iklan

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Semoga Tidak Cepat Habis

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis – Kebanyakan baterai laptop tidak bisa bertahan usang sepanjang hari. Mungkin hanya dua atau jam saja anda bisa memakai baterai laptop. Hal ini disebabkan lantaran salahnya pengaturan yang menciptakan baterai laptop anda boros. Pada artikel ini aku akan meberikan tips bagaimana cara menghemat baterai laptop semoga tetap infinit dan tidak gampang habis.

10 Cara AMPUH Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

1. Mengurangi Kecerahan Layar
Hal yang sanggup menguras baterai pada setiap perangkat elektronik portabel yang modern baik itu laptop, smartphone, atau tablet ialah layar. Mengurangi kecerahan layar merupakan salahsatu cara sederhana semoga baterai laptop anda tidak gampang habis. Bagaimana cara megurangi kecerahan laptop?


Pada laptop biasa, anda bisa menekan tombol Fn dan tekan tombol Brightness pada keyboard laptop Anda. Semakin rendah tingkat kecerahan layar, semakin usang Anda sanggup memakai laptop.
Selain cara di atas, Anda juga sanggup menekan Icon baterai pada Task Bar, kemudian pilih Adjust Screen Brightness.

 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis 10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Mengurangi Kecerahan Layar

2. Matikan Layar Laptop Secara Otomatis
Anda sanggup mengatur pengaturan untuk mematikan layar laptop secara otomatis pada ketika laptop tidak digunakan. Caranya ialah sebagai berikut;
Buka Control Panel dan Pilih Hardware and Sound kemudian Pilih Power Option ➔ Change When The Computer Sleep ➔Turn Off Display ➔ 3 Minutes.

 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis 10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Mematikan Layar Monitor Otomatis

3. Nonaktifkan Bluetooth dan Perangkat Keras Lainnya
Jika laptop anda mempunyai radio Bluetooth dan mempunyai Inframerah (IR), anda sanggup mengemat baterai laptop dengan mematikannya pada ketika tidak digunakan. Untuk menonaktifkan Bluetooth, tekan tombol Fn dan tekan tombol dengan simbol Bluetooth pada keyboard laptop Anda.

Baca juga :
Tips Membeli Baterai Laptop Baru
Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Selain menonaktifkan Bluetooth, anda juga bisa menonaktifkan Wi-Fi pada ketika tidak dipakai untuk menghemat baterai laptop. Wi-Fi bisa anda matikan dengan cara yang sama memakai tombol Fn dan tekan symbol Wifi. Atau mungkin menonaktifkan dengan cara mematikan adaptor Wifi di control panel.

4. Aktifkan Mode Power Saver
Sistem operasi Windows memperlihatkan fitur Power saver yang berfungsi untuk menhemat baterai laptop. Fitur ini bisa anda gunakan pada ketika laptop hanya dipakai untuk hal-hal yang tidak membutuhkan daya yang besar, ibarat mengetik.

Adapun ketika anda sedang bermain game jangan gunakan mode power saver.  Cara mengaktifkan Mode Power Saver ialah dengan cara klik Icon Baterai pada Task Bar kemudian pilih Power Saver.

Selain itu, Anda sanggup mengubah banyak sekali pengaturan untuk menghemat baterai laptop, termasuk pengaturan kecepatan kipas. Cara ialah : Buka Control PanelChange Plan SettingChange Advance Power Setting.

 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis 10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Mengurangi Kecepatan Kipas Laptop


5. Gunakan Windows Power Trobleshooter
Windows 7 dan windows 8 termasuk alat pemecahan dilema listrik yang akan mendeteksi sistem untuk akses baterai dan secara otomatis memperbaikinya. Untuk memuat alat ini, buka Control Panel, ketik Troubleshooting pada kotak pencarian Control Panel. Plilih View All ➔ Power ➔ Klik Next. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis 10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

Windows akan mencari dilema umum dan secara otomatis memperbaikinya. Ini ialah cara cepat untuk menyidik apakah pengaturan laptop sudah optimal atau tidak.

6. Non Aktifkan Screensaver
Screensaver akan menguras baterai laptop Anda untuk melaksanakan sesuatu yang mempunyai kegunaan ketika layar Anda bisa off dan hemat daya.

7. Minimalkan jadwal yang berjalankan di latar belakang
Memeriksa system tray untuk jadwal yang tidak perlu dan uninstall beberapa jadwal atau menonaktifkannya dan matikan Start Up.

8. Kurangi penggunaan CPU
Jika Anda memakai jadwal berat tentu akan menciptakan CPU untuk bekerja lebih berat sepanjang waktu, dan yang niscaya CPU laptop akan memakai lebih banyak daya dan baterai.

9. Aktifakan Mode Hibernate Daripada Mode Sleep
Jika Anda tidak akan memakai laptop selama beberapa jam, gunakanlah mode hibernasi daripada modus sleep untuk menghemat daya baterai lebih. Modus tidur tidak memakai banyak daya baterai, namun mode hibernasi sama sekali tidak membutuhkan daya sehingga akan lebih menghemat baterai laptop.

10. Kurangi Visual Effect
Visual effek ibarat wondows aero membutuhkan cache di RAM, tentu ini akan menciptakan RAM lebih aktif dan membutuhkan daya yang lebih. Untuk itu kurangilah effect visual dari laptop anda.

Caranya adalah;
StartControl PanelSystemAdvance System Setting. Pada tab Advance klik setting, pilih opsi Adjust Best Peformance dan klik apply.

 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis 10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Mengurangi Visual effect
Itulah cara menghemat baterai laptop semoga tidak boros. Cara di atas aku praktekan di windows 8. Jika anda memakai windows 7 atau 10, caranya hampir sama, tinggal menyesuaikannya saja. Jika anda mempunyai tips perhiasan untuk menghemat baterai laptop, silahkan tulis di kolom komentar.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "10 Cara Menghemat Baterai Laptop Semoga Tidak Cepat Habis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel