iklan

Fungsi Administrasi Keuangan Pada Ukm, Tips Gampang Mengelola Keuangan Usaha

Saat Anda mendirikan sebuah bisnis maka tahap awal yaitu perencanaan. Banyak sekali perencanaan yang harus Anda tuliskan. Salah satunya dan yang paling penting yaitu administrasi keuangan yang harus Anda jalankan. Manajemen keuangan yang tidak sesuai dengan porsinya akan menjadikan Anda mengalami kerugian dan kehabisan modal. Untuk itu disinilah fungsi administrasi keuangan pada UKM yang Anda jalankan.


Uang menjadi sesuatu yang cukup penting, tanpa pengelolaan yang baik dan benar maka dapat menjadikan uang itu tidak terang peruntukannya. Sehingga harus direncanakan dengan baik. Karena dalam mengelola keuangan harus dapat dilakukan perincian yang benar dan alokasi yang jelas.


Terutama untuk UKM, alasannya yaitu sangat jarang orang yang gres memulai usaha kecil dan menengah memakai modal yang dia miliki dengan benar. Mereka sering mengabaikan administrasi keuangan dalam mengucurkan modal perjuangan yang akan digunakan. Serta tidak ada perencanaan yang baik dalam mengelola dana tersebut.


Manajemen Keuangan Pada Usaha Kecil


Pada umumnya, administrasi keuangan lebih sering dipakai oleh perusahaan besar. Bukan berarti pada perjuangan kecil, administrasi keuangan tidak perlu diterapkan. Karena, perjuangan kecil harus menunjukkan perhatian yang sesuai pada pengelolaan dana tersebut.


Pengelolaan keuangan memang tidak dapat terlepas dari akuntansi. Untuk itu sedikit pemahaman perihal akuntansi dibutuhkan oleh pengusaha kecil, supaya perjuangan mereka tetap berjalan dan berkembang serta modal yang sudah dikeluarkan dapat kembali dalam waktu yang sudah ditetapkan.


Masalah yang sering muncul dari pelaku UKM mereka tidak dapat memegang uang yang cukup banyak. Hal inilah yang selama ini tidak dipahami dengan baik oleh pengusaha UKM. Ketika mereka mendapat keuntungan yang cukup banyak, sesudah itu pula mereka tidak dapat membagi keuntungan secara proporsional untuk dikelola menjadi modal lagi. Lebih sering keuntungan yang diperoleh dari hasil perjuangan dipakai untuk uang pribadi.


Sebagai seorang bussiness man, Anda harus mengetahui fungsi dari pengelolaan keuangan yang baik untuk bisnis. Karena problem financial yaitu problem yang vital, tanpa mempunyai catatan keuangan yang terang dalam bisnis maka sangat sulit bisnis Anda untuk berkembang.


Pengertian Manajemen Keuangan


Apakah Anda sudah tahu pengertian dari pengelolaan keuangan? Jika belum maka Anda harus mengetahui apa fungsi dari administrasi keuangan. Manajemen keuangan yaitu bagaimana cara mendapat dana modal, pencatatan transaksi, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dilakukan oleh para individu.


Sehingga Anda sebagai pelaku UKM harus melaksanakan pencatatan-pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam usaha. Bahkan sampai hutang pun harus Anda catat, sebagian besar pelaku UKM tidak pernah mencatatkan hutang yang mereka peroleh. Sehingga ajaran hutang tidak pernah terang alokasinya.


Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka Anda dapat mengelola sumber-sumber modal dengan baik dan secama. Sehingga pengeluaran pun dapat dipantau dengan baik dan dapat terang alirannya kemana.


Fungsi Manajemen Keuangan Pada UKM


Ada beberapa fungsi yang harus Anda ketahui dengan diterapkannya pengelolaan keuangan yang baik. Berikut beberapa fungsinya sehingga Anda mengetahui manfaat yang diperoleh.


Memiliki Rencana Keuangan


Salah satu fungsi administrasi yaitu perencanaan, perencanaan keuangan harus ada dan selalu dipegang oleh pelaku UKM. Rencana keuangan pun tidak hanya berlaku ketika akan mendirikan UKM, tetapi planning keuangan harus diterapkan juga dalam pengembangan usaha.


Mengetahui Jumlah Transaksi


Anda juga harus mempunyai pencatatan jumlah transaksi yang terang dan benar. Pencatatan transaksi harus dicatat setiap transaksi harian. Tanpa adanya catatan transaksi, maka sangat sulit Anda mengetahui berapa jumlah transaksi yang terjadi dalam satu hari. Terlebih jikalau Anda tidak selalu mengawasi perjuangan setiap hari.


Pengendalian Keuangan


Fungsi administrasi keuangan pada UKM selanjutnya yaitu pengendalian keuangan. Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka pengendalian keuangan juga akan jelas. Untuk apa saja dana modal dikeluarkan, dan untuk apa keuntungan usaha. Inilah salah satu hal terpenting dari financial management.


Mengetahui Jumlah Hutang


Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka Anda dapat mengetahui jumlah hutang yang Anda miliki. Karena sangat jarang pelaku perjuangan yang mengetahui jumlah utang yang mereka miliki, baik itu hutang dari Bank, hutang barang, dan hutang dengan investor misal.


Mengetahui Jumlah Keuntungan


Selain mengetahui jumlah hutang, adanya fungsi administrasi keuangan pada UKM, dapat mengetahui jumlah keuntungan yang peroleh pada periode tertentu. Sehingga Anda dapat mengetahui berapa jumlah keuntungan atau keuntungan yang diperoleh dari perjuangan Anda.


Semakin berkembang perjuangan milik Anda, maka akan semakin kompleks pula pengelolaan keuangan Anda. Tentunya hal ini sangat sulit dilakukan secara manual, Anda harus memakai Accurate Software untuk administrasi keuangan pada UKM milik Anda.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Fungsi Administrasi Keuangan Pada Ukm, Tips Gampang Mengelola Keuangan Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel