iklan

Pengertian Garis Bujur Dan Fungsi Garis Bujur

Garis bujur merupakan garis khayal yang ditarik dari kutub utara kearah kutub selatan maup Pengertian Garis Bujur dan Fungsi Garis Bujur

Pengertian Garis Bujur

 

Garis bujur merupakan garis khayal yang ditarik dari kutub utara kearah kutub selatan maupun sebaliknya. Garis bujur akan membagi bumi menjadi dua bab yaitu belahan bumi timur dan belahan bumi bab barat. Tempat yang dianggap sebagaii nol derajat pada penetapan garis bujur ialah garis dari kutub utara ke kutub selatan yang sempurna melintasi kota Greenwich di Inggris. Garis bujur yang berada di sebelah barat kota Greenwich disebut juga dengan Bujur Barat, sedangkan pada gariis bujur yang berada di sebelah timur kota Greenwich disebut Bujur Timur. Antara garis bujur barat dan juga bujur timur dibatasi hingga hingga 180 derajat dari kota Greenwich. Sebenarnya tidaak ada patokan utama yang menjelaskan mengenai dasar ditetapkannya bujur barat dan juga bujur timur. Tapi menurut pada Konferensi Meridian Internasional yang dilaksanakan pada tahun 1884, kota Grrenwich di Inggris diteetapkan sebagai meridian utama universal atau disebut juga dengan titik nol bujur.

Fungsi Garis Bujur

 

Selama ini kita mengenal garis bujur ialah sebagai salah satu penentu lokasi letak astronomis sebuah wilayah. Tapi pada kenyataannya, garis bujur masih mempunyai fungsi lain. Lalu apa saja fungsi garis bujur? Berikut ini ialah beberapa fungsi garis bujur hingga ketika ini.

Bersama dengan garis lintang, garis bujur akan memilih lokasi tertentu. Kombinasi antara garis bujur dan juga garis lintang akan memilih di mana suatu lokasi itu berada. Keduanya akan memilih lokasi diktatorial dari sebuah tempat, daerah, maupun objek geografi tertentu. Dalam sistem koordinat, gariis lintang dilambangkan dengan sumbu x sedangkan garis bujur dilambangkan deengan sumbu y.

Garis bujur dijadikan sebagai dasar penentuan pembagian waaktu di seluruh bumi. Setiap jarak 15 derajat ke araah bujur timur atau ke arah bujur barat akan mengatakan selisiih waktu sebanyak 1 jam (60 menit).

Garis bujur dipakai untuk meemperagakan gerak rotasi bumi. Selama sehari bumi akan berotasi hingga 360 derajat. 360 derajat tersebut akan teerbagi menjadi 24 jam. Oleh alasannya itu dalam pembagian waktu di bumi, setiap jarak 15 derajat akan menghasilkan selisih waktu sebanyak 1 jam. Dasarnya yaitu 360°/24 jam = 15°. Makara setiiap rotasi bumi sebanyak 15 derajat artinya menghabiskan waktu sebaanyak 1 jam.

Garis bujur dapat dijadikan sebagai alat peraga siang dan juga malam. Siang dan malam muncul sebagai akhir adanya rotasi bumi dan juga penyinaran matahari. Melalui pengertian terhadap adaanya rotasi bumi dan juga pembagian bumi menjadi bujur timur dan bujur barat kita akan mengetahui bagaimana suatu proses siang dan juga malam itu terjadi. Selain itu, garis bujjur juga akan menjelaskan mengenai perbedaan penanggalan. Pada Garis bujur 180 derajat yang meleewati benua di dunia yakni Samudera Pasifik dianggap sebagai garis penanggalan internaasional. Pada garis bujur 180 derajat inilah perbedaan penanggalan akan terjadi. jikalau di bab timur sudah memasuki hari selasa, maka di bab barat masih berada pada harii senin.

Itulah tadi artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian GarisBujur dan Fungsi Garis Bujur dan beberapa fungsi utama garis bujur yang masih dipergunakan hingga ketika ini. Dari banyak sekali fungssi yang sudah dijelaskan di atas tadi tentu kita akan memahami bagaimana proses pembagian waktu di wilayah Indonesia.

Baca juga artikel dibawah ini;


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Pengertian Garis Bujur Dan Fungsi Garis Bujur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel