iklan

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat


Sedulurtani.com. Mungkin bagi Anda pisang merupakan buah yang tidak ajaib lagi. Pasalnya buah dengan rasa elok dan bertekstur empuk ini telah terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan aneka macam negara di dunia.


Pisang merupakan tumbuhan semak dengan batang semu (pseudostem) yang mempunyai tinggi antara 1-4 meter tergantung dari varietasnya. Tanaman pisang mempunyai sifat merumpun dan setiap tumbuhan hanya berbuah satu kali saja lalu mati (monokarpik).


Asal-usul tumbuhan pisang, yaitu dari Asia Tenggara dan ketika ini tumbuhan pisang telah menyebar ke seluruh dunia termasuk negara kita Indonesia.


Buah pisang banyak digemari masyarakat dan disajikan untuk buah meja, pisang rebus, pisang goreng, selai pisang dan lain-lain. Beberapa pisang yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, antara lain pisang raja, pisang ambon, pisang mas, barangan, dan pisang sere.


Untuk mengenal lebih terperinci terkait tumbuhan pisang, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan gosip tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat


Berikut ini yaitu pembagian terstruktur mengenai dari tumbuhan pisang :












































KingdomPlantae (Tumbuhan)
Sub KingdomTracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super DevisiSpermatophyta (Menghasilkan biji)
DevisiMagnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
KelasLiliopsida (Berkeping satu/ monokotil)
Sub KelasCommelinidae
OrdoZingiberales
FamiliMusaceae (Suku pisang-pisangan)
GenusMusa
SpesiesMusa paradisiaca L.

Setelah Anda mengetahui pembagian terstruktur mengenai dari tumbuhan pisang, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan pisang. Berikut ini yaitu morfologi dari tumbuhan pisang :

1. Morfologi Akar Pisang

Tanaman pisang tidak mempunyai akar tunggang. Tanaman ini hanya mempunyai akar samping yang merupakan akar serabut berwarna kecoklatan. Secara umum, pertumbuhan akar berkumpul dan bergerak menyaping dengan panjang sekitar 4-5 meter.


Akar tumbuhan pisang mempunyai tekstur yang lunak dan menyamping, sehingga tidak sanggup menembus kedalaman melebihi 2 meter.


2. Morfologi Batang Pisang

Tanaman pisang mempunyai batang berbentuk lingkaran dan berlapis. Batang tumbuhan pisang mempunyai dua bagian, yaitu batang orisinil dan batang semu (palsu).


Batang orisinil tumbuhan pisang mempunyai banyak mata tunas dan sanggup tumbuh menjadi tunas gres (sucker). Sedangkan batang semu terdiri dari pelepah-pelepah daun yang berdiriri tegak dan kokoh.


3. Morfologi Daun

Tanaman pisang mempunyai bentuk daun yang lingkaran lonjong dan melebar dengan tulang daun yang besar. Pada potongan tepi daun tidak mempunyai ikatan daun yang kuat, sehingga akan gampang robek ababila terkena angin kencang.


Daun tumbuhan pisang mempunyai warna daun hijau muda ketika masih muda dan sesudah remaja daun akan bermetamorfosis hijau tua. Pada permukaan daun mempunyai sifat licin dan berlapis lilin, serta pada potongan ujung daun berbentuk tumpul.


4. Morfologi Bunga

Tanaman pisang berbunga tunggal, dan keluar dari potongan ujung batang serta bersifat monokarpik (hanya berbunga sekali selama hidupnya). Bunga tumbuhan pisang ini biasa disebut dengan jantung, mempunyai warna merah tua, akan tetapi ada juga jantung pisang yang berwarna ungu ataupun kuning.


Bunga pisang merupakan bunga sempurna, akan tetapi pada ujung jantung biasanya berbunga jantan. Pada setiap seludang berlahan-lahan akan mekar dan tampak sisirnya, sedangkan potongan ujung jantung tidak akan mekar, melainkan akan tetap tersisa jantungnya.


5. Morfologi Buah Pisang

Buah pisang ini tersusun dalam sebuah tandan, dan dalam tandan ini terdapat beberapa sisir yang terdiri dari 8-10 buah dalam tiap sisirnya. Banyaknya buah pada tiap sisir tergantung dari varietasnya.


Buah pisang mempunyai ukuran yang bervariasi tergantung dari varietasnya. Secara umum  buah pisang mempunyai panjang antara 10-18 cm dan lebar antara 2,5-4,5 cm.


Buah pisang mempunyai warna hijau kalau belum matang, dan sesudah buah ini matang maka buah akan berubah warna menjadi kuning. Buah pisang mempunyai rasa yang elok dan daging buahnya tebal serta lunak.


Pada umumnya buah pisang tidak mempunyai biji (triploid), kecuali pisang jenis klutuk yang bersifat diploid memiliki biji.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda yang sedang mencari gosip terkait tumbuhan pisang.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel