iklan

Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, Dan Bidang Akuntansi, Lengkap!

Pengertian Akuntansi

 Akuntansi merupakan terjemahan dari kata accounting Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, dan Bidang Akuntansi, Lengkap!
Akuntansi merupakan terjemahan dari kata accounting, yang bila kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti menghitung. Akuntansi dalam dunia perjuangan bisa dikatakan sebagai bahasa bisnis sebab hampir seluruh kegiatan bisnis didunia baik perorangan ataupun perusahaaan besar memakai akuntansi untuk menghitung serta untuk mengambil keputusan yang bekerjasama dengan bisnis yang dijalankan.

Akuntansi ialah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data, mencatat transaksi apapun yang bekerjasama dengan keuangan sehingga info yang didapat tersebut dipakai oleh orang yang berkompeten dengan info tersebut, serta info tersebut sebagai materi pengambilan suatu keputusan.

Dari uraian diatas, pengertian akuntansi ialah suatu kegiatan dalam mengidentfikasikan, menghitung, mengelompokkan dan menilai sebuah bencana yang bekerjasama dengan keuangan atau kegiatan yang sanggup menghasilkan data kuantitatif serta data kualitatif terutama yang bersifat keuangan dan dipakai dalam pengambilan keputusan (Amin W. 1997).

Secara umum Akuntansi ialah sistem info yang sanggup dipertanggungjawabkan untuk memberi laporan yang bekerjasama dengan keuangan kepada pihak yang membutuhkan serta memperlihatkan info perihal kondisi perusahaaan secara ekonomi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

 Akuntansi merupakan terjemahan dari kata accounting Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, dan Bidang Akuntansi, Lengkap!
  1. Abu Bakar A dan Wibowo.
  2. Akuntansi ialah suatu proses mencatat, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan semua transaksi ekonomi perusahaan.
  3. Paul Grady.
  4. Akuntansi ialah sebuah body of knowledge serta mempunyai fungsi organisasi secara tersusun, orisinil, otentik, menganalisa dan menafsirkan seluruh bencana dan transaksi serta analisa keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan akuntansi untuk menyediakan info yang diutuhkan administrasi perihal semua laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.
  5. Kieso dan Weygandt.
  6. Akuntansi ialah sebuah sistem info yang dimulai dari menklasifikasi, pencatatan dan mengkomunikasikan segala bencana ekonomi dari organisasi atau perusahaan ke pihak yang mempunyai kepentingan atas info tersebut.
  7. Accounting Principle Board.
  8. Akuntansi ialah suatu acara atau bencana jasa untuk menyajikan info yang bersifat kuantitatif dimana info tersebut berupa tolok ukur materi mengenai suatu tubuh ekonomi yang dipakai dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam menentukan alternatife kebijakan ekonomi yang harus diambil.
  9. American Institute of Certified Public Accountant.
  10. Akuntansi ialah suatu seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola proses tertentu dalam ukuran moneter, transaksi serta bencana yang bersifat keuangan dan menyimpulkan hasil dari evaluasi tersebut.
  11. Kohler’s Dictionary.
  12. Akuntansi ialah suatu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.
  13. West Churman.
  14. Akuntansi ialah pengalaman tertulis yang dipakai untuk mengambil suatu keputusan yang diambil dalam sebuah perusahaan.
  15. American Accounting Association.
  16. Akuntansi ialah sebuah proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran dan laporan keuangan dari suatu organisasi yang dijadikan suatu info dalam pengambil keputusan ekonomi oleh pihak yang membutuhkan.
  17. Sophar Lumbantoruan.
  18. Akuntansi ialah alat yang dipakai sebagai bahasa bisnis dimana info yang disampaikan hanya bisa dipahami jikalau prosedur akuntansi telah dimengerti.
  19. Dr. M.Gede.
  20. Akuntasi ialah sutu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus berdasarkan hukum dan sisitemnya, pengolahannya dan analisa catatan tersebut sanggup tersusun dalam bentuk laporan keuangan sebagai suatu alat pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun forum terhadap hasil kerjanya.
  21. Keputusan Menteri Keuangan.
  22. Akuntansi ialah sebuah proses penngumpulan, penganalisaan, pengklarifikasi, pencatatan, pelaporan, dan perigkasan terhadap transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan info keuangan bagi yang membutuhkan info tersebut dan dipakai untuk pengambilan suatu keputusan.
  23. Warren dkk.
  24. Akuntansi ialah sistem info yang menyetorkan atau menghasilkan laporan keuangan kepada pihak pihak yang terkait atau pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi suatu perusahaan.
  25. Arnold.
  26. Akuntansi sebagai suatu sisitem yang dipakai untuk memperlihatkan suatu info khususnya info keuangan kepada siapapun yang membutuhkan info terutama pada pihak pengambil keputusan dan pihak yang mengendalikan.
  27. Rudianto.
  28. Akuntansi ialah sistem info yang menyetorkan atau menghasilkan laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak terkait dan berkepentingan dengan kegiatan ekonomi serta keadaan tubuh perjuangan tertentu.

