iklan

Cara Menggabungkan Saldo Jht Jamsostek Dari 2 Kartu Bpjs Tk Atau Lebih

Membahas wacana bagaimana cara menggabungkan semua saldo JHT dari beberapa kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek). Jika Anda akseptor bpjs  tk aktif dan mempunyai kartu akseptor lebih dari satu dari perusahaan-perusahaan sebelumnya, entah itu 2, 3 atau 4 kartu dan seterusnya, sangat disarankan untuk menyatukan seluruh saldo uang jaminan hari renta yang terbagi-bagi dalam beberapa kartu tersebut.

Proses penggabungan saldo JHT biasa disebut amalgamasi. Dan ini penting, supaya nanti ketika seluruh tabungan JHT tersebut akan kita cairkan, kita tidak repot lagi membawa paklaring sebanyak kartu BPJS Taman Kanak-kanak yang kita miliki. Cukup membawa Paklaring dari PT yang terakhir.

 Membahas wacana bagaimana cara menggabungkan semua saldo JHT dari beberapa kartu BPJS Ke Cara Menggabungkan Saldo JHT Jamsostek Dari 2 Kartu BPJS Taman Kanak-kanak Atau Lebih

Dan juga kalau saldonya tidak digabungkan, kita tidak dapat mengecek jumlah saldo JHT secara keseluruhan. Kita terpaksa harus cek satu persatu. Kalau contohnya mau ngecek saldo lewat SMS, Aplikasi BPJSTK MOBILE, lewat ATM, kita harus mendaftarkan satu persatu semua KPJ kita, dan itu berarti kita harus mempunyai banyak nomor handphone dan email. Karena satu no hp dan satu email hanya boleh dikaitkan dengan satu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, baik itu untuk menciptakan akun BPJSTK atau untuk mendaftar layanan SMS 2757. Makara tentunya sangat merepotkan.
Baca Juga: Cara Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan Dana JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek
Tapi penggabungan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan ini hanya dapat dilakukan bila status kita masih akseptor aktif, artinya kita masih berstatus karyawan di suatu perusahaan. Kalau posisi kita sudah resign dan belum bekerja lagi, saldo tidak perlu diamalgasikan, kalau mau dapat eksklusif melaksanakan pengajuan pencairan saja.

Penyebab seseorang mempunyai banyak kartu Jamsostek tentu sebab orang yang bersangkutan sering berpindah-pindah daerah kerja, lalu pada setiap perusahaan diberikan kartu akseptor BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor kepesertaan yang berbeda-beda. Dan sebab masing-masing kartu mempunyai saldo sendiri-sendiri, maka saldo-saldo tersebut perlu digabungkan biar gampang dicek dan gampang pula ketika nanti akan dicairkan.

Lalu bagaimana langkah-langkah menggabungkan atau meng-amalgamasi saldo-saldo dari beberapa kartu tersebut?

Langkah pertama siapkan dokumen-dokumen persyaratan yang diharapkan untuk penggabungan saldo, yaitu:
  1. Semua KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS Taman Kanak-kanak yang saldonya akan digabungkan atau diamalgasikan.
  2. Fotokopi Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Fotokopi KTP.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  5. Paklaring atau surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan-perusahaan sebelumnya.

Setelah semua berkas lengkap, silahkan mendatangi HRD perusahaan daerah Anda bekerja yang sekarang. Nanti pihak perusahaan yang akan mengurus penggabungan saldo JHT Anda di kantor BPJS TK. Anda tinggal terima beres.
Baca Juga: Cara Mencairkan Saldo JHT Dari Beberapa Kartu Sekaligus
Atau bila tidak ingin merepotkan perusahaan, kita dapat mengurus sendiri dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar. Maksudnya ialah kantor BPJS Taman Kanak-kanak yang mengeluarkan kartu akseptor kita yang masih aktif, alias kartu BPJS Taman Kanak-kanak di perusahaan daerah kerja yang sekarang. Dengan membawa berkas-berkas persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Seperti itu saja langkah-langkahnya. Cukup gampang bukan?

Demikian warta kami kali ini. Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mencari tata cara bagaimana menggabungkan semua saldo JHT BPJS Taman Kanak-kanak dari beberapa kartu ke dalam satu kartu. Terimakasih.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Cara Menggabungkan Saldo Jht Jamsostek Dari 2 Kartu Bpjs Tk Atau Lebih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel