Makalah Media Pembelajaran
TUGAS MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun oleh :
1. Kurniasih (1516500035)2. Kurniawan Budi (1516500036)
Kelas : 3C
Dosen pengampu : Agus Riyanto M.Pd
PROGRAM STUDi PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA dan DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PANCASAKTI
TEGAL
2017
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG Menulis puisi ialah acara yang sanggup membantu kita terhindar dari beratnya beban fikiran tanggapan acara sehari-hari. Selain itu, menulis pantun sanggup membantu kita memperoleh beberapa suku kata dalam pemebendaharaan kata yang kita miliki.
Mendekonstruksikan pantun ialah langkah kedua dalam pembentukan iman diri dan mengungkapkan gagasan kita dalam beberapa bait pantun yang sanggup kita ujarkan.
B. TUJUAN
Menulis dan mendekonstruksikan pantun sanggup menciptakan penerima didik percaya diri dalam mengungkapkan gagasannya.
BAB II
PEMBAHASAN
1. STANDAR KOMPETENSI Menulis dan mendemonstrasikan (membacakan) pantun sesuai dengan tema yang ditentukan.
2. MATERI
Pantun ialah puisi melayu orisinil yang sudah mengakar usang di budaya masyarakat. Pantun salah satu jenis karya sastra yang lama. Lazimnya puisi hanya terdiri atas 4 lari (baris) bersajak ab-ab atau aa-aa. Pada awal mulanya pantun merupakan sastra lisan, tapi sekarang pantun juga ada dalam bentuk tulisan. Keseluruhan bentuk pantun hanyalah berupa sampiran dan isi. Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua dan biasanya tidak bekerjasama secara eksklusif dengan bab kedua. Baris ketiga dan keempat ialah bab isi yang merupakan tujuan dari puisi tersebut.
Contoh :Buku gres untuk Lia
Beli satu buat Ikhsan
Boleh saja beda agama
Asal kita tetap berkawan
Sepasang sepatu biru
Warna merah anggun juga
Untuk apa saling mengganggu
Karena kita tetaplah sama
Jangan jadi biang masalah
Kaprikornus sampah tinggal dibuang
Warna kulit tidak masalah
Warna isi dompet jadi penghalang
Baca Juga : Makalah Prinsip Kesantunan Berbahasa3. MEDIA PEMBELAJARAN
a. Gambar tema yang di tentukan oleh guru
Tema : Persahabatan
b. Miniatur pohon yang menentukan penerima didik mendekonstruksikan pantun yang sudah mereka tulis
4. ALAT DAN BAHAN
a. Ranting pohon
b. Kertas
c. Lem
d. Laptop
e. Proyektor
f. Layar proyektor
g. Sorftware yang berkaitan dengan gambar tema
5. PROSEDUR
a. Laptop disambungkan dengan proyektor
b. Gambar ditampilkan pada layar proyektor
c. Pohon ditempatkan didepan para siswa
d. Siswa menentukan daun yang ada pada pohon
e. Siswa membaca goresan pena pada daun itu yang berupa benda yang dipakai untuk menciptakan pantun yang diubahsuaikan dengan tema
6. ALASAN
Banyak siswa yang mempunyai gagasan mengenai pantun yang telah mereka tulis, namun mereka enggan mengungkapkannya dalam bentuk kata ujaran. Dengan kompetensi dasar dan penggunaan media yang sederhana, sanggup menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Siswa juga ditandang dengan adanya tema dan benda yang ditentukan supaya menjadi satu bait pantun.
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A. SIMPULAN Pantun ialah puisi melayu orisinil yang sudah mengakar usang di budaya masyarakat. Pantun salah satu jenis karya sastra yang lama. Lazimnya puisi hanya terdiri atas 4 lari (baris) bersajak ab-ab atau aa-aa.
Contoh :Buku gres untuk Lia
Beli satu buat Ikhsan
Boleh saja beda agama
Asal kita tetap berkawan
B. SARAN
Sebaiknya guru yang hendak mengajarkan bahan pantun haruslah menarik minat siswa dengan memakai media yang belum ada atau hampir tidak terpikirkan. Karena siswa akan merasa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang kita ajarkan untuk mengetahui kegunaan media yang kita bawa.
DAFTAR PUSTAKA
Pengertian pantun : https://id.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:PantunGambar tema : https://id.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Pantun
0 Response to "Makalah Media Pembelajaran"
Posting Komentar