Fungsi Akuntansi

 Akuntansi merupakan terjemahan dari kata accounting Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, dan Bidang Akuntansi, Lengkap!
Fungsi akuntansi yang utama ialah sebagai media info khususnya info keuangan suatu organisasi atau perusahaan, sebab dari info tersebut sanggup diperoleh suatu laporan ekonomi dimana kita sanggup mengetahui kondisi ekonomi suatu oraganisasi ataupun tubuh usaha, serta mengetahui perubahan yang terjadi dalam organisasi tersebut. Akuntansi sanggup memperlihatkan info data kuantitatif dengan ukuran uang. Informasi perihal kondisi keuangan organisasi atau perusahaan sangat diharapkan oleh pihak pembuat keputusan dalam pengambilan kebijakan ekonomi untuk pihak didalam organisasi ataupun pihak diluar organisasi ataupun tubuh perjuangan tersebut.

Akuntansi sanggup menjadi alat yang memaparkan perihal apapun kondisi yang terjadi dalam perusahaan khususnya yang bekerjasama dengan pihak keuangan perusahaan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa ada dua macam info yang sanggup diberikan terkait proses akuntansi. Yang pertama info perihal nilai perusahaan dan yang kedua info yang menjelaskan perihal untung rugi perusahaan.

Kedua Informasi Tersebut Berguna untuk
  1. Mengetahui berapa keuntungan atau kerugian perusahaan dalam suatu periode tertentu.
  2. Mengetahui keuntungan higienis perusahaan sehabis dikurangi biaya operasional.
  3. Mengetahui besarnya modal perusahaan serta investasi yang sanggup dilakukan perusahaan sehubungan dengan keuntungan perusahaan.
  4. Sebagai sarana perusahaan dalam mencari pelengkap modal bagi ekspansi usaha.
  5. Sebagai media untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.
  6. Sebagai sarana untuk memperlihatkan info kepada investor pasar saham untuk bisa mencatatkan saham perusahaan di pasar saham.
  7. Sebagai sarana bagi perusahaan untuk mengambil keputusan guna kebutuhan perusahaan dimasa selanjutnya.

Didalam proses akuntansi, terdapat banyak acara baik acara yang sangat penting ataupun aktiitas yang dirasa tidak begitu penting tapi intinya juga penting.

Mari kita pelajari perihal kegiatan atau acara utama dari proses akuntansi itu sendiri

Aktifitas Utama Akuntansi
  1. Aktifitas Identivikasi
  2. Yaitu suatu kegiatan dalam proses akuntansi dengan melaksanakan pengenalan segala transaksi yang ada di dalam perusahaan.
  3. Aktifitas Mencatat
  4. Yaitu suatu kegiatan atau acara dalam proses akuntansi yang dilakukan dengan cara mencatat seluruh transaksi yang terjadi sacara teliti, sistematis dan berurutan.
  5. Aktifitas Komunikasi
  6. Yaitu kegiatan yang diambil terkait dengan adanya suatu laporan akuntansi. Informasi tersebut dalam bentuk laporan keuangan yang dipakai oleh semua pengguna laporan keuangan perusahaan ataupun pihak yang mempunyai kepentingan baik pihak intern perusahaan ataupun pihak diluar perusahaan.

Ilmu Akuntansi sendiri sangat luas cakupan ilmunya, akuntansi dipakai di seluruh transaksi perusahaan dan dalam kehidupan insan sehari-hari.

Bidang-bidang Akuntansi

 Akuntansi merupakan terjemahan dari kata accounting Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, dan Bidang Akuntansi, Lengkap!
Bidang-bidang Akuntansi
  1. Akuntansi Keuangan
  2. Didalam akuntansi keuangan ini meliputi segala pencatatan transaksi-transaksi dalam perusahaan tanpa terkecuali dan melaksanakan penyusunan laporan secara berkala, dimana dengan laporan tersebut sanggup memperlihatkan info penting dan bermanfaat bagi pemilik perusahaan serta investor yang tertarik dengan kinerja perusahaan tersebut.
  3. Akuntansi Auditing
  4. Bidang akuntansi auditing ini merupakan akuntansi yang meliputi pemeriksaaan laporan keuangan melalui catatan akuntansi secara bebas, tanpa rahasia. Laporan akuntansi haruslah sanggup diuji kebenarannya melalui auditor independent supaya dihasilkan info yang benar benar jujur dan berimbang.
  5. Akuntansi Manajemen
  6. Akuntansi manajememn merupakan bidang akuntansi yang memakai data historis serta data taksiran dalam membantu pihak administrasi merencanakan operasional perusahaan di masa yang akan datang.
  7. Akuntansi Perpajakan
  8. Meliputi penghitungan semua laporan pajak dalam memperlihatkan solusi ataupun pertimbangan kepada perusahaaan dalam menghitung besaran pajak.
  9. Akuntansi Budgeting
  10. Bidang akuntansi yang dilakukan untuk merencanakan segala acara keuangan ataupun kebutuhan anggaran perusahaan dalam satu periode tertentu serta memperlihatkan perbandingan pada pihak perusahaaan untuk menghitung proyeksi anggaran dengan biaya operasional yang benar-benar harus dikeluarkan perusahaan.
  11. Akuntansi Nirlaba
  12. Akuntansi untuk organisasi nirlaba dilakukan untuk mencatat segala acara organisasi yang tidak mencari keuntungan, menyerupai organisasi sosial dan keagamaan.
  13. Akuntansi Biaya
  14. Bidang akuntansi bertugas untuk menekankan pemakaian dan penentuan biaya, serta mengendalikan biaya tersebut pada suatu perusahaan industri.
  15. Sistem Akuntansi
  16. Yang dimaksud dengan sistem akuntansi ialah teknik atau metode dengan cara mencatat dan mengolah data akuntansi yang mempunyai kegunaan untuk memperoleh pengendalian internal yang baik, dimana pengendalian internal dimaksud dengan sebuah sistem yang bertugas untuk mengendalikan dengan diperoleh sebab adanya struktur organisasi yang membagi kiprah serta segala sumber daya insan yang cakap dengan praktek yang sehat.
  17. Akuntansi Sosial
  18. Akuntansi sosial ialah bidang pada akuntansi yang paling terbaru dan tidak mengecewakan sulit untuk dijelaskan pengertiannya sebab akuntansi sosial menyangkut dana kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian maka telah final pembahasan kita mengenai pengertian akuntansi, fungsi akuntansi, dan bidang-bidan akuntansi. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang lain pada blog ini, semoga wawasanmu bertambah.
Sumber http://zocara.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, Dan Bidang Akuntansi, Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel