iklan

Pengertian Administrasi Pemasaran Berdasarkan Para Ahli

Manajemen pemasaran merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapat laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh semenjak sebelum barang-barang di produksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memperlihatkan kepuasan kepada konsumen kalau menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebij baik terhadap perusahaan. 

Gambar: Pengertian Manajemen Pemasaran
Berikut pemaparan mengenai definisi administrasi pemasaran berdasarkan para ahli: 

Menurut Adi (2006:6) dikatakan bahwa: 
“manajemen pemasaran ialah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta control program-program yang telah di rencanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama”. 

Menurut Kotler/Amstrong (2002:14), terjemahan W. Bakowatun menyebutkan bahwa:
“Manajemen Pemasaran ialah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas aktivitas yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli target dengan maksud untuk mencapai target organisasi”. 

Dari uraian definisi diatas sanggup disimpulkan bahwan administrasi pemasaran ialah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan dioganisasikan yang mencakup pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibentuk yang tujuannya untuk mendapaykan daerah dipasar supaya tujuan utama dari pemasaran sanggup tercapai. 

Fungsi Manajemen Pemasaran 
Fungsi administrasi pemasaran mencakup riset konsumen, pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan santunan service. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen. 

Berikut macam-macam fungsi administrasi pemasaran:
1. Fungsi Pertukaran 
Dengan pemasaran pembeli sanggup membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk digunakan sendiri atau untuk dijual kembali. 

2. Fungsi Distribusi Fisik 
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk supaya tidak kekurangan dikala dibutuhkan. 

3. Fungsi Perantara
Untuk memberikan produk dari tangan produsen ketangan konsumen sanggup dilakukan melalui mediator pemasaran yang menghubungkan aktivias pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi mediator antara lain ibarat pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian gosip serta standarisasi/ penggolongan produk.


Sumber: dikutip dari banyak sekali sumber.

Sekian uraian wacana pengertian administrasi pemasaran berdasarkan para ahli, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Administrasi Pemasaran Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel