iklan

Contoh Kurikulum Kursus Komputer

Contoh Kurikulum Kursus Komputer yang akan anda lihat dibawah ini bisa dijadikan tumpuan ketika akan menciptakan kurikulum kursus komputer di forum kursus masing-masing. Setipa penyelenggaraan acara pendidikan baik yang sifatnya formal maupun non formal perlu adanya rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada akseptor mencar ilmu dalam periode tertentu, selanjutnya disebut kurikulum. Lembaga kursus sebagai forum penyelenggara pendidikan non formal yang fungsi utamanya memperlihatkan pembinaan kecakapan hidup sudah tentu harus mempunyai rancangan pembelajaran tersebut, semoga proses pembinaan berjalan terstruktur dan sistematis.


 yang akan anda lihat dibawah ini bisa dijadikan tumpuan ketika akan menciptakan  Contoh Kurikulum Kursus Komputer


Lembaga kursus komputer tentu mempunyai paket-paket kursus sebagai produk progam yang akan ditawakan kepada publik. Paket-paket tersebut terdiri dari banyak sekali jadwal kursus untuk menguasai aplikasi komputer, setiap jadwal kursus tersebut harus dibuatkan rancangan pembelajarannya. Bagaimana cara menciptakan perancangan pembelajarannya?


Sistematika Kurikulum Kursus Komputer


Kurikulum ialah sejumlah mata pembinaan dan kegiatan-kegiatan dan segala sesuatu yang yang kuat terhadap pembentukan eksklusif akseptor didik sesuai dengan tujuan pembinaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk kurikulum kursus komputer juga sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Sistematika Penyusunan Kurikulum Kursus Komputer


Sistematika penyusunan kurikulum kursus komputer bisa dilihat dibawah ini,


Judul Kurikulum

I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

B. Filosofi


II. Kompetensi


III. Tujuan

A. Tujuan Umum

B. Tujuan Khusus


IV. Peserta (Jumlah & Kriteria Peserta Kursus)


V. Struktur Program


VI. Diagram Alir Proses Pembelajaran


VII. Silabus


VIII. Evaluasi


IX. Sertifikasi


Untuk penyusunan lebih lengkapnya anda bisa mengunduhnya pada lampiran pola kurikulum kursus komputer dibawah ini. Silahkan anda memodifikasinya sesuai profil forum kursus komputer yang anda kelola ketika ini.


Contoh Kurikulum Kursus Komputer Jadi


Untuk materi tumpuan kami menyertakan pola master kurikulum kursus komputer yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan jadwal kursus Aplikasi Perkantoran.


Ada 33 halaman lengkap sesuai kaidah penyusunan kurikulum kursus komputer, anda tinggal mengubah materi / jadwal kursusnya saja diadaptasi dengan jadwal kursus komputer yang akan anda kelola di forum kursus masing-masing.


Daftar Isi ……………………..


I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Tujuan

C. Dasar Hukum

D. Ruang Lingkup


II. KURIKULUM BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL

INDONESIA

A. Profil Lulusan

B. Capaian Pembelajaran

C. Bahan Kajian

D. Daftar Modul

E. Rencana Pembelajaran


III. PENUTUP


Lebih lengkap, silahkan mengunduh berkas dibawah ini:


Unduh : Contoh kurikulum kursus komputer berbasis Kopetensi


Unduh: Contoh kurikulum kursus komputer berbasis KKNI


Ada dua pola kurikulum kursus komputer yang bisa anda unduh dan modifikasi, tetapi sebelumnya anda harus paham dahulu apa itu kurikulum kursus berbasis keterampilan, dan apa itu kurikulum berbasis KKNI?


Kurikulum kursus komputer berbasis kompetensi ialah suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan kompetensi tugas-tugas dengan standar performasi tertentu sehingga kesannya sanggup dirasakan oleh akseptor didik berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tersebut.


Sedangkan Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ialah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang sanggup menyandingkan,menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan pembinaan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka kontribusi akreditasi kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di banyak sekali sektor.


Untuk definisi yang lebih lengkap mengenai kurikulum berbasis kompetensi dan kurikulum berbasis KKNI tersebut, silahkan anda mencari tumpuan yang lebih relevan.


Silabus & RPP Kursus Komputer


Sebelum anda mengunduh tumpuan / pola silabus kursus komputer dan rencana pembelajarannya, pemahaman mengenai apa itu silabus dan apa itu rencana pembelajaran kursus komputer akan sangat bermanfaat bagi anda manakala akan memodifikasi pola silabus dan rencana pembelajaran kursus komputer ini.


A. Silabus Kursus Komputer


Silabus kursus komputer ialah rencana pembelajaran pada suatu jadwal kursus tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.


Pada dasarnya silabus kursus komputer dengan silabus pembelajaran sama saja, yang membedakan hanya pada penggantian nama mata pelajaran dengan jadwal kursus, dan alokasi waktu.


Secara umum bagian-bagian silabus kursus komputer ibarat dibawah ini;


Sistematika Silabus Kursus Komputer


Judul Silabus & identitas lembaga


Program Kursus: ……………………

Alokasi Waktu: ………………………

Standar Kompetensi: …………….


I. Kompetensi Dasar

II. Materi Pokok / Bahasan

III. Kegiatan Praktik

IV. Indikator

V. Penialaian

VI. Alokasi Waktu

VII. Sumber belajar


Untuk pola bisa dilihat pada lampiran ini;  Contoh silabus kursus komputer


B. Rencana Pembelajaran Kursus Komputer


Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 perihal Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Rencana pembelajaran kursus komputer juga mengacu pada permendikbud tersebut,.


Sistematika Rencana Pembealajran Kursus Komputer


Judul Rencana Pembelajaran Kursus


Nama Lembaga:…………………….

Program Kursus:…………………….

Kelas:………………………

Alkokas Waktu:…………………………..

Standar Kompetensi:………………………….

Kompetensi Dasar:……………………

Tujuan Pembelajaran:…………………………

Karakteristik Peserta Kurus yang diharapkan:……………….

Materi Kursus:………………..

Metode:…………………

Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan Ke 1

Pertemuan Ke 2

Pertemuan Ke 3

Pertemuan Ke 4

Pertemuan Ke 5

Pertemuan Ke 6

Pertemuan Ke 7

Pertemuan Ke 8

Sumber Belajar:………………………

Penilaian:………………

Identitas Pembuat Rencana Pembelajaran


Secara umum sistematika Rencana Pembelajaran Kursus  tidak jauh berbeda dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di sekolah formal.


Unduh: Contoh Rencana Pembelajaran Kursus


Silahkan modifikasi pola rencana pembelajaran kursus tersebut sesuai dengan profil dan identitas forum kursus komputer yang anda kelola ketika ini.


Dapatkan Modul Kursus Komputer Paket Office disini


Penutup


Anda bisa mencari tumpuan yang lebih lengkap mengenai rancangan penyusunan kurikulum forum pendidikan kursus komputer dari sumber yang lebih valid.


Artikel yang kami tulis ini merupakan info yang kami rangkum dari banyak sekali sumber yang kami olah kembali sesuai pengalaman di forum pendidikan dan penanganan kurikulum forum pendidikan. Akan ada ketidak sesuaian yang mungkin anda temukan kalau dibandingkan dengan sumber refernsi lainnya, untuk itu silahkan anda olah kembali info penyusunan kurikulum kursus komputer ini.


Sumber refernsi yang relvan dan kami anggap valid ialah dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, melalaui prana http://www.infokursus.net


Demikian info Contoh Kurikulum Kursus Komputer, Silabus & RPP Kursus Komputer kali ini. Semoga bermanfaat, semoga menjadi sumber tumpuan yang sanggup membantu anda untuk pengelolaan kurikulum di forum kursus yang anda kelola ketika ini.



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "Contoh Kurikulum Kursus Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel