calon pelamar yang hendak melamar pekerjaan di perusahaan itu memakai surat lamaran yang ditulis tangan sendiri sebab memang goresan pena tangan kita akan benar-benar dinilai, bukan soal anggun buruknya goresan pena kita melainkan goresan pena tangan kita mewakili kepribadian diri kita. Karena itulah jangan sembarangan dalam menulis surat lamaran pekerjaan, jikalau tidak ingin pribadi gagal dalam proses penerimaan tahap awal ini. :)
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan burusahalah serapih mungkin dan sesuai dengan hukum penulisan surat lamaran pekerjaan dan memakai kata-kata baku dan juga sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), usahakan jangan ada salah (coret atau tipex). Saya sarankan gunakan bolpoin/pulpen warna hitam.
Perlu diingat juga bahwa seseorang sanggup mengujukan lamaran pekerjaan atas dasar :
1 1. Sumber formal berupa iklan surat edaran dari instansi atau perusahaan.
2 2. Sumber informal yaitu dari individu-individu tertentu dalam organisasi atau perusahaan yang bersangkutan, atas inisiatif sendiri.
Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat menulis surat lamaran pekerjaan yaitu Estetika. Estetika cara penulisan surat lamaran pekerjaan diantaranya :
1 1. Surat lamaran pekerjaan ditulis pada kertas putih yang bermutu baik
2 2. Surat lamaran pekerjaan ditulis rapi, higienis dan sanggup dibaca
3 3. Surat lamaran pekerjaan ditulis satu halaman
4 4. Menggunakan bahasa yang sopan dan menarik
5 5. Menggunakan kalimat yang singkat tetapi terang maksudnya.
Dibawah ini ialah pola surat lamaran pekerjaan yang benar :
Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 7 (Tujuh) lembar
Majalengka, 14 Juli 2017
Yth. Direktur PT. BUANA
Jalan Brawijaya Nomor 21
Bandung
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat dalam harian Kompas hari Kamis 13 Juli 2017, dengan ini saya mengajukan permohonan pekerjaan untuk jabatan Teknisi.
Adapun identitas saya ialah sebagai berikut :
nama lengkap : Moch. Aziz Muslim
tempat, tanggal lahir : Majalengka, 16 Nopember 1996
pendidikan : SMK
alamat : Jalan Kencanawati RT. 001 RW. 005 Desa Pasir Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka Kode Pos : 45474
Telepon : 08xxxxxxxxxx
Sebagai materi pertimbangan Bapak, dengan ini saya melampirkan :
1. Fotokopi Ijazah Sekolah Menengah kejuruan 1 (satu) lembar
1. Fotokopi Ijazah Sekolah Menengah kejuruan 1 (satu) lembar
2 2. Fotokopi Sertifikat : Prakerin, B. Inggris, Komputer 1 (satu) lembar
3 3. Fotokopi KTP 1 (satu) lembar
4 4. Fotokopi Kartu Kuning dari DEPNAKER 1 (satu) lembar
5 5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian 1 (satu) lembar
6 6. Surat Keterangan Sehat dari dokter 1 (satu) lembar
7 7. Photo ukuran 4X6 sebanyak 2 (dua) lembar
Atas perkenan Bapak, mempertimbangkan permohonan ini saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya .
Moch. Aziz Muslim
*)Harus diperhatikan tata letak, hurup besar dan kecilnya serta tanda baca yang digunakan. Dan ingat surat lamaran pekerjaan ditulis hanya dalam satu halaman.
Demikiaanlah sedikit pembahasan dan pola surat lamaran lamaran pekerjaan dari saya, biar bermanfaat, jikalau ada yang kurang terang silahkan ke kolom komentar.
Kritik dan saran yang membangun selalu saya harapkan.
Wassalamualaikum wr. wb.
Sumber http://teori-perbab.blogspot.com
0 Response to "Tata Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar"
Posting Komentar