iklan

Cara Menanam Apel Dari Biji Lebih Gampang Dilakukan Dengan 4 Langkah Ini

Buah apel yaitu salah satu buah favorit yang banyak disukai oleh banyak sekali kalangan, mungkin salah satunya Anda yang membaca artikel ini. Saat ini ada kabar baik bagi Anda yaitu budidaya apel sendiri di halaman rumah, dengan cara menanam apel melalui biji.


Ada beberapa tahap cara menanam apel dari biji buah yang sanggup Anda lakukan sendiri dirumah, meskipun Anda bahwasanya tidak mempunyai kemampuan bertani, namun tips cara menanam apel dari biji ini akan terasa lebih gampang untuk Anda pelajari.


Pada umumnya budidaya apel dilakukan dengan memakai bibit hasil okulasi, cangkok, maupun stek batang. Namun pada dikala ini telah muncul solusi yang lebih praktis, alasannya yaitu sulitnya mencari bibit yang siap tanam, maka cara menanam apel dari biji merupakan alternatif yang paling gampang untuk Anda lakukan dikala ini.


Buah apel yaitu salah satu buah favorit yang banyak disukai oleh banyak sekali kalangan Cara Menanam Apel dari Biji Lebih Praktis Dilakukan dengan 4 Langkah Ini
Gambar 1. Cara menanam apel dari biji

Inilah  4 tahapan yang harus Anda lakukan untuk memulai cara menanam apel dari biji


A. Mengatur  Suhu Dingin


Langkah pertama dari cara menanam apel dengan memakai biji yaitu dengan menyemai biji apel tersebut hingga tumbuh tunas. Pada tahap ini memang ada beberapa halyang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu membuat media semai, dengan memanipulasi suhu ruangan. Karena ibarat Anda ketahui, pohon apel tumbuh baik di lingkungan yang bersuhu hambar ibarat kebun-kebun apel yang ada diberbagai kawasan ibarat Batu, Kota Malang maupun Lembang, Bandung serta kawasan setra budidaya apel lainya.


Kumpulkan biji buah apel dari dua jenis buah apel yang berbeda, ini dimaksudkan alasannya yaitu nanti dikala pohon sudah memasuki masa berbuah, pohon apel tidak sanggup melaksanakan penyerbukan sendiri jikalau hanya ada satu pohon apel saja yang Anda tanam. Setelah biji dipisahkan dari daging buah, jemurlah biji-biji tersebut biar kulit luar biji tersebut tidak terasa lembab.


Cara menanam apel selanjutnya yaitu masukkan biji apel yang sudah kering tersebut ke wadah berupa tissue atau kain. Tissue ini dipakai sebagai media semai biji yang kemudian Anda masukkan kedalam wadah yang sanggup di tutup rapat, contohnya stoples atau Tupperware. Selain tissue, Anda juga sanggup memakai tanah gambut sebagai media semai biji apel tersebut.


Buah apel yaitu salah satu buah favorit yang banyak disukai oleh banyak sekali kalangan Cara Menanam Apel dari Biji Lebih Praktis Dilakukan dengan 4 Langkah Ini
Gambar. 2. Cara menanam apel dari biji

Berikutnya Anda masukkan stoples yang sudah ditutup rapat tadi di dalam lemari es. Inilah tahap cara menanam apel dari biji yang disebut dengan after ripening yaitu mengkondisikan biji apel sedemikian rupa seolah berada di demam isu dingin. Usahakan suhu lemari es Anda tetap pada 40 – 42 farenheit. Setelah delapan ahad menghuni lemari es Anda, biasanya biji apel tersebut akan mulai muncul tunas dan akar.


B. Pindahkan Tunas ke Pot / Polibag


Setelah biji di dalam lemari es mulai bertunas dan mengeluarkan akar, cara menanam apel selanjutnya yaitu memindahkan bibit bertunas tersebut ke dalam media pot. Isilah media pot dengan tanah gambut dengan PH netral, serta tambahkan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. (pupuk dan tanah).


Selanjutnya lubangi media tanam tersebut dengan jari telunjuk untuk meletakkan bibit yang mulai berakar tadi. Pindahkan biji apel dengan hati-hati, biar akar yang sudah mulai muncul tidak rusak, kemudian tutup kembali dengan tanah, dan sirami dengan air secukupnya untuk membuat kondisi lembab di sekitar biji.


Buah apel yaitu salah satu buah favorit yang banyak disukai oleh banyak sekali kalangan Cara Menanam Apel dari Biji Lebih Praktis Dilakukan dengan 4 Langkah Ini
Gambar 3. Cara menanam apel dari biji

Tempatkan pot tersebut di dalam suhu kamar namun tetap usahakan biar menerima kanal sinar matahari pagi. Anda sanggup menaruhnya di jendela rumah sebelah timur biar matahari pagi sanggup pribadi diterima oleh pot berisi biji apel tersebut. Sirami dengan rutin biji apel di dalam pot tersebut hingga mengeluarkan daun tanaman, proses cara menanam apel pada tahap ini biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 minggu.


C. Pindahkan ke Lahan Tanam Sesungguhnya


Setelah bibit tersebut mengeluarkan 5 hingga 7 helai daun, maka bibit tumbuhan sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam sesungguhnya. Jika Anda hendak menanam di halaman rumah, sebaiknya cangkul tanah terlebih dahulu biar tanah menjadi gembur dan tambahkan pupuk kompos jikalau perlu biar nutrisi tumbuhan sanggup terpenuhi dengan baik.


Cara menanam apel dari biji selanjutnya yaitu memindahkan bibit yang sudah mulai muncul tunas tersebut kedalam media tanam, sebaiknya lakukan pemindahan di pagi hari biar tumbuhan gres tidak stress ketika pribadi terpapar sinar matahari siang. Setelah ditanam sengan hati-hati, sebarkan mulsa di sekitar tumbuhan untuk membuat kelembaban sekitar tanaman. Anda sanggup menaruh jerami, serbuk kayu gergaji, maupun batang gandum kering sebagi mulsa.


D. Merawat Pohon Apel


Sirami dengan rutin tumbuhan apel Anda, terutama jikalau menghadapi demam isu kemarau. Tanaman sangat menyukai lingkungan yang lembab namun tidak terlalu basah. Cara menanam apel dari biji juga membutuhkan pemupukan susulan layaknya cara menanam apel dari stek maupun okulasi. Anda sanggup memakai pupuk perhiasan dari jenis NPK dengan takaran ¼ kg per pohon setiap 4 bulan sekali.


Baca juga : 5 Tahapan Penting Pasca Panen dalam  Budidaya Apel


Setelah berumur 6 hingga 8 tahun, biasanya pohon apel Anda akan mulai berbuah. Memang pohon apel yang ditanam dari biji mempunyai masa panen lebih usang dibandingkan jikalau Anda menanam apel dari bibit hasil cangkok maupun okulasi. Namun demikian, keberhasilan pecinta buah apel dalam mempraktekkan cara menanam apel dari biji yaitu suatu kepuasan tersendiri yang tidak sanggup diganti.


Demikianlah infoagri yang bisa kami bagikan untuk Anda mengenahi cara menanam apel dari biji. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan share atau berikan atensi Anda melalui komentar dibawah.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Apel Dari Biji Lebih Gampang Dilakukan Dengan 4 Langkah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